Connect with us

Asahan

PT BBK Berharap PLN Pusat Terbitkan PPA

Published

on

22 views

RADARINDO.co.id-Asahan:
PT Berkat Bina Karya (BBK) berharap PLN pusat secepatnya menerbitkan PPA (Power Purchase Agreement) atau perjanjian jual beli energi listrik antara produsen listrik swasta dengan PLN, agar proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Asahan IV bisa segera dibangun di awal tahun 2021.

“Mudah-mudahan PPA segera diterbitkan oleh PLN Pusat agar kami bisa langsung mengerjakan proyek PLTA Asahan IV,” kata Direktur Utama PT BBK Drs Fakhruddin Parunduri didampingi Deputi Teknik Ir M Noor El Husein MT, Humas PT BBK Pasaruddin Berutu dan pejabat teras lainnya saat konferensi pers di kantor PT BBK, Jalan Ahmad Yani No. 70 Medan, Sabtu (28/11).

Proyek PLTA Asahan IV berkapasitas 90 MW itu berlokasi di Desa Tangga dan Desa Lobu Rappa Kecamatan Aek Songsongan, Asahan, Sumut. Proyek ini masuk dalam program nasional pembangunan pembangkit listrik berkekuatan 35.000 MW. Proyek ini menelan dana investasi senilai 3 triliun rupiah.

Fakhruddin Parinduri menerangkan, PT BBK telah mengurus tahapan perizinan sesuai prosedur sejak mendapatkan surat rekomendasi dari Gubernur Sumut Tengku Rizal Nurdin pada 30 Juni 2005, yang kemudian dilanjutkan dengan surat rekomendasi Gubsu Rudolf M. Pardede pada 27 Maret 2006 untuk percepatan pembangunan proyek PLTA Asahan IV.

Fakhruddin Parinduri menjelaskan, Gubsu Tengku Rizal Nurdin memberikan rekomendasi pada PT BBK sesuai SK No. 671/3777 pada 30 Juni 2005 karena Sumut, saat itu mengalami defisit pasokan tenaga listrik 150 MW dan lima tahun ke depannya (2010) membutuhkan 1000 MW.

Terkendalanya pembangunan proyek PLTA Asahan IV, menurut Fakhruddin Parunduri, lantaran belum diterbitkannya PPA oleh PLN. “Sekian lama prosesnya kami menunggu, kami ikuti semua prosedur. Tetapi kami, pihak swasta ini seperti dianaktirikan. Padahal kami juga ingin turut kontribusi membangun,” tuturnya. (KRO/RD/Sib)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *