Connect with us

Headline

Longsor Di Sibolangit Bisa Dipicu Kegiatan Neotektonik

Published

on

3 views

RADARINDO.co.id – Tanah Karo : Peristiwa longsor yang terjadi di Sibolangit sehingga menutup akses jalan Nasional Medan-Berastagi, Kamis (3/12) sekitar pukup 21.00, bisa dipicu aktivitas Neotektonik.

“Guncangan-guncangan dari aktivitas neotektonik menyebabkan terjadinya guguran batuan (rock fall). Terlebih ada prakondisi pada massa batuan di kawasan Sembahe-Sibolangit, dimana massa batuan tercacah-cacah oleh retakan retakan. Massa batuan sudah tidak solid, sudah terbentuk rongga-rongga yang dibentuk oleh rekahan-rekahan yang rentan berguguran”. Hal ini disebutkan Ahli Gempabumi Sumatera Utara Ir. Jonathan I. Tarigan, Jumat (4/12), melansir dari waspada.

Bisa saja gempabumi barusan mengguncang massa batuan di jalur Sembahe-Sibolangit itu yang menyebabkan guguran batuan (rock fall)”, ujarnya. Namun dalam upaya mengatasi terhalangnya perjalanan dari Medan ke Tanah Karo, Dairi hingga ke Aceh Tenggara akibat kejadian longsor di koridor Sembahe-Sibolangit-Bandar Baru, perlu dibangun jalan alternatif.
Ada dua jalur jalan alternatif yang berpotensi untuk dibuka akses jalan ke ibu kota Provinsi Sumut.

Akses alternatif yang pertama melalui Tongkoh dekat Tahura Bukit Barisan di Kabupaten Karo melintasi Desa Silangge-langge dan desa Cingkam di Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deliserdang masuk ke jalur jalan kabupaten Deliserdang yang menghubungkan Bandar Baru ke Penen/Sibiru-biru – Delitua dan berlanjut ke Medan.

Akses jalan alternatif ke dua melalui Desa Jaranguda sekitar Berastagi di Kabupaten Karo ke Dusun Tanduk Benua desa Sukamakmur dan berlanjut ke Kutalimbaru dan dapat menjangkau kota Medan melalui Lau Bekeri ataupun melalui Tuntungan – Pancurbatu ke Medan.

Kedua jalur jalan alternatif lintas kabupaten yang dapat dikoordinasikan dan dilaksanakan oleh Pemprov Sumut, katanya. Namun sebelum akses jalur alternatif ini dapat digunakan kata Jonathan, sangat perlu sekali ditempatkan alat-alat berat selama 24 jam khususnya di titik-titik rawan longsor baik oleh Pemkab Karo, Deliserdang, Pemprovsu dan pengelola jalan Nasional ini terutama musim hujan, sebutnya.

Akibat peristiwa longsor ini, banyak pihak yang dirugikan baik secara materi maupun rugi waktu, terutama para pengusaha dan wisatawan yang selama ini sebagai wajib pajak. Pemerintah hendaknya segera membenahi jalur ini, agar peristiwa serupa tidak terjadi lagi, sebab pengakuan Otong dan Dava S wisatawan dari Medan, kendaraan mereka terjebak longsor sejak Kamis (3/12) malam, sampai berita ini dikirim ke redaksi, mereka masih terjebak di sana.

Dan menurut mereka, banyak pengguna jalan yang terjebak kehabisan bahan makanan karena stok sudah habis. Karena kemacetan arus lalulintas dari kedua jurusan lebih 10 kilo meter. (KRO/RD/wspda)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Kecamatan Pangururan Menyelenggarakan Musrembang

Published

on

Kecamatan Pangururan Menyelenggarakan Musembang

RADARINDO.co.id-Samosir : Kecamatan Pangururan, Kabupten Samosir menyelenggarakan musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Kecamatan Pangururan di Aula Hotel Grend Dainang, Senin (22/02).

Camat Pangururan Dalam laporannya Bresman Simbolon, SPd menyampaikan bahwa Kecamatan Pangururan terdiri dari 25 Desa dan 3 Kelurahan dengan segala usulanyang sudah dibahas dalam musrembang desa/kelurahan untuk diserahkan kepada Kabupaten.

Anggota DPRD Kabupaten Samosir Komisi I Polten Simbolon dalam sambutanya menyampaikan bahwa musrembang ini merupakan diskusi bersama dalam menentukan skala prioritas pembangunan yang telah diusulkan untuk di tuangkan dalam RKPD tahun 2022.

Baca juga : Seorang Wanita Punya Suami 5 Orang Jatah Ranjang Gantian Tapi Tetap Kebagian

Anggota DPRD Samosir sudah melakukan rapat reses di dua kecamatan,dari rapat reses tersebut nanti akan dibahas pada rapat paripurna agar dapat segera di realisasikan secapatnya.

Diakhir sambutanya Anggota DPRD menyampaikan bahwa dalam musyawarah ini diharapkan agar batul-betul menyampaikan segala usul usulan yang lebih prioritas mengingat dimasa pandemi covid-19 banyak anggaran yang terserap untuk penanganan covid-19.

Plh. Bupati Samosir yang diwakili oleh Asisten II Saul Situmorang dalam sambutannya menympaikan segala usulan yang telah disampaikan akan dituangkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022.

Namun secara umum usulan tersebut tidak seluruhnya akan terlaksana mengingat dengan keterbatasan anggaran Kabupaten Samosir.

Pemerintah daerah akan memilih skala super prioritas dari setiap usulan dengan tepat sasaran untuk meningkatkan kesejaterahan masyarakat.

Dengan keterbatasan anggaran yang ada, Pemeritah Kabupaten Samosir akan terus melakukan pendekatan dan komunikasi dengan pemerintah pusat untuk mengambil dana pembangunan dari pusat.

Rapat musyawarah ini merupakan wadah segala usulan dengan skala prioritas dimana usulan tersebut dapat memenuhi kebutuhan masyarakat,oleh karena itu diperlukan peran bersama dalam membangun samosir sejahtera di masa pandemi Covid-19.

Baca juga : Sabu Senilai 4 Milyar Berhasil Diamankan Sat Narkoba Polresta DS 

Kepala Bappeda Kabupaten Samosir Rudi Siahaan dalam paparannya menyampaikan ada enam skala prioritas menurut isu strategis antara lain Peningkatan kualitas Pendidikan, Kesehatan dan Penurunan Angka Kemiskinan, Pencegahan, Penanganan.

Penanggulangan Wabah Penyakit dan Bencana, Pelaksanaan Reformasi, Birokrat dan Tata kelola Pemerintah Berbasis Elektronik, Pemulihan Ekomomi Kerakyatan melalui Kearipan lokal dan Inopasi Daerah, Pengelolaan Industri Pariwisata yang bekelanjutan, Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Sarana dan Prasarana Publik untuk mendukung Perekonomian Masyarakata serta KSPN Danau Toba.

Selanjudnya disampaikan bahwa segala usulan rencana pembangunan sudah di masukan ke aplikasi SIPD dan setiap perangkat daerah dalam memyusun anggaran tahun 2022 akan menyesuaikan dengan usulan musrembang.

Baca juga : Yayasan Rumah Tahfizh Anwar Saadah Adakan Program Tahfizh Qur’an 

Acara dilanjudkan dengan penandatanganan berita acara hasil keseoakatan musrembang Kecamatan Pangururan yang kemudian diserahkan kepada Bupati Samosir melalui Kepala Bappeda.

Turut hadir Pimpinan OPD, Uspida Kevamatan Pangururan, Kepala Desa sa-Kecamatan Pangururan, BPD se-Kecamatan Pangururan, tokoh masyarakat. (KRO/RD/P.Simbolon)

Continue Reading

Headline

Sekda Lampura Hadiri Pelantikan DPC Askonas

Published

on

Sekda Lampura Hadiri Pelantikan DPC Askonas

RADARINDO.co.id – Lampura : Sekda Lampung Utara (Lampura) Drs H Lekok, MM hadiri pelantikan dan pengukuhan DPC Asosiasi Kotraktor Nasional (Askonas) Kabupaten Lampung Utara di Gedung Olah Raga (GOR) Sukung Kotabumi, Kamis (25/02/2021).

Hadir juga dalam acara tersebut Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Lampung Utara, Wakil Ketua DPRD Lampura, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, serta para tamu undangan.

Baca juga : Geger, Penemuan Bayi Perempuan Dalam Kantong Plastik 

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah (Sekda) mengucapkan rasa syukurnya karena pada hari ini telah dilaksanakan Pelantikan Dewan Pimpinan Cabang Askonas Kabupaten Lampung Utara.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Lampung Utara saya mengucapkan selamat, semoga Askonas dapat memberikan peran aktif terhadap berbagai kegiatan pembangunan di Kabupaten Lampung Utara,” kata Sekda mewakili Bupati Lampura.

Selain itu, Sekda berharap Askonas dapat menjadi organisasi yang mandiri dalam mewujudkan pengusaha konstruksi yang profesional dan tangguh, serta dapat menjadi wadah bagi kontraktor dalam meningkatkan kualitas pembangunan di era digital,” ujarnya.

Sebab, sambung Sekda, membangun sebuah daerah tentu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, dibutuhkan proses panjang dan berkelanjutan, bahkan harus diuji dengan berbagai dinamika kehidupan.

“Dan perlu diketahui bersama, bahwasanya Pemerintah pusat bersama dengan Pemerintah Daerah terus bahu membahu melaksanakan percepatan pembangunan,” tambahnya.

Namun dengan adanya pandemi Covid-19 ini. maka fokus perhatian kita Iebih banyak terkonsentrasi untuk penanganan Covid-19, sehingga beberapa program pembangunan juga mengalami penundaan atau pergeseran, akibat dari keterbatasan anggaran yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Utara.

Baca juga : Yayasan Rumah Tahfizh Anwar saadah Adakan Program Hafizh Qur’an 

“Saya berharap, melalui momentum yang baik ini, kiranya ASKONAS Kabupaten Lampung Utara dapat mewujudkan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Lampung Utara. Kehadiran DPC ASKONAS juga memberikan ide serta masukan, dan bersinergi dalam mensukseskan pelaksanaan berbagai program Pemerintah demi kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat di bumi ragem tunas lampung,” tandasnya. (RKD/RO/Yudi )

Continue Reading

Headline

Bupati Lampung Utara Lantik Pengurus TP PKK

Published

on

Bupati Lampung Utara Lantik Pengurus TP PKK

RADARINDO.co.id – Lampura : Bupati Lampung Utara lantik pengurus Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Lampung Utara untuk Sisa Masa Bhakti 2019-2024.

Pelantikan yang berlangsung di Ruang Tapis, Pemkab Lampura, Kamis (25/2/2021), diawali dengan pelantikan jajaran dan pengurus TP PKK Lampura, dan dilanjutkan dengan pengukuhan Dekranasda Kabupaten setempat.

Usai dilantik, Ketua TP PKK sekaligus juga sebagai Ketua Dekranasda Kabupaten Lampura Hj. Nur Endah Sulastri SPd, MM, mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada para pengurus dan anggota pada periode sebelumnya.

Yang telah bekerja dengan sungguh-sungguh dan penuh dedikasi untuk kemajuan PKK dan Dekranasda Kabupaten Lampura.

Bupati Lampung Utara Lantik Pengurus TP PKK

Bupati Lampung Utara Lantik Pengurus TP PKK

Baca juga : Sabu Senilai 4 Milyar Berhasil Diamankan Sat Narkoba Polresta DS 

“Saya atas nama pribadi dan selaku Ketua Tim Penggerak PKK, yang sekaligus juga sebagai Ketua Dekranasda Kabupaten Lampung Utara pada kesempatan ini mengucapkan sekecil apapun usaha dan karya yang dihasilkan pengurus sebelumnya, mudah-mudahan memberikan manfaat yang maksimal untuk organisasi serta masyarakat,” kata Hj. Nur Endah saat memberikan sambutan.

Selanjutnya, Hj Nur Endah mengajak jajaran pengurus dan anggota TP PKK dan pengurus Dekranasda Kabupaten Lampura yang baru untuk meningkatkan motivasi kinerja dalam mendukung berbagai program pembangunan Pemerintah Daerah, khususnya pemberdayaan kesejahteraan keluarga.

“Saya berharap kita semua dapat lebih peka terhadap perubahan dan perkembangan zaman yang terus bergerak maju,” ujarnya.

Hj Nur Endah optimis, dengan dukungan dan kerja keras dari segenap jajaran yang siap mencurahkan pikiran dan tenaganya secara bersama-sama, maka berbagai tugas dan tantangan yang akan dijalani dan dihadapi mampu dilaksanakan dengan baik sesuai dengan rencana program dan kegiatan Pemkab Lampura.

“Sebagaimana pepatah berat sama dipikul ringan sama dijinjing. Dengan koordinasi, sinergi dan kerjasama yang baik, tentunya berbagai program kerja yang direncanakan akan dapat berjalan dengan baik dan sukses,” tambahnya.

Sebab, Hj Nur Endah menyadari bahwa sebagai mitra kerja Pemerintah Daerah, keberhasilan pelaksanaan dari berbagai program kesejahteraan keluarga akan sangat ditentukan dengan adanya keselerasan dalam pelaksanaan berbagai Progam dan kegiatan Pembangunan.

Baca juga : Yayasan Rumah Tahfizh Anwar Saadah Adakan Program Hafizh Qur’an

“Karena itu mohon kiranya kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Utara memberikan arahan dan pembinaan, sehingga kinerja TP PKK dan Dekranasda Lampung Utara semakin optimal dan tepat sasaran, untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat yang dimulai dari keluarga mendapatkan ridho dan barokah dari Allah SWT. Aamiin, ya Robbal ‘Alamin,” pungkasnya. (RKD/RO/Yudi)

Continue Reading

headline