Connect with us

Serdang Bedagai

Desa Panglong Kecamatan Dolok Merawan Raih Juara I Lomba PAAR

Published

on

16 views

KORANRADARONLINE.co.id – Serdang Bedagai: Desa Panglong Kecamatan Dolok Merawan berhasil meraih juara I Perlombaan Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) tingkat Kabupaten Serdang Bedagai, sesuai dengan Keputusan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Nomor 187/18.28/Tahun 2018 tanggal 8 Maret 2018.

Setelah melewati serangkaian evaluasi dan monitoring yang diselenggarakan oleh Tim Monitoring Kabupaten Sergai terhadap kegiatan yang dilaksanakan oleh TP PKK Desa Panglong, akhirnya Desa Panglong dapat meraih juara I Perlombaan Pola Asuh Anak dan Remaja Tingkat Kabupaten Sergai. Dengan prestasi ini menjadikan Desa Panglong sebagai perwakilan Kabupaten Sergai untuk mengikuti Lomba PAAR Tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Berkaitan dengan hal tersebut, Desa Panglong mendapat kunjungan dari Tim Monitoring Penilaian Lomba Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Provsu), Rabu (12/9/2018). Tim Monitoring Penilaian Tingkat Provsu dipimpin oleh Ketua Tim, Yuniar Marpaung didampingi oleh TP PKK Kabupaten Sergai yang diwakili oleh Ny Hadi Winarno, istri Sekdakab Sergai.

Monitoring Penilaian Lomba PAAR dipusatkan di Kantor Kepala Desa Panglong Afd III Kebun Gunung Para dengan melaksanakan serangkaian kegiatan seremonial dan pertunjukkan seni budaya. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Mars PKK, kata sambutan, pembacaan ekspose oleh TP PKK Desa Panglong, pertunjukan drama & tari, pembacaan puisi, pameran kerajinan dan PAUD Widuri I Desa Panglong.

Camat Dolok Merawan, Rico Ebtian SSTP Msi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi, penghargaan dan perasaan bangga atas prestasi yang telah diraih oleh Desa Panglong sebagai Juara I Lomba PAAR Tingkat Kabupaten Sergai dan berhak mewakili Kabupaten Sergai untuk melaju ke perlombaan di tingkat Provinsi Sumatera Utara.

“Pola Asuh Anak dan Remaja dengan konsep yang tepat merupakan hal yang strategis dan fundamental dalam mencetak generasi muda penerus cita-cita untuk menuju Indonesia Emas 2045. Dimensi akhlak dan sosial anak dan remaja sepatutnya diarahkan pada kegiatan-kegiatan positip yang menjauhkan pengaruh digitalisasi informasi, gaya hidup, maupun globalisasi yang dapat mencabut akar  tatanan nilai-nilai hidup dan karakter bangsa,” ujar Rico Ebtian.

Rico Ebtian menambahkan bahwa indeks pembangunan manusia Kabupaten Sergai khususnya dan Sumatera umumnya diharapkan dapat lebih meningkat melalui kegiatan- kegiatan seperti ini. Lebih jauh sustainability perlombaan PAAR akan menghasilkan SDM yang unggul dan kompetitif di dalam menggerakkan roda pembangunan untuk SUMUT yang lebih maju, sejahtera dan bermartabat. Dimana hal tersebut sejalan dengan 5 Program Prioritas Gubernur kita yang baru menuju SUMUT bermartabat.

Menutup sambutannya Rico Ebtian berpesan kepada generasi muda untuk giat belajar, jauhi narkoba dan lifestyle serta menggunakan akses internet yang tidak sesuai dengan budaya bangsa.

Kepala Desa Panglong, Aulis Sofyan menyampaikan terimakasih kepada Camat Dolok Merawan atas bimbingan dan pembinaan yang diberikan sehingga prestasi ini dapat dicapai dan lebih ditingkatkan untuk meraih Juara I Lomba PAAR di tingkat Provsu.

“Keberhasilan ini selain merupakan hasil kerjasama dan partisipasi aktif dengan seluruh komponen masyarakat juga berkat sinergitas yang telah dibangun pihak Perusahaan PTPN III Kebun Gunung Para, khususnya Askep Tanaman, Irwan Sialagan SP Msi dan Asisten Afd III Kebun Gunung Para, S Purba SP,” papar Aulis Sofyan.

S Purba SP menyampaikan bahwa keberadaan Pemerintahan Desa Panglong di wilayah kerja PTPN III Kebun Gunung Para tentu memiliki peranan yang strategis dalam upaya pencapaian sasaran perusahaan.

“Pembangunan mental dan karakter bangsa sejak dini merupakan tanggungjawab seluruh komponen bangsa termasuk insan-insan PTPN III,” ungkap Irwan Sialagan dan S Purba.

Ketua TP PKK Desa Panglong, Shanti Aulis Sofyan mengucapkan terimakasih kepada semua pihak atas partisipasinya dalam menyukseskan kegiatan ini dan terlebih atas prestasi yang telah diraih. Diharapkan agar prestasi yang telah diraih dapat dipertahankan bahkan lebih ditingkatkan untuk meraih Juara I Tingkat Provsu. Tetapi lebih jauh Program PAAR tidak semata untuk mengejar prestasi dan penghargaan tetapi membawa dampak positip dan motivasi di dalam diri kita semua agar lebih perduli kepada pendidikan anak dan remaja sehingga anak dan remaja sebagai subjek dan objek kriminilatas dapat ditekan.

Turut hadir pada kegiatan ini Kapolsek Dolok Merawan, AKP Martua Manik dan Dan Ramil Dolok Merawan, Kapten Inf Jaswadi Barus. (KRO/Daniel)