Connect with us

Headline

Pelihara Ikan Hias Solusi Hilangkan Kejenuhan

Published

on

4 views

RADARINDO.co.id – Medan: Kegiatan memiliki usaha ternak ikan hias menyimpan daya tarik sendiri. Usaha ini dapat dilakukan siapa saja, baik warga kota terlebih lebih di desa atau kampung.

Selama pandemi Covid-19, banyak hobi baru bermunculan di kalangan masyarakat Indonesia. Selain bersepeda dan mengoleksi tanaman hias, kini memelihara ikan hias juga menjadi tren.

Hal ini terbukti dengan meningkatnya penjualan ikan hias secara signifikan di berbagai toko ikan.

Alih-alih berdiam diri dan bosan, kegiatan positif ini diyakini dapat mengisi waktu luang di rumah. Cocok banget untuk dilakukan.

Menariknya lagi memelihara ikan hias juga memberikan manfaat untuk kesehatan mental.

Berikut ulasan selengkapnya dan manfaat pelihara ikan hias antara lain:

1. Mengurangi stres menjalani aktivitas sehari-hari. Seseorang mungkin tak pernah lepas dari rasa stres dan cemas, apalagi dalam situasi saat ini. Memelihara ikan hias bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Dilansir dari laman Petable, memelihara ikan telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan mental dan juga membantu mengurangi kecemasan. Melihat ikan yang berwarna-warni dapat memberikan efek positif seseorang jadi lebih relaks.

2. Meningkatan kualitas tidur
tidak sedikit orang yang sering mengalami kesulitan tidur di malam hari alias insomnia. Nah, jika anda sering mengalami insomnia, coba pelihara ikan di akuarium yang diletakkan dalam kamar. Suara aliran air yang lembut serta gerakan ikan di dalamnya dapat membuat anda lebih tenang.

3. Meningkatkan kesehatan jantung. Dikutip dari sumber yang sama, penelitian yang dilakukan oleh Universitas Plymouth, Inggris menyebutkan bahwa menonton ikan di akuarium dapat menyebabkan menurunkan tekanan darah dan detak jantung. Maka itu, jangan heran jika memiliki masalah kesehatan tersebut dan para ahli akan menyarankan untuk memelihara ikan.

4. Meningkatan fokus dan kreativitas. Akuarium ikan yang diletakkan dalam ruang kerja dipercaya dapat membantu meningkatkan fokus dan kreativitas, sekaligus memaksimalkan produktivitas. Dikutip dari laman ratemyfishtank.com, stimulasi visual dari akuarium yang aktif memiliki efek terapeutik, sehingga membuat otak fokus terhadap pemandangan tersebut dan membantu mengalihkan pikiran dari hal-hal yang membuat stres.

5. Menenangkan anak dengan gangguan hiperaktif dan pasien Alzheimer. Dalam suatu penelitian yang dilakukan Universitas Purdue, AS, keberadaan akuarium ikan di rumah dapat meningkatkan suasana nyaman, kewaspadaan, dan nafsu makan para pasien Alzheimer, serta mengurangi perilaku agresif anak-anak.

Hal ini juga juga dapat meningkatkan konsentrasi dan tidur. Namun perlu dicatat, seseorang bisa menjadi tenang, dan terhindar dari kejenuhan bukan karena ikan tapi karena yang menciptakan ikan yakni sang Maha Pencipta.(KRO/RD/ans)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *