Connect with us

Headline

Pengurus Dekranasda Kabupaten Dairi Dilantik

Published

on

40 views

RADARINDO.co.id-Sidikalang: Untuk memaksimalkan agenda yang sudah ditargetkan Bupati Dairi, Dr Eddy Kelleng Ate bersama Wakil Bupati Dairi Jimmy .L.A. Sihombing, SH, akhir pekan yang biasanya di manfaatkan para pejabat untuk istirahat atau berlibur namun hal ini di maksimalkan untuk kegiatan resmi Pemerintaan Kabupaten Dairi. Demikian disampaikan, Sabtu (3/8/2019) di Balai Budaya Sidikalang saat melaksanakan pekantikan pengurus Dekranasda Kabupaten Dairi.

Tanpak hadir dalam acara tersebut Bupati Dairi, Dr. Eddy Kelleng Ate, Asisten dan Staff Ahli Bupati Dairi juga pimpinan OPD serta ASN jajaran Pemkab Dairi. Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah( Dekranasda) Kabupaten Dairi yang baru , Ny.Romy Mariani Eddy Berutu dalam sambutannya mengatakan, Dekranasda Kabupaten Dairi merupakan organisasi yang mempunyai fungsi dan tugas sebagai pembina bagi pelaku usaha industri kerajinan yang berbasis sumber daya alam, budaya dan kreatifitas.

“Dekranasda Kabupaten Dairi merupakan organisasi yang mempunyai fungsi dan tugas sebagai pembina bagi pelaku usaha industri kerajinan yang berbasis sumber daya alam, budaya dan kreatifas,” kata Romy Mariani.
Lebihlanjut Romy Mariani menambahkan, Dekranasda sebagai pembina kerajinan daerah harus berkomitmen kuat terhadap pengembangan industri kerajinan sehingga di harapkan dapat menyumbangkan kontribusi ekonomi yang besar bagi para pelaku kerajinan di Kabupaten Dairi.

Program Pemerintah Pusat di mana Kawasan Danau Toba sebagai kawasan strategis Pariwisata Nasional juga di singgung dalam acara tersebut di manana Kabupaten Dairi bagian dari kawasan Danau Toba yakni Kecamatan Silalahi Sabungan. “Kita harapkan kawasan strategis pariwisata nasional dapat memeberi andil meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat yang tinggal di kawasan danau toba dapat dicapai melalui keterlibatan peran aktif masyarakat,” lanjut Romy Mariani.

Dekranasda Kabupaten Dairi akan melakukan program peningkatan nilai tambah Ulos dengan konsep Echo-Fashion. Dimana Ulos tidak hanya untuk kebutuhan Adat tapi juga dapat menjadi fashion dan souvenir dengan tetap menjaga dan mengutamakan keaslian dan kearifan budaya lokal, ujarnya.
Dekranasda Dairi di harapakan dapat menjadi jembatan untuk mempercepat pembinaan dan pengembangan produk kerajinan juga memotivasi para pengusaha daerah agar produk hasil kerajinan dapat di perkenalkan melalui pameran-pameran tingkat lokal, regional maupun mancanegara sehingga mampu mendatangkan pembeli dari dalam maupun luar negeri.
“Dekranasda Kabupaten Dairi di harapkan mampu menjadi jembatan untuk mempercepat pembinaan dan pengembangan produk kerajinan sekaligus memotivasi para pengusaha daerah agar produk hasil kerajinan daerah dapat di perkenalkan pameran pameran tingkat lokal,regonal bahkan mamancanegarsehingga mampu meningkatkan minat dan pembeli dari dalam maupun luar negeri,” Romy Mariani memaparkan.

Sebelumnya Bupati Dairi, Dr Eddy Berutu dalam sambutannya mengatakan, sangat penting sinergitas OPD dengan Dekranasda untuk mengembangka produk kerajinan daerah kabupaten Dairi.

Mengingat banyaknya aspek yang harus dilakukan yakni, permodalan, desain, teknik, produksi,manajemen dan masih banyak aspek lainnya, kata Eddy Berutu.

Dr. Eddy Kelleng Ate Berutu menjelaskan salah satu kerajinan di Kabupaten Dairi yaitu Tenun Ulos Silalahi memiliki keunikan tersendiri dan berbeda dengan Ulos di Wilayah Tapanuli yang cenderung sama. Juga dengan Kopi, beberapa Kabupaten di wilayah Tapanuli hanya memeliki Kopi jenis Arabika. Sedangkan Kabupaten Dairi memiliki Kopi Jenis Arabika dan Robusta. Beliau berharap agar lebih meningkatkan kreatifitas masyarakat dan perajin melalui bimbingan, sosialisasi, bantuan teknologi serta dukungan dari Pemerintah Daerah dan Dekranasda untuk mensinergikan dengan BUMN/BUMD yang ada di Kabupaten Dairi agar dapat meningkatkan daya cipta dan ketrampilan masyarakat Kabupaten Dairi.
Berikut kepengurusan Dekranasda Kabupaten Dairi Periode tahun 2019-2024, Ketua : Ny. Romy Mariani Eddy Berutu. Ketua Harian, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Dairi, Sekretaris, Kepala Bidang Perindustrian Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Dairi dan Bendahara Staff Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Dairi.
(KRO/Dairi/Delon/Meryati)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *