Connect with us

Headline

1200 ASN Pem Medan Ikuti Prosesi Pengambilan Sumpah Janji

Published

on

5 views

RADARINDO.co.id-Medan:
Sebanyak 1.200 Aparatur Aipil Negara (ASN) Pemko Medan mengikuti pengambilan sumpah janji ASN di Gedung Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK), Jalan Setia Budi Medan, Kecamatan Medan Helvetia, Selasa (1/10/2019). Sumpah janji ini dilakukan sebagai bentuk pertanggungjawaban ASN agar melaksanakan tupoksinya sebagai abdi negara dan abdi masyarakat dengan sungguh-sungguh sesuai aturan yang berlaku.

Prosesi pengambilan sumpah janji diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan doa. Selanjutnya, Wali Kota Medan Drs HT. Dzulmi Eldin S, MSi, MH diwakili Kepala Badan Kepegawaian Daerah & Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKD&PSDM) Kota Medn Muslim Harahap mengambil sumpah janji seluruh ASN didampingi para rohaniawan.

Kemudian dilanjutkan penandatangan berita acara pengambilan sumpah janji yang diwakili dua ASN yang diambil sumpah janjinya. Usai pengambilan sumpah, dalam sambutan Walikota yang dibacakan Kepala BKD & PSDM dikatakan bahwa, ASN memiliki arti yang sangat strategis dan memiliki peranan yang menentukan keberhasilan penyelenggara pemerintahan dan pembangunan.

Disamping itu, bilang Muslim ASN juga menjadi kader dalam birokrasi yang akan melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan. Oleh sebab itu, ASN diharapkan dapat mewujudkan good governace lewat dedikasi, tanggungjawab dan loyalitas dalam berkerja.

“Pengambilan sumpah janji ini bertujuan untuk membina dan menciptakan ASN yang bersih, jujur dan berwibawa serta sadar akan tugas dan tanggung jawabnya sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. Dengan demikian akan terbentuk ASN yang berintegritas dan takut tidak hanya pada peraturan tapi juga pada Tuhan Yang Maha Esa,” kata Muslim.

Oleh sebab itulah, Muslim berpesan kepada seluruh ASN agar menjalankan tupoksinya dengan senantiasa mengedepankan etika moral, kejujuran, keikhlasan dan penuh tanggungjawab serta meningkatkan kemampuan dan kualitas diri, kemampuan dan keterampilan guna mendukung kinerja di lingkungan kerja masing-masing.

“Sumpah janji yang telah diucapkan harus lah diimplementasikan dengan sebaik-baiknya. Sebab, sumpah janji merupakan tanda kesanggupan menjalankan amanah kepada atasan. Tapi lebih dari itu, ada Tuhan yang menjadi tempat pertanggungjawab tertinggi bagi kita yang hari ini dipercaya menjadi seorang ASN. Niatkan dalam diri bekerja untuk masyarakat dan lakukan semuanya dengan terukur dan terarah sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku,” pesannya.

Terakhir, Muslim menekankan ASN harus siap dan sigap untuk melakukan dan memberikan yang terbaik guna mendukung percepatan pembangunan Kota Medan. Sebab, ASN menjadi ujung tombak dan garda terdepan keberhasilan pembangunan kota yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat yang dapat dirasakan secara adil dan merata.

“Status ASN yang hari ini bapak ibu sandang harus dimaknai dengan penuh syukur. Cara bersyukur itu hendaknya ditandai dengan bekerja sebaik-baiknya demi kesejahteraan masyarakat. Jadilah pelayan masyarakat yang penuh dedikasi sehingga mereka merasakan kehadiran pemerintah di tengah-tengah mereka. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa memberikan kekuatan dan kelancaran bagi kita untuk mengabdi bagi masyarakat dan negara,” pungkasnya. (KRO/JULI.S)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *