Connect with us

Headline

Lokasi Reklamasi Pantai Tanpa Izin di Pesawaran Disegal

Published

on

4 views

RADARINDO.co.id – PESAWARAN : Tim gabungan yang terdiri dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dan Kementerian Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional (Kement ATR/BPN), melakukan penyegelan lokasi reklamasi pantai tanpa izin di Pantai Marita dan di Pulau Tegal Mas Lampung, Selasa (6/8) lalu.

Sebelumnya, penyidik juga telah melakukan penyegelan di lima lokasi reklamasi pantai tanpa izin di Belitung.

Penyegelan reklamasi pantai tanpa izin yang diduga dilakukan oleh PT TMT itu dipimpin Direktur Jenderal Penegakan Hukum LHK, Rasio Ridho Sani, didampingi Direktur Penegakan Hukum Pidana KLHK, Yazid Nurhuda, Direktur Pengawasan Pengelolaan Sumber Daya Kelautan KKP, M Eko Rudianto, dan Direktur Penertiban Pemanfaatan Ruang Kement ATR/BPN, Wisnu Broto, disaksikan Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang dan Karo Korwas PPNS Bareskrim Polri, Prasetyo Utomo.

Rasio Sani mengatakan, tindakan tegas penghentian reklamasi di Tegal Mas dilakukan karena kegiatan tersebut tanpa izin dan dapat menyebabkan kerusakan terumbu karang, padang lamun dan mangrove.

Kasus ini menurut Rasio Sani, mendapatkan perhatian dan supervisi KPK karena kegiatan reklamasi tanpa izin ini terjadi dibeberapa tempat dan merusak sumberdaya alam.

Kehadiran jajaran KPK dalam penindakkan kejahatan sumberdaya alam termasuk reklamasi tanpa izin menunjukkan kejahatan ini serius dan luar biasa. Rasio Sani menegaskan, penindakan ini harus mempunyai efek jera. Penindakan kasus ini didorong menggunakan pendekatan multidoor, investigasi bersama penyidik dari ketiga kementerian, dengan menggunakan pasal dan undang-undang berlapis.

Sementara itu, Yazid Nurhuda, Direktur Penegakan Hukum Pidana, menambahkan bahwa penyegelan ini adalah komitmen bersama ketiga kementerian dan upaya tindak lanjut pembahasan kegiatan reklamasi tanpa izin di Kabupaten Pesawaran, Lampung. (KRO/RD/Agung)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *