Connect with us

Headline

Tidak Ada Larangan Pesta Di Kota P. Sidimpuan

Published

on

5 views

RADARINDO.co.id-Psp: Masyarakat Kota Padangsidimpuan (Psp) dalam Tiga pekan terkahir ini diresahkan Informasi Bohong seputar Pelarangan Mengadakan Pesta Pernikahan, Pesta Adat, Ulang tahun dan lainnya.

Informasi Bohong itu dikaitkan dengan Peraturan Walikota (Perwal) Psp Nomor 28 tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan (Prokes) Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Kota Padangsidimpuan.

Beredar luas kabar di tengah masyarakat, pelaksanaan Pesta Pernikahan, Pesta Adat, Ulang tahun dan sejenisnya di Kota Psp hanya boleh sampai tanggal 28 September 2020, kata Dharma Siregar dan Parlin Harahap, Sabtu (19/09/2020).

Dharma Siregar dan Parlin Harahap, keduanya merupakan Pengusaha Pelaminan, Organ Tunggal dan Teratak Pesta.

Mereka sudah langsung mendatangi Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Psp guna meminta penjelasan yang sebenarnya.

Ternyata tidak ada Aturan mengenai Pelarangan Pesta di atas tanggal 28. Fakta yang sebenarnya adalah Perwal Nomor 28 berlaku sejak 1 September 2020, terang keduanya.

Namun kata Dharma Siregar dan Parlin Harahap, Petugas Piket Posko GTPP Covid-19 Kota Psp yang mereka temui meminta agar Setiap Warga yang akan mengadakan Pesta membuat Surat Pemberitahuan ke Gugus Tugas.

Dalam surat itu, dijelaskan kapan Pesta Digelar dan Dimana Alamat lengkapnya.

Tuan rumah membuat Surat Pernyataan Siap Menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 dengan Ketat dan
dibubuhi Materai dan Tandatangan Tuan Rumah atau Orangtua Mempelai.

Tuan Rumah dan Tamu Wajib pakai Masker, menyediakan Sarana Cuci Tangan pakai Sabun atau Hand Sanitizer minimal Satu untuk 50 orang dan memisah tempat duduk minimal berjarak Satu (1) meter per orang, kata Dharma sesuai dengan penjelasan petugas Gugus Tugas.

Tujuan disampaikannya Surat Pemberitahuan itu agar petugas GTPP Covid-19 bisa datang Memantau apakah Benar Pesta itu menerapkan Protokol Kesehatan sebagaimana pernyataan si tuan rumah.

Peraturan Walikota (Perwal)
Terpisah Kabag Hukum Pemerintah Kota (Pemko) Padangsidimpuan Muhammad Erwin SH. MH menerangkan bahwa di dalam Perwal No 28 tahun 2020 itu tidak ada bab atau pasal yang secara spesifik mengatur tentang Pelarangan Pesta.

Perwal itu berisikan Imbauan dan Ajakan bersama Memutus Mata Rantai Penularan Covid-19, tata cara Penerapan Protokol Kesehatan di tengah Pandemi, dan Sanksi bagi setiap orang atau Badan Usaha yang melanggarnya.

Perwal ini bertujuan Meningkatkan Kepatuhan dan Kesadaran masyarakat terhadap Protokol Kesehatan. Sekaligus untuk memberikan Perlindungan Kesehatan bagi masyarakat luas tegas Kabag Hukum Muhammad Erwin SH, MH.

Perwal ini turunan dari Keputusan Presiden No 12 tahun 2020, Peraturan Menteri Dalam Negeri No 20 tahun 2020, Keputusan Menteri Kesehatan No HK 01 07/Menkes/413/2020 dan Peraturan Gubernur Sumatera Utara No 34 tahun 2020.

Sekaligus tindaklanjut dari Instruksi Presiden No 6 tahun 2020 dan Instruksi Menteri Dalam Negeri No 4 tahun 2020 tentang Pedoman Teknis Peraturan Kepala Daerah terkait Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Prokes Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. (KRO/RD/Thoms)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

DPRD Nias Gelar Rapat Paripurna Tentang Penyampaian Pengambilan Keputusan LKPJ Bupati Nias TA 2020

Published

on

DPRD Nias Gelar Rapat Paripurna Tentang Penyampaian Pengambilan Keputusan LKPJ Bupati Nias TA 2020

RADARINDO.co.id-Nias : DPRD Nias Gelar Rapat Paripurna Tentang Penyampaian Pengambilan Keputusan LKPJ Bupati Nias TA 2020. Dewan perwakilan rakyat Daerah Kabupaten Nias (DPRD) gelar rapat paripurna penyampaian keputusan tentang LKPJ Bupati Nias T.A 2020, bertempat dilantai II kantor DPRD kabupaten Nias, Sumatera Utara, Kamis (06/05/2021).

Pada rapat tersebut dihadiri oleh Bupati Nias Drs.Sokhiatulo Laoli, MM, Kapolres Nias, Dandim 0213/Nias, Kepala Kejaksaan Negeri Gunungsitoli, Ketua Pengadilan Negeri Gunungsitoli, dan beberapa SKPD ikut mendampingi Bupati Nias.

Baca juga : Wabup Nias Wakili Bupati Nias Hadiri Rapat Forkada Sekepulauan Nias

Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, MM menyampaikan LKPJ bupati Nias akhir tahun anggaran 2020 merupakan kewajiban konstitusional dan konsekuensi logis yang harus disampaikan kepala daerah setelah berakhirnya tahun anggaran yang meliputi pelaksanaan penyelenggaraan pemerintah, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan di kabupaten Nias selama satu anggaran.

Dalam paparannya bupati Nias menyampaikan LKPJ ini bertujuan memenuhi kaidah-kaidah dan prinsip akuntabilitas pemerintah daerah, sehingga masyarakat dan semua pihak yang berkepentingan melalui rapat paripurna DPRD kabupaten Nias dapat mengevaluasi kinerja yang telah dicapai pemerintah kabupaten Nias dalam berbagai aspek pembangunan ujarnya.

DPRD Nias Gelar Rapat Paripurna Tentang Penyampaian Pengambilan Keputusan LKPJ Bupati Nias TA 2020

DPRD Nias Gelar Rapat Paripurna Tentang Penyampaian Pengambilan Keputusan LKPJ Bupati Nias TA 2020

Ditambahkan bupati Nias bahwa, kienerja dan pencapaian pemerintah daerah dapat dievaluasi melalui lembaga terhormat ini adalah lembaga DPRD sebagai wakil rakyat dalam penyampaian kinerja pemerintah.

Pada penyelenggaraan pemerintah daerah, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatn masih belum sesuai dengan harapan kita beesama, sebagai hasil evaluasi Tim Pansus DPRD kabupaten Nias.

Lihat juga : Gunung Semeru Semburkan Awan Panas Pertanda Apa?

Sementara itu Ketua DPRD kabupaten Nias Alinuru Laoli yang memimpin rapat paripurna tersebut menyampaikan bahwa, pelaksanaan rapat paripurna istimewa DPRD kabupaten Nias sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 13 tahun 2019 tentang laporan dan evaluasi penyelenggara pemerintah daerah dengan agenda penyampaian keputusan DPRD secara formal kepada kepala daerah yang berkaitan dengan LKPJ bupati Nias akhir tahun anggaran 2020.

Lebih lanjut ketua DPRD kabupaten Nias Alinuru Laoli mengatakan bahwa berdasarkan pansus dalam penyampaian pandangan masing-masing fraksi di DPRD kabupaten Nias, dan menetapkan keputusan DPRD kabupaten Nias tentang catatan dan rekomondasi DPRD kabupaten Nias terhadap LKPJ bupati Nias pada akhir tahun anggaran 2020 dan diserahkan secara resmi kepada bupati Nias. (KRO/RD/TH)

Continue Reading

Headline

Empat Orang Pemudik Hasil Test Urinya  Diduga Mengandung Zat Methafetamine

Published

on

Empat Orang Pemudik Hasil Test Urinya  Diduga Mengandung Zat Methafetamine

RADARINDO.co.id Rantauprapat : Empat Orang pemudik Hasil Test Urinya  Diduga Mengandung Zat Methafetamine. Hasil pemeriksaan oleh satuan Narkoba polres Labuhanbatu yang bergabung dengan Kodim 0209/ LB,  4 dari 50 orang pemudik yang saat melintas di Jalinsum Kota Oinang Labusel, Jum’at (07/05/2021) terindikasi  tes urinya diduga mengandung methafetamine.

41 Personil gabungan yang diturunkan Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan SIK, MH terdiri dari 12 Personil Sat Narkoba, Lantas, Intel dan URKES masing-masing masing 4 Personil, 12 Personil Polsek Kota Pinang dan 4 Personil Kodim yang dipimpin Kasat Narkoba AKP Martualesi Sitepu,MH.

Baca juga : 106 Kenderaan Diputar Balik Saat Melintasi Perbatasan Deli Serdang-Sergai

50 Orang pengendera  yang saat  melintas dilakukan tes Urin oleh satuan Narkoba,  4 Orang positif Urinnya mengandung zat methafetamine, yaitu AJS Lk 31 Th,NNP Lk 19 Th,FS Lk 36 Th dan KP Lk 27 Th, saat ini mereka masih diambil keterangannya untuk lebih diketahui  sumber narkoba yang mereka pergunakan.

Empat Orang Pemudik Hasil Test Urinya  Diduga Mengandung Zat Methafetamine

Empat Orang Pemudik Hasil Test Urinya  Diduga Mengandung Zat Methafetamine

Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan SIK, MH didampingi Dandim 0209/LB Letkol Asrul Kurniawan Harahap SE, M.Tr. Han bersama Unsur Muspida Labusel memantau pelaksanaan kegiatan penyekatan dan tes Urin tersebut.

Kapolres menyampaikan, kegiatan yang dilakukan ini adalah merupakan tindak lanjut dari himbauan pemerintah yang melarang warga mudik dalam perayaan Idul Fitri Tahun ini, yang bertujuan untuk mengantisipasi terjadi kluster Virus Corona.

Lihat juga : Gunung Semeru Semburkan Awan Panas Pertanda Apa?

kita harus belajar dari peristiwa yang terjadi di India,  lonjakan penyebaran Corona setelah perayaan keagamaan di sungai Gangga, kami menghimbau warga Se Labuhanbatu Raya.

“Mari rayakan Idul Fitri di rumah masing masing dan kita tunda mudik demi untuk kesehatan dan keselamatan”? ungkap Kapolres.

selesai melakukan kegiatan Tes Urin, selanjutnya Rombongan Kapolres beserta  Dandim dan Muspida Labusel meninjau Pos PAM di Perbatasan Sumut-Riau. (KRO/RD/my/ik)

Continue Reading

Deli Serdang

106 Kenderaan Diputar Balik Saat Melintasi Perbatasan Deli Serdang-Sergai

Published

on

106 Kenderaan Diputar Balik Saat Melintasi Perbatasan Deli Serdang-Sergai

RADARINDO.co.id-Deli Serdang : 106 Kenderaan Diputar Balik Saat Melintasi Perbatasan Deli Serdang-Sergai. Hari kedua pelaksanaan operasi Ketupat Toba 2021 tanggal 7 Mei 2021, sebanyak 106 kenderaan R2 dan R4 dari kelompok pemudik diputar balik dipos pengamanan sei, lar Polresta Deli Serdang, Jumat (7/5/2021).

Kuatnya keinginan warga masyarakat yang akan pulang kampung sangat besar, terbukti hari kedua menunjukkan peningkatan kenderaan yang berhasil diputar balik oleh anggota yang bertugas diPos Pam Sei Ular perbatasan Deli Serdang – Sergai.

Baca juga : Sat Narkoba Polresta Deli Serdang Lakukan Tes Urine Para Pengendara Bus

106 Kenderaan Diputar Balik Saat Melintasi Perbatasan Deli Serdang-Sergai

106 Kenderaan Diputar Balik Saat Melintasi Perbatasan Deli Serdang-Sergai

Jika hari pertama pelaksanaan Ops Ketupat Toba 2021 sebayak 18 unit Mobil yang diputar balik dihari kedua terjadi lanjakan yang seknifikan sebayak 106 kenderaan yang diputar balik.

Lihat juga : Gunung Semeru Semburkan Awan Panas Pertanda Apa?

Terpantau oleh awak media para warga masyarakat yang ingin mudik Ada yang berkendara Roda 2 dan Roda 4 baik pribadi maupun dengan Angkot.

Hal ini akan terus kami lakukan setiap hari non stop 24 jam dan diharapkan warga masyarakat dapat mematuhinya demi memutus rantai penyebaran covid-19, ungkap orang nomor satu dipolresta Deli Serdang. (KRO/RD/Hari’S)

Continue Reading

headline