Connect with us

Headline

Sebelum Ada Oksigen, Makhluk Bumi Menghirup Arsenik

Published

on

6 views

RADARINDO.co.id-Jakarta:
Miliaran tahun lalu ketika oksigen belum tersedia, racun arsenik menjadi senyawa yang memberikan kehidupan bagi makhluk di Bumi. Informasi ini bersumber dari temuan di sebuah tempat bernama Laguna La Brava di Gurun Atacama Chili, tempat para ilmuwan mempelajari mikroba yang hidup di danau hipersalin yang bebas oksigen secara permanen.

Lapisan mikroba, yang memfosil menjadi stromatolit, berlimpah di Bumi setidaknya selama 3,5 miliar tahun. Namun di semiliar tahun pertama keberadaannya, tidak ada oksigen untuk melakukan fotosintesis.

Bagaimana bentuk kehidupan ini bisa bertahan dalam kondisi ekstrem? Jawabannya memang masih misterius. Tapi dengan meneliti stromatolit dan ekstremofil yang hidup hari ini, para peneliti menemukan beberapa kemungkinan. Selama ini, besi, belerang, dan hidrogen telah lama diduga menjadi pengganti oksigen. Setelah penemuan arsenotrofi di Danau Searles dan Danau Mono California yang bebas oksigen, arsenik kini juga masuk dalam daftar dan menjadi pesaing kuat dari ketiga senyawa sebelumnya.

Sejak itu, stromatolit dari Tumbiana Formation di Australia Barat mengungkapkan bahwa menangkap cahaya dan arsenik pernah menjadi mode fotosintesis yang valid di zaman Prakambrium. Tapi hal yang sama tidak berlaku untuk besi atau belerang.

Tahun lalu, para peneliti menemukan bentuk kehidupan yang melimpah di Samudra Pasifik yang juga menghirup arsenik. Bahkan bentuk kehidupan La Brava sangat mirip dengan bakteri belerang ungu Ectothiorhodospira sp. yang baru-baru ini ditemukan di danau yang kaya akan arsenik di Nevada. Bakteri belerang ini juga tampaknya berfotosintesis dengan mengoksidasi senyawa arsenit menjadi bentuk arsenat yang berbeda.

Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memverifikasi apakah mikroba La Brava juga memetabolisme arsenit. Namun yang jelas, penelitian awal menemukan bahwa air yang mengalir di sekitar lapisan mikroba ini sangat sarat dengan hidrogen sulfida dan arsenik.

Jika terbukti mikroba La Brava benar-benar menghirup arsenik, bentuk kehidupan ini akan menjadi yang pertama melakukannya dalam lapisan mikroba yang secara permanen bebas oksigen. Kondisi ini serupa dengan yang diperkirakan di zaman Prakambrium. Dengan demikian, lapisan mikroba ini juga menjadi model yang bagus untuk memahami beberapa kemungkinan bentuk kehidupan paling awal di planet kita. (KRO/RD/Detik)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *