Connect with us

Headline

Dua Eksekutor Pembunuh Jamaluddin Divonis Hukum Mati

Published

on

7 views

Dua Eksekutor Pembunuh Jamaluddin Divonis Hukum MatiRADARINDO.co.id-Medan:
Pengadilan Tinggi (PT) Medan memperberat putusan dua eksekutor pembunuhan hakim Jamaluddin, Jepri Pratama,e dan Reza Fahlevi dengan hukuman mati. Sebelumnya, majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan, menjatuhi Jefri dengan hukuman penjara seumur hidup, sementara Reza dihukum 20 tahun penjara dan hanya Zuraida Hanum yang dijatuhi pidana mati.

“Menyatakan terdakwa M Reza Fahlevi tersebut telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana pembunuhan berencana yang dilakukan secara bersama-sama sebagaimana didakwakan dalam dakwaan lrimair penuntut umum. Menjatuhkan pidana kepada terdakwa M Reza Fahlevi oleh karena itu dengan pidana mati,” demikian bunyi putusan majelis banding yang dilansir di website Mahkamahagung.go.id. Senin (21/9).

Ke tiga terdakwa dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana pembunuhan berencana secara bersama-sama sesuai dakwaan primair penuntut umum. Mereka melakukan perbuatan yang diatur dan diancam dengan Pasal 340 jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHPidana.

Sementara di lain tempat, penasihat hukum Almarhum Jamaluddin mengapresiasi putusan Pengadilan Tinggi Medan tertanggal 10 September 2020 yang menghukum tiga terdakwa dengan hukuman mati.

“Memang itulah yang semestinya, karena pada dasarnya inikan pembunuhan berencana dari mereka bertiga. Jadi kena Pasal 340-nya sudah duduk”,
ujar Muhammad Jafaruddin melalui sambungan telpon kepada wartawan.

Namun Jafaruddin mengaku masih melihat putusan itu di website Pengadilan Tinggi Medan. Kita secara resmi belum menerima salinan putusannya, saya masih lihat di E- Court,” jelas Jafar. Diketahui, kasus ini bermula dari hubungan rumah tangga terdakwa Zuraida Hanum dengan Jamaluddin tidak akur dan rukun, sehingga terdakwa sering memendam perasaan marah, kecewa kepada korban. (KRO/RD/Waspada)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *