Connect with us

Headline

Warga Desa Lae Pangaroan Resah, Perekrutan Anggota P2KD Tak Transparan

Published

on

67 views

RADARINDO.co.id – SIDIKALANG : Warga Desa Lae Pangaroan Kecamatan Silima Punggapungga Kabupaten Dairi resah, atas sikap dan kebijakan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam merekrut dan penetapan anggota Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) Desa Lae Pangaroan. Warga menilai, perekrutan anggota P2KD tersebut tidak transparan.

Salah seorang Kepala Dusun bermarga Sitorus didampingi warga lainnya kepada wartawan, Kamis (8/8) menduga adanya “kongkalikong” antara Ketua BPD, berinisial DS dengan anggota BPD dalam perekrutan P2KD.

“Kami menduga ada kesepatan atau kongkalikong antara Ketua BPD, bersama anggota BPD lainnya dalam perekrutan dan penetapan P2KD Lae Pangaroan yang melanggar aturan,” katanya.

Menurut Sitorus, pihask BPD melakukan pertemuan pada 18 Juli 2019 lalu dikediaman Ketua BPD, DS, dan keesokan harinya 19 Juli 2019, pihak BPD langsung melakukan penetapan anggota P2KD. “Kamis(18/7) BPD berkumpul di rumah Ketua BPD dan besoknya Jum’at (19/7) BPD menetapkan P2KD di Kantor Kepala Desa,” ungkapnya.

Warga meminta kepada Bupati Dairi agar meninjau ulang penetapan P2KD yang diduga ada kesepakatan antara BPD untuk memuluskan tujuan mantan Kepala Desa Sopar Dolok Saribu.

Sesuai Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Daerah Kabupaten Dairi No 2 Tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Desa Pasal 7 ayat (1), P2KD dibentuk oleh BPD melalui rapat, yang terdiri dari unsur perangkat desa, pengurus lembaga kemasyarakatan dan tokoh mayarakat.

Hal ini mengakibatkan warga tidak percaya terhadap kebijakan dan keputusan BPD yang tidak melibatkan mayarakat seperti Perda Kabupaten Dairi No 2 Tahun 2015 tentang pembentukan P2KD.

Seperti diketahui, tahun ini akan dilaksanakan pemilihan Kepala Desa di berbagai desa dan kecamatan di Kabupaten Dairi antara Oktober sampai November mendatang. (KRO/RD/Delon Sinaga)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *