Connect with us

Aceh Barat

Begini Giat Kodim Aceh Barat Peringati HUT Ke -75 TNI

Published

on

40 views

RADARINDO.co.id-Aceh Barat:
KBRN Meulaboh: Kodim 0105 / Aceh Barat, melaksanakan kegiatan penghijauan berupa penanaman pohon di kawasan garis pantai Desa / Gampong Pasir, Kecamatan Johan Pahlawan, dalam rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke -75 Tentara Nasional Indonesia (TNI) tahun 2020.

Komandan Kodim (Dandim) 0105 / Aceh Barat Letkol lnf Dimar Bahtera S.Sos MAP, menyampaikan, kegiatan pembinaan lingkungan hidup yang bertajuk “Bersama Lestarikan Bumi Indonesia Demi Masa Depan Generasi Penerus Bangsa” itu sebagai upaya upaya bersama melestarikan lingkungan.

“Penghijauan di Gampong Pasir ini sudah melalui koordinasi dan dilaksanakan secara konseptual dalam krisis lingkungan, sekaligus menangkal serangan exstrimnya gelombang Samudera Hindia,” katanya dalam pers, Rabu, (30/9/2020).

Letkol lnf Dimar Bahtera, mengungkapkan bahwa penghijauan dalam arti luas merupakan segala daya upaya untuk memperbaiki, meningkatkan dan meningkatkan kondisi lahan agar dapat menghasilkan dan berfungsi secara optimal sehingga dengan adanya penanaman pohon ini dapat bermanfaat bagi warga. 

“Bila memungkinkan, wilayah ini bisa menjadi destinasi wisata. Mari kita sama kita rawat pohon ini dan saya akan perkembangannya dengan mengecek tiap bulannya,” tambah Dandim.

Pasiter Kodim 0105 / Abar Kapten lnf Hendra Saputra, menyampaikan, kegiatan ini sebagai wujud kepedulian Kodim 0105 / Aceh Barat terhadap kelestarian alam dan lingkungan selain sebagai pelindung, juga sebagai upaya meningkatkan argowisata.

“Penghijauan ini sangat perlu kita lakukan, sehingga pohon ini nantinya bisa berkolaborasi dan memback up kekuatan tanggul yang sudah ada dalam menghadang gelombang. Selain itu juga bertujuan untuk mengantisipasi dan meminimalisir tindakan abrasi,” sebut Kapten Hendra.

Kawasan pesisir sangat rentan dilanda banjir gelombang pasang (rob) dan abrasi, sehingga perlu dilakukan penanaman pohon keras. Ada beberapa jenis pohon yang ditanam di antaranya batang cemara laut, keutapang, beringin kencana, kelapa, dan semuanya itu proses pembibitannya dilakukan oleh Prajurit Kodim 0105 / Aceh Barat.

“Kami sangat berterimakasih dan mengapresiasi gerakan peduli lingkungan yang digalakkan oleh Kodim Aceh Barat dimana sebatang pohon seribu manfaat. Mari kita jaga pohon ini agar berkembang untuk masa depan anak cucu,” tambah Pjs Keuchik Gampong Pasir lndra Gunawan SE.

Kegiatan ini turut dihadiri Kapolres Aceh Barat AKBP Ardianto Agramuda SIK Kepala DLH Mulyadi S.Hut, Pasi Bhakti TNI Rem 012 / TU Walikota lnf Abdul Munif, Pasi Komsos Rem 012 / TU Walikota lnf Abdul Rohim, Kasat Sabhara AKP Samsyaidi SH, Waka Polsek Iptu Z. Saragih, Camat Johan Pahlawan Said Azmi SE, Ketua Hipakad T. Fuadi Gadong, Ketua FKPPI Dahlan PA dan Organisasi Gerakan Peduli Lingkungan (GPL). (KRO/RD/rri)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *