Misteri Dunia yang Sudah Terpecahkan

198

RADARINDO.co.id-Sejarah:
Berbicara soal misteri dunia, saya jadi teringat kutipan yang berasal dari zaman dulu. “Kita selalu takut akan hal-hal yang tak dimengerti. Apa yang tak kita mengerti, kita hakimi sebagai sesuatu yang jahat. Apa yang kita anggap jahat, kita berusaha kendalikan. Dan apa yang tak bisa kita kendalikan, kita serang.”

Baca juga : Ini Hal Aneh Pria yang Bikin Cewek Tertarik

Dari mana kutipan di atas berasal dan siapa yang mengatakannya, itu masih belum terjawab. Tapi kutipan itu cocok banget buat menggambarkan misteri yang ada di dunia ini. Sesuatu yang tak kita mengerti, selalu dianggap sebagai misteri. Dan misteri itu pada akhirnya membuat kita takut. Contohnya: Segitiga Bermuda, Yeti, atau Alien.

Tapi nggak semua misteri bakal selamanya jadi sesuatu yang nggak terungkap. Beberapa misteri dunia yang sebelumnya bikin kening kita berkerut sudah ada yang berhasil dipecahkan. Dan nyatanya, misteri dunia yang seringkali kita sangkutkan pada hal-hal supranatural itu bisa dijelaskan secara ilmiah.

Untuk lebih lengkapnya, kamu simak deh 8 misteri dunia yang sudah terpecahkan, dan 7 misteri dunia yang masih belum terpecahkan di bawah ini.

1. Suara dengungan di Taos, Amerika Serikat (sudah terpecahkan)

Saat itu tahun 1993, ketika masyarakat Taos pertama kali mendengar suara dengungan berfrekuensi rendah yang cukup mengganggu telinga mereka. Awalnya mereka kira itu hanya dengungan suara lebah. Ada juga yang mengira itu hanya deru kendaraan.

Warga setempat terus mendengar suara dengungan itu secara rutin sampai bertahun-tahun setelahnya. Nggak hanya warga lokal kota kecil di New Mexico tersebut yang mendengarnya, turis-turis pun mengaku mendengar suara yang sama.

2. Batu berjalan di Taman Nasional Death Valley (sudah terpecahkan)

Hal-hal berbau mistis sering dianggap jadi dalang di balik benda yang bergerak sendiri. Nggak terkecuali batu yang ada di Death Valley National Park, Amerika Serikat. Batu yang bisa bergerak sendiri dan meninggalkan jejak itu sempat jadi buah bibir masyarakat di Negeri Paman Sam lho.

Misteri itu pun akhirnya terungkap di awal tahun 2014. Kala itu, tanah di sekitar Death Valley National Park terendam oleh air yang kemudian membeku jadi es. Saat es kembali mencair, batu yang ada di atasnya pun bergerak dan meninggalkan jejak di tanah.

Baca juga : Ini Hal Aneh Pria yang Bikin Cewek Tertarik

3. Antikythera, mesin astronomi tertua (sudah terpecahkan)

Para ilmuwan sebelumnya berpendapat, Antikythera yang ditemukan di sisi sebelah selatan Yunani pada tahun 1901 merupakan cikal bakal mesin komputer. Setelah ditelusuri lebih lanjut, fungsi dari benda yang mirip mesin jam ini pun terungkap, yaitu alat bantu yang berkaitan dengan bidang astronomi. Alat ini dulu digunakan untuk memprediksi posisi benda-benda luar angkasa yang bisa dilihat dari Bumi.

Antikythera makin membuktikan kalau orang Yunani zaman dulu telah memiliki pemahaman ilmiah yang maju. Yaah, dibandingkan peradaban masyarakat lain pada masa itu, mereka memang lebih maju.

4. Gambar helikopter di hieroglif Mesir kuno (sudah terpecahkan)

Coba lihat deh hieroglif dari zaman Mesir kuno di atas, sekilas mirip gambar helikopter sama pesawat jet ya? Masa sih di masa itu udah ada teknologi kaya gitu? Hmm… jangan semudah itu percaya! Mari kita cek dulu kebenarannya.

Ternyata di hieroglif tersebut tertulis nama Menmaatre Seti I (raja Mesir kuno) dan putranya, Ramses II. Setelah Seti I meninggal, nama Ramses II ditulis di atasnya dengan menimpa nama sebelumnya. Jadilah kalau kita melihatnya sekilas, hieroglif tersebut bentuknya seperti helikopter dan pesawat jet.

5. Kapal hantu Mary Celeste (sudah terpecahkan)

Kenapa Mary Celeste dijuluki kapal hantu? Karena pada saat ia ditemukan di tahun 1872, kapal itu terombang-ambing di tengah lautan dengan kondisi tanpa ada satu pun awak kapal yang terlihat. Ke mana perginya para awak Mary Celeste? Nggak ada satu orang pun yang tahu.

Tapi sebelum kita terjerumus ke dalam penjelasan mistis, mari kita dengar dulu penjelasan ilmiah dari sang pemilik kapal, James Winchester, yang kemudian disempurnakan lagi oleh Eigel Weise.

Winchester berpendapat 1700 barel alkohol yang dibawa Mary Celeste terbuat dari oak merah yang berpori-pori besar dan rawan bocor. Jika bocor, uap alkohol akan muncul dan ledakan pun mudah untuk terjadi. Penjelasan dari Winchester itu sudah dibuktikan oleh ilmuwan Jerman Eigel Weise lewat sebuah percobaan.

6. Ledakan misterius di Tunguska (sudah terpecahkan)

30 Juni 1908, sebuah bola api melesat menembus langit Siberia, diikuti oleh ledakan besar yang meratakan hutan terpencil seluas 2.000 kilometer persegi. Ledakan itu sering disebut juga sebagai Peristiwa Tunguska karena terjadi di hutan dekat Sungai Tunguska. Beberapa puluh tahun setelahnya, para ilmuwan menghitung bahwa ledakan di Tunguska melepaskan energi yang kekuatannya 1.000 kali lebih besar dari ledakan bom atom di Hiroshima.

Lokasi yang terpencil membuat penyelidikan tertunda sampai tahun 1927. Selama itu, ledakan hebat tersebut mendapat sorotan media lokal maupun internasional. Setelah dilakukan penyelidikan, peneliti nggak menemukan puing-puing meteor atau kawah bekas hantaman meteor. Lantas berasal dari manakah ledakan dahsyat Tunguska?

7. Segitiga Bermuda (sudah terpecahkan)

Segitiga Bermuda sudah lama menjadi topik hangat di kalangan penganut teori konspirasi dan penggila misteri dunia. Kamu juga pasti kenal betul atau minimalnya pernah dengar tentang segitiga misterius tersebut. Tapi apa kamu tahu, sebenarnya nggak ada sesuatu yang ganjil di Segitiga Bermuda?

Segitiga Bermuda atau Segitiga Setan dikenal sebagai perairan ganas tempat hilangnya banyak kapal dan pesawat. Menurut teori ilmiah populer, serangkaian kecelakaan di Segitiga Bermuda disebabkan oleh medan magnet yang kuat dari dalam bumi. Sementara penganut teori konspirasi menyebut kalau Segitiga Bermuda adalah tempat bersemayamnya koloni alien. Ada juga yang percaya tempat itu dihuni iblis bermata satu alias Dajjal.

Tapi misteri sebenarnya dari Segitiga Bermuda adalah… mengapa masih banyak orang yang percaya tentang teori-teori tersebut?

8. Bagaimana Piramida Giza dibangun? (sudah terpecahkan)

Piramida Agung Giza merupakan salah satu misteri arkeologis paling terkenal dalam sejarah. Sejak pertama kali diteliti, para arkeolog dihadapkan dengan dua pertanyaan besar: bagaimana orang-orang Mesir kuno yang hidup ribuan tahun Sebelum Masehi membangun kompleks pemakaman sebesar dan serumit itu? Gimana caranya orang Mesir jadul mengangkut, apalagi menyusun batu seberat itu tanpa bantuan teknologi maha canggih?

Sebagai informasi, bagian luar Piramida terdiri dari sekitar 2,3 juta balok batu yang bobotnya bervariasi, antara 25 sampai 80 ton. (KRO/RD/Ano)