Connect with us

Headline

Dua Rumah Warga Terseret Ke Jurang

Published

on

15 views

RADARINDO.co.id – Tanah Karo:
Peristiwa bencana alam longsor di jalan Nasional Karo-Dairi tepatnya Km 108 (Penatapan 2) yang berada dalam wilayah Dusun Aek Hotang Desa Pengambaten Kec. Merek, Jumat (20/11) sore, meruntuhkan dua unit rumah.

Ke dua rumah yang telah runtuh itu, sebelumnya dijadikan sebagai tempat tinggal dan usaha kedai (kios).
Pemilik rumah/kios Radin Sian Sinaga, 45 warga Desa Nagalingga Kec. Merek dan Besli Saragih 45 warga Tanah Jawa Simalungun.

Kendatipun tidak menimbulkan korban jiwa, tetapi kerugian mencapai puluhan juta rupiah. Hal ini disebutkan Kapolsek Tigapanah AKP Ramli Simanjorang kepada Waspada, Sabtu (21/11) melalui telepon selulernya. Menurut AKP Ramli Simanjorang, sebelum terjadi peristiwa itu, sepertinya Radin Sinaga dan kawab-kawannya sudah mengetahui bakal ada terjadi longsor, karena Jumat (20/11) sekitar pukul 08.00 ada tanda-tanda retak tanah di bawah rumah sehingga bangunan mengalami kemiringan.

Keluarga bersiap-siap untuk meninggalkan rumah sambil menyelamatkan barang-barang yang dilanjutkan gotong-royong warga memperbaiki bangunan. Tetapi akibat cuaca yang ekstrim (hujan terus-menerus), mengakibatkan pergeseran profil tanah, sehingga bangunan tidak dapat diselamatkan, sebut Kapolsek. Saat bangunan telah ditinggalkan pemiliknya, sekitar pukul 16.00 sore terjadi longsor yang menyebabkan ke dua rumah runtuh karena letaknya di tepi jurang.

Sampai saat ini, kedua korban bersama keluarganya sudah berkumpul dengan masyarakat setempat bertali asih dan lokasi longsor status kuo yang dijaga masyarakat Pengambatan mengatas namakan Pokdar Kamtibmas Bhayangkara. Paska terjadi longsor itu, Kepala Pelaksana BPBD Karo Nail Perangin-angin SH telah berkunjung ke sana dan berdialog dengan korban. (KRO/RD/wspda)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *