10 Negara Dengan Pulau Terbanyak di Dunia

101

RADARINDO.co.id-Jakarta:
Setiap negara memiliki keunikan tersendiri, seperti halnya jumlah pulau. Sebagai negara kepulauan, bangsa tersebut memiliki jumlah pulau yang banyak. Nah, ada beberapa negara yang punya pulau terbanyak. Daratan di planet bumi secara keseluruhan hanya terdiri dari daratan dan perairan. Sejalan dengan berjalannya waktu, baik wilayah perairan maupun daratan mengalami perubahan yang cukup signifikan.

Hasilnya, terbentuklah gugusan-gugusan pulau di dunia. Oleh sebab itu tak heran jika sejumlah negara di dunia memiliki kepulauan yang sangat banyak.

Sebagaimana yang kita ketahui selama ini, di Indonesia terdapat lebih dari 17 ribu pulau yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Meski jumlahnya terbilang sangat banyak, ternyata masih ada lagi lho negara dengan jumlah pulau yang lebih banyak. Dilansir dari berbagai sumber, nah ini dia 10 negara dengan jumlah pulau terbanyak:

Maladewa

Republik Maladewa merupakan salah satu negara kepulauan yang terdiri dari kumpulan koral yang ada di Samudra Hindia. Tak heran jika negara yang kerap disebut sebagai Surga Samudra Hindia memiliki pulau yang cukup banyak, yakni sekitar 1.200 pulau.


Pulau-pulau yang berada di Maladewa kebanyakan terdiri dari pulau karang yang membentuk sebuah garis atol dengan luas hingga 90.000 meter persegi. Total keseluruhan, negara ini memiliki 26 atol yang terbagi menjadi 20 atol administratif dan 1 kota.

Britania Raya

Negara kepulauan yang satu ini terdiri dari sejumlah negara, yakni Inggris, Irlandia Utara, Skotlandia, dan Wales. Gabungan dari ketiga negara yang membentuk wilayah seluas 1.728.000 km persegi ini memiliki jumlah pulau mencapai 6.806 pulau.

Hampir sebagian besar, tepatnya sebanyak 6.289 pulau di Britania Raya terdapat di Skotlandia.

Jepang

Kala menjajah negara kepulauan di Indonesia, ternyata Jepang juga menjadi salah satu negara kepulauan.

Di negara berjulukan Negeri Sakura ini terdapat 6.852 pulau, namun hanya sekitar 430 pulau saja yang berpenghuni.

Filipina

Salah satu negara tetangga Indonesia, yakni Filipina memiliki pulau yang terbilang cukup banyak, yaitu sekitar 7.641 pulau yang tersebar di wilayah kedaulatan Republik Filipina.

Karena terlalu luas, pemerintah Filipina membagi wilayahnya menjadi tiga zona pulau besar, di antaranya Pulau Luzon, Mindanao, dan Visayas.

Tak kalah indah dengan Pulau Bali, salah satu pulau di Filipina bernama Pulau Siargao menjadi salah satu destinasi terbaik di Asia Tenggara. Bahkan menurut versi Conde Nast Traveler, Pulau Siargao menjadi pulau terbaik mengalahkan Pulau Bali.

Australia

Secara kesuluruhan, negeri Kangguru ini memiliki 8.222 pulau. Adapun pembagian pulau di Australia yakni 346 pulau di Australia Selatan, 887 pulau terletak di Northern Territory, 1.000 pulau berada di Tasmania, 1.955 pulau di Queensland, serta 3.747 pulau berada di Australia Barat.

Indonesia

Nah, kalau yang satu ini pasti sudah enggak asing. Di negara kita tercinta ini, berdasarkan data National Institue of Aeronautics and Space (NASA) yang dibuat pada tahun 2002, pulau di Republik Indonesia mencapai 18.307 pulau.

Namun dari total keseluruhan gugusan pulau yang ada, hanya sekitar 9 ribu saja yang berpenghuni, sisanya cuma berupa pulau tak berpenghuni.

Meski begitu, sekitar hampir dari 14.000 pulau yang ada ternyata sudah terdaftar di Perserikatan Bangsa-Bangsa alias PBB, jadi dijamin enggak bakal direbut.

Kanada

Dijuluki sebagai negara terbesar kedua di dunia, Kanada memiliki sekitar 36.000 ribu pulau. Gugusan pulau di Kanada tersebar dari Amerika Utara hingga Kutub Utara alias Benua Arktik.

Karena berada di dekat kutub paling utara planet bumi, hampir sebagian besar pulau di sana masih dikategorikan sangat liar dan selalu diselimuti oleh lapisan salju yang cukup tebal.

Norwegia

Kalau Kanada menjadi salah satu negara yang dekat dengan Kutub Utara, kali ini Norwegia menjadi negara yang terletak di bagian paling utara bumi. Dengan luas negara mencapai 385.525 km persegi, pulau di Norwegia pun tak kalah banyak, yakni sekitar 50.000 pulau.

Negara yang membentang dari Svalbard ke Pulau Bouvet ini pun dikenal sebagai negara berpemandangan indah. Di sini, banyak kita jumpai gunung-gunung berlapis salju.

Finlandia

Di Finlandia terdapat 179.584 pulau, negara ini pun didapuk sebagai negara dengan pulau terbanyak kedua di dunia. Namun hampir semua pulau yang ada di sana hanya berbentuk pulau karang yang cukup curam dan tak layak dijadikan hunian.

Selain pulaunya yang banyak, Finlandia juga dikenal sebagai negara dengan danau terbanyak, yakni sekitar 187.888 danau. Dengan jumlah danau yang melimpah, negara ini pun kerap dijuluki sebagai Negeri Seribu Danau.

Swedia

Kalau ada sebutan rajanya negara kepulauan, maka jabatan itu layak disandang oleh Swedia, lantaran di negara ini jumlah pulau yang tersebar mencapai 267.570 pulau.

Bahkan Ibu Kotanya pun, yaitu Stockolm terdiri dari gugusan-gugusan pulau kecil yang dihubungkan oleh sejumlah jembatan. Namun, hanya kurang dari 1.000 pulau saja yang dihuni oleh warganya. (KRO/RD/Beritasatu)