Connect with us

Headline

Makam Dinasti Han Penuh Giok Ditemukan

Published

on

6 views

RADARINDO.co.id-Internasional:
Ratusan artefak pada Dinasti Han kuno ditemukan di jalur sutra yakni Kota Xi’an, ibu kota Provinsi Shaanxi di bagian barat laut Tiongkok.

Xi’an dulunya dikenal sebagai Chang’an (perdamaian abadi) dan menandai ujung timur jalan sutra. Kala itu, kota ini berfungsi sebagai pusat kekuatan kuno rumah penguasa Dinasti Zhou, Qin, Han, dan Tang.  Para arkeolog, dalam Ancient Origins, menggali di sekitar titik awal Jalan Sutra itu dan menemukan sekolompok makam kuno yang berasal dari zaman awal dinasti Han sekitar 2.000 tahun yang lalu.

Para arkeolog percaya bahwa ini adalah tempat peristirahatan terakhir dari orang-orang berstatus tinggi pada waktu itu. Terbukti bahwa barang-barang dari pakaian batu giok, semuanya digali dari dalam empat kuburan besar ini. Rute perdagangan Jalur Sutra pertama kali didirikan selama periode Han dan titik awalnya di Xi’an.

Jalur sepanjang 6.400 kilometer (4.000 mil) ini menghubungkan Tiongkok dengan Roma. Sutra berharga diekspor ke Barat, sementara wol, emas, dan perak pergi ke Timur. (KRO/RD/NationalG)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Walikota P.Sidimpuan Beri Santunan kepada Anak Yatim dan Fakir Miskin

Published

on

Walikota P.Sidimpuan Beri Santunan kepada Anak Yatim dan Fakir Miskin

RADARINDO.co.id-Psp : Walikota P.Sidimpuan Beri Santunan kepada Anak Yatim dan Fakir Miskin. Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution SH Selasa (04/05/2021) menyerahkan santunan kepada Anak Yatim dan Piatu serta Fakir Miskin di Masjid Istiqomah Kelurahan Kantin Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan.

Sebanyak 26 orang anak Yatim dan Piatu, serta 85 orang Fakir Miskin yang menerima santunan, sebagai bukti kepedulian Pemerintah Kota Padangsidimpuan kepada masyarakatnya.

Baca juga : Walikota P.Sidimpuan Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Toba 2021

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution SH menyampaikan, kepada masyarakat khususnya yang berdomisili di Kelurahan Kantin Kecamatan Padangsidimpuan Utara agar tidak mudik, jika pergi berbelanja patuhi Protokol Kesehatan sesuai anjuran dari Pemerintah.

“Khusus kepada anak-anak Yatim dan Keluarganya, saya berharap kalian semua selalu sehat dan semua anak-anakku bisa mewujudkan cita-citanya dan menjadi orang yang berguna bagi Nusa Bangsa dan Agama,”  kata Walikota.

Lihat juga : Belasan Ruko di Kota Pinang Hangus Di Lalap Sijago Merah

Sementara Ketua Badan Kemakmuran (BKM) Masjid Istiqomah H. Nasaruddin Hamidy Simanjuntak mengucapkan terimakasih kepada bapak Walikota Padangsidimpuan yang telah hadir langsung memberikan santunan kepada anak yatim dan fakir miskin di Kelurahan Kantin Kecamatan Padangsidimpuan Utara. (KRO/RD/VRT-Thoms)

Continue Reading

Headline

Safari Ramadhan, Pemko Psp Beri Bantuan ke Mesjid Al Huda

Published

on

Safari Ramadhan, Pemko Psp Beri Bantuan ke Mesjid Al Huda

RADARINDO.co.id-Psp : Safari Ramadhan, Pemko Psp Beri Bantuan ke Mesjid Al Huda. Pemerintah Kota (Pemko) Padangsidimpuan (Psp) menyerahkan bantuan untuk kebutuhan Mesjid sebesar Rp15 juta, pada acara Safari Ramadhan 1442 H di Masjid Al-Huda Desa Manegen Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan, Senin (03/05/2021).

Bantuan diserahkan Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH diwaliki Camat Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan Amri Taufik Hasibuan S.Sos.

Baca juga : Walikota P.Sidimpuan Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Toba 2021

Acara penyerahan bantuan dihadiri Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdakota Padangsidimpuan Rusianto Nasution, Sekretaris Camat (Sekcam) Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Rekayanti Batubara SE, Ketua BKM Mesjid Al-Huda Desa Managen para Ulama dan masyarakat Desa Manegen.

Selain menyerahkan bantuan untuk Mesjid Al-Huda, Walikota Padangsidimpuan juga menyerahkan santunan tali asih kepada 50 anak yatim Mesjid Al-Huda Desa Manegen Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan.

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH diwaliki Camat Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan Amri Taufik Hasibuan, S.Sos, mengatakan, pemberian bantuan ke Mesjid-mesjid yang ada di Kota Padangsisimpuan dan pemberian santunan berupa tali asih kepada anak yatim merupakan program sosial dan wujud perhatian dari Pemko P.adangsidimpuan sekaligus kewajiban membantu anak yatim setiap tahun.

Lihat juga : Belasan Ruko di Kota Pinang Hangus Di Lalap Sijago Merah

Diharapkan bantuan untuk Mesjid ini bisa memakmurkan Mesjid dan pemberian santunan tali asih kepada anak yatim dapat membantu memenuhi kebutuhan dalam bulan Suci Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah,” ujar Camat.

Usai penyerahan bantuan untuk Mesjid dan pemberian tali asih kepada anak yatim, dilanjutkan ceramah tausiah (KRO/RD/VRT-Thom)

Continue Reading

Headline

Walikota P.Sidimpuan Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Toba 2021

Published

on

Walikota P.Sidimpuan Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Toba 2021

RADARINDO.co.id-Psp : Walikota P.Sidimpuan Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Toba 2021. Walikota Padangsidimpuan (Psp) Irsan Efendi Nasution SH memimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat Toba 2021 Polresta Padangsidimpuan bertempat di Alaman Bolak Padangnadimpu, Rabu (05/05/2021).

Didampingi Forkopimda Kota Padangsidimpuan, Walikota Irsan Efendi Nasution SH menyampaikan, Apel Gelar Pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2021 dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra Kamtibmas lainnya.

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H tren kasus Covid-19 di Indonesia mengalami kenaikan sebesar 2,03%.

Baca juga : Kapolresta Deli Serdang Berikan Reward Kepada Personil Berprestasi Serta Paket Lebaran

Hal ini disebabkan karena adanya peningkatan aktifitas masyarakat khususnya menjelang akhir bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri”, ujar Walikota.

Pemerintah telah mengambil kebijakan larangan mudik pada Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Ini merupakan tahun kedua Pemerintah mengambil kebijakan tersebut karena situasi Pandemi Covid-19.

Presiden Joko Widodo menjelaskan bahwa keputusan tersebut diambil melalui berbagai macam pertimbangan, yaitu pengalaman terjadinya tren kenaikan kasus setelah pelaksanaan libur panjang.

“Termasuk peningkatan kasus sebesar 93% setelah pelaksanaan libur Idul Fitri pada tahun 2020/1441 H,” tuturnya.

Keinginan masyarakat untuk melaksanakan mudik sulit untuk ditahan. Berdasarkan survei Kementerian Perhubungan.

Apabila pemerintah tidak melaksanakan larangan mudik maka akan terjadi pergerakan orang yang melakukan perjalanan mudik sebesar 81 juta orang, namun setelah diumumkannya larangan mudik, masih terdapat 7% atau 17,5 juta orang yang akan melaksanakan mudik.

Oleh karena itu, kegiatan Operasi Ketupat-2021 harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh oleh seluruh jajaran dalam rangka menempatkan keselamatan masyarakat sebagai hukum tertinggi, jelas Walikota.

Dalam pelaksanaan operasi ini memprioritaskan langkah-langkah preemtif dan preventif secara humanis, sehingga masyarakat betul-betul mematuhi Protokol Kesehatan.

Laksanakan penegakan hukum sebagai upaya terakhir “ultimum remedium” secara tegas dan profesional terhadap pelanggar protokol kesehatan yang sudah berulang kali serta oknum-oknum masyarakat yang menimbulkan dampak negatif kesehatan secara luas dan menciptakan klaster baru Covid-19.

Lihat juga : Belasan Ruko di Kota Pinang Hangus Di Lalap Sijago Merah

Untuk mengantisipasi pelaku perjalanan dalam negeri, segera maksimalkan kegiatan Posko di Terminal, Bandar Udara, Pelabuhan, dan Stasiun.

Posko ini bukan hanya sekedar menjadi Posko Pengamanan dan Pelayanan, namun juga berfungsi untuk mengendalikan penyebaran Covid-19..

Hadir dalam kegiatan itu, Dandim 0212/TS Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing, S.I.P, Kapolresta Padangsidimpuan AKBP Juliani Prihatini, S.I.K. MH Kaden C Brimobda Sumut Kompol S . Zebua, para pimpinan Organisasi Prangkat Daerah (OPD) Pemko Padangsidimpuan. (KRO/RD/VRT-Thoms)

Continue Reading

headline