Connect with us

Medan

Walikota Medan Adakan Pertemuan Evaluasi Kampanye Imunisasi Measles Rubella

Published

on

12 views

KORANRADARONLINE.co.id – Medan: Walikota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSI adakan pertemuan evaluasi Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR)di Hotel Four Point, Jalan Gatot Subroto, Senin (10/9/2018). Dalam pertemuan tersebut Eldin berharap agar seluruh masyarakat Kota Medan khususnya orang tua yang memiliki anak – anak untuk bersedia diberi imunisasi Measles Rubella (MR), untuk menghindari virus yang akan menyerang saraf pada anak – anak. Walikota juga  bahwa Apalagi saat ini Pemerintah Kota Medan telah mencanangkan Kampanye Imunisasi Measles Rubella sejak 1 Agustus 2018 dan sampai saat ini pencapaian belum mencapai target, oleh sebab itu diminta kepada semua pihak untuk mendukung kampanye Imunisasi Measles Rubella tersebut.

Dalam pertemuan yang digelar Dinas Kesehatan Medan ini hadir Perwakilan Unicef Indonesia, Dita Ramadona, Perwakilan WHO, dr Sweet Si, Kakankemenag Kota Medan, H Al Ahyu, Kadis Kesehatan, drg Usma Polita Nasution, Plt Kadis Pendidikan, Ramlan Tarigan, Kadis Kominfo, Zain Noval, S.STP dan Kadis Sosial, Endar Sutan Lubis. Selain itu hadir juga Para Orang Tua yang anaknya terkena virus Measles Rubella.

Walikota juga menyampaikn bahwa Kota Medan telah berkomitmen untuk mencapai eliminasi penyakit campak dan pengendalian penyakit rubella/kecacatan yang disebabkan oleh infeksi rubella saat kehamilan (Congenital Rubella Syndrome) pada tahun 2020. Salah satu upaya untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan mengkampanyekan Imunisasi Measles Rubella dengan target 95 Persen guna memutus transmisi penularan virus Campak dan Rubella yang ada di masyarakat.

“Pemberian Imunisasi MR yang sudah dilakukan di sekolah dan puskesmas masih jauh dari target yaitu 38 Persen yang seharusnya sudah 75 persen dari total sasaran 585.641 anak. Untuk itu di bulan September ini, saya harapkan kita bisa mencapai target 95 persen dengan memaksimalkan sumber daya yang ada untuk pencapaian program nasional ini,” ungkap Walikota.

Selanjutnya Walikota Medan meminta kepada Dinas Pendidikan, Kepala Puskesmas dan Camat se – Kota Medan agar dapat melaksanakan kampanye Imunisasi Measles Rubella ini dengan sebaik mungkin. Artinya terus melakukan sosialisasi dan memberikan pemahaman kepada Sekolah, orang tua dan masyarakat tentang imunisasi Measles Rubella ini dan dampak yang akan terjadi pada anak.

“Saya minta Dinas Pendidikan agar memastikan seluruh Sekolah untuk siswa – siswinya di beri imunisasi MR dan bagi Kepala Puskesmas agar menjemput bola dengan mendatangi warga untuk memberikan pemahaman imunisasi MR tersebut. Sedangkan Camat dapat berkoordinasi dengan Babinkamtibmas dan Babinsa memberikan informasi terbaik Measles Rubella kepada masyarakat,” tegas Eldin.

Sebelumnya Asmarani selaku orang tua Asyarah Queen, yang anaknya terkena virus Measles Rubella mengungkapkan dalam testimoninya bahwa anaknya yang saat ini berumur 1.5 tahun terkena virus Measles Rubella sejak umur 1 bulan. Awal terkenanya muncul bintik putih di bola matanya, dan diketahui terkena virus MR saat dibawa berobat ke dokter.

“Saya mengetahui virus MR ketika anak saya terkena virus tersebut. Sungguh sedih perasaan saya begitu virus tersebut menyerang saraf anak. Saat ini anak saya tidak bisa melihat dan mendengar bahkan jantungnya juga bocor. Tentu kami sebagai orang tua tidak menginginkan hal ini terjadi. Untuk itu diharapkan kepada seluruh orang tua jangan egois, berikanlah imunisasi Measles Rubella kepada anak kita agar virus ini tidak menyebar”, ungkapnya.

Selanjutnya Walikota Medan memberikan tali asih dan bantuan kebutuhan anak kepada orang tua yang anaknya terkena virus Measles Rubella, dengan harapan semoga bantuan ini dapat meringankan beban orang tua dalam merawat anak mereka yang terkena virus Measles Rubella.

Dalam kesempatan tersebut Walikota bersama Pimpinan OPD dan Ketua MUI serta Kakankemenag Kota Medan melakukan penandatanganan komitmen bersama untuk pencapaian 95 persen Imunisasi Measles Rubella di Kota Medan. Diharapkan dengan komitmen bersama ini seluruh anak yang ada di Kota Medan mendapatkan vaksin yang dapat terhindar dari virus Measles Rubella. (KRO/RD/Pemkomedan.go.id)