Connect with us

Headline

KPK Panggil Dua Saksi Terkait Kasus Pengadaan Crane Pelindo II

Published

on

6 views

RADARINDO.co.id – JAKARTA : Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil dua saksi dari pihak swasta untuk mengusut kasus korupsi pengadaan Quay Container Crane (QCC) yang menjerat mantan Direktur Utama Pelindo II, Richard Joost Lino atau RJ Lino hari ini.

Mereka yang diperiksa adalah Business Development Manager PT Lloyd’s Register Indonesia Darobi Syafi’i dan Surveyor PT Lloyd’s Register Indonesia Achmad Munib. “Mereka akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka RJ Lino,” ujar Juru Bicara KPK, Febri Diansyah melalui pesan tertulis, Senin (22/7).

Kasus ini sudah berumur hampir empat tahun sejak RJ Lino ditetapkan sebagai tersangka pada 2015 lalu. Saat ini, kata Febri, KPK tengah fokus mengidentifikasi secara lebih rinci kerugian keuangan negara yang diakibatkan dari rasuah pengadaan QCC ini.

Kasus korupsi pengadaan QCC di Pelindo II bermula pada Desember 2015. Mantan Direktur Utama PT Pelindo II RJ Lino terseret kasus rasuah di perusahaan pelat merah yang dipimpinnya itu.

Lino disebut telah menunjuk PT Wuxi Huadong Heavy Machinery Ltd sebagai perusahaan penggarap proyek. Penunjukkan perusahaan asal Tiongkok itu dilakukan tanpa melalui proses lelang.

Atas perbuatannya, RJ Lino dijerat melanggar Pasal 2 Ayat 1 dan Pasal 3 Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. (KRO/RD/Cnn)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *