Connect with us

Headline

Harimau Masuk Desa Meranti Warga Cemas Dimangsa

Published

on

19 views

RADARINDO.co.id – Toba : Seekor harimau Sumatra diduga berkeliaran di sekitar pemukiman warga dan memakan ternak milik warga di dusun Sigalapang, Desa Meranti Timur, Kecamatan Meranti Pohan, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara, Jum’at (15/01/2021).

Akibat harimau masuk desa warga merasakan kecemasan itu. Tidak hanya hewan ternak, manusia pun bisa jadi sasaran untuk dimangsa.

Peristiwa ini dibenarkan oleh Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah II Pematang Siantar, Seno Pramudita ketika dikonfirmasi MC Toba via seluler.

Kawasan hutan Sigalapang memang masuk wilayah kerja BKSDA Wilayah II Pematang Siantar. Mendapat laporan dari warga, pihaknya mengirim anggota sebanyak 2 orang untuk melakukan peninjauan bersama warga langsung ke TKP.

Diakuinya, kawasan hutan itu memang merupakan habitat Harimau Sumatra. Kejadian serupa sudah beberapa kali terjadi dan kepada warga sudah diberikan penyuluhan bagaimana cara untuk memininalisir resiko seperti mengandangkan ternak dengan posisi kandang lebih jauh dari rumah serta pembuatan pentungan untuk mengusir harimau kembali ke hutan.

Jika hasil pengecekan jejak mengarah ke Harimau Sumatra, pihaknya akan melakukan tindakan lanjutan berupa pemasangan camera trap untuk memastikan jenis hewan dimaksud dan mengintai pergerakannya.

Perangkap itu adalah alternatif terakhir. Karena hutan adalah rumahnya, papar Seno. (KRO/RD/wsp)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *