Connect with us

Sumut

Gubsu dan Wagubsu Prioritaskan Lima Program dalam Wujudkan Sumut Bermartabat

Published

on

10 views

KORANRADARONLINE.co.id – Medan: Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah memprioritaskan lima program sesuai dengan visi kampanye dalam masa kepemimpinannya untuk mewujudkan Sumut Bermartabat, Lima program itu disampaikan Edy dalam pidatonya di rapat paripurna istimewa serahterima jabatan dari Pj Gubernur Sumut, Eko Subowo ke Edy Rahmayadi di ruang paripurna DPRD Sumut, Senin (10/9/2018).

“Program pertama yang akan dijalankan Pemprovsu adalah pe­ngurangan angka pengangguran de­ngan memprioritaskan tata kete­na­ga­kerjaan di Sumut. Kemudian untuk program kedua pada pengembangan sektor pendidikan untuk mencer­daskan masyarakat Sumut agar mampu bersaing. Ketiga, pembangunan infra­struk­tur, keempat penyediaan la­yanan kesehatan yang mutakhir ser­ta kelima peningkatan daya saing masyarakat dengan memprioritas­kan Sumut kembali pada sektor agra­ris. Kita akan mewujudkan ma­syarakat Sumut berpenghasilan cu­kup, ketersediaan bahan pangan dan harga bahan pokok yang terjang­kau,” jelas Edy Rahmayadi usai sertijab.

Dengan program itu, Gubsu mengata­kan akan menjalankan amanat pre­siden ketika dilantik di Istana Ne­gara, Rabu (5/9/2018), yaitu untuk me­ngejar ketertinggalan pembangun­an di Sumut. Untuk membangun ci­ta-cita Sumut Bermartabat itu, lan­jut Edy, diperlukan kemitraan ber­sama antara tiga pilar, pemerin­tah harus didukung swasta dan masyarakat.

“Kemitraan strategis ini akan kita jalankan ke depan, program pem­bangunan di Sumut akan selalu menggandeng swasta, masyarakat dan perguruan tinggi untuk meng­hasilkan pembangunan yang opti­mal,” ujar Gubsu.

“Sebagai mitra Pem­da, DPRDSU memiliki fungsi legis­lasi, anggaran dan pengawas­an, bantu kami merumuskan Perda yang kokoh untuk menjadi fondasi pembangunan ke depan, anggaran yang berpihak pada rakyat sehingga menjadikan masyarakat Sumut lebih sejahtera, saya harap rekan-rekan DPRDSU bisa menjalankan fungsi pengawasan secara optimal,” pinta Gubsu.

Ketua DPRDSU, Wagirin Ar­man mengatakan pihaknya akan mem­bantu lima program yang telah di­prioritaskan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut tersebut. Wagirin menilai bahwa program tersebut merupa­kan program yang luar biasa jika bisa dijalankan, untuk itu, duku­ngan yang diberikan tidak boleh bia­sa saja. Harus ada terobosan luar biasa agar program-program terse­but dapat berjalan. (KRO/RD/ANS)