Connect with us

Aceh Tamiang

Pengungsi Korban Aceh Tamiang Butuh Bantuan

Published

on

55 views

RADARINDO.co.id – Kuala Simpang : Ribuan jiwa warga terpaksa mengungsi akibat terjadi banjir di Kabupaten Aceh Tamiang, belum lama ini masih menyisahkan keprihatinan.

Mereka tidak hanya butuh tempat tinggal yang layak, tapi makanan dan obat obatan samgat dibutuhkan.

Sebelumnya, banjir di sejumlah kampung dari berbagai kecamatan di Kabupaten Aceh Tamiang, Kamis (21/1), air sungai Tamiang yang meluap sudah merendam ribuan rumah warga dan areal perkebunan atau pertanian milik masyarakat di Aceh Tamiang.

Air meluap di Kecamatan Rantau, air menggenangi rumah warga di Kampung Landuh, Benua Raja, Alur Manis, Kampung Durian. Ratusan rumah warga yang terendam banjir di Kampung Landuh.

Diantaranya di Dusun Garuda ada 175 rumah, Dusun Merpati Putih 18 rumah, Dusun Rajawali 25 rumah dan Dusun Merak Jingga 39 rumah yang terendam banjir.

Hal itu diakui Datok Penghulu Kampung Landuh, Kecamatan Rantau,Wan Aulia ketika dikonfirmasi Waspada, Kamis (21/1) siang di lokasi banjir.

Datok Penghulu Kampung Landuh itu juga merincikan di Dusun Garuda ada 185 KK atau 350 jiwa, Dusun Merapati Putih 18 KK atau 76 jiwa, Dusun Rajawali 25 KK atau 60 jiwa dan Dusun Merak Jingga 42 KK atau 156 jiwa.

Banjir juga sangat parah merendam Kampung Kota Lintang, Kecamatan Kota Kualasimpang, juga di Kecamatan Kejuruan Muda, Karang Baru, Bendahara dan sejumlah kecamatan lainnya.
Tercatat 10 kecamatan yang terendam banjir, sedangkan Kecamatan Banda Mulia dan Manyak Payed belum ada informasi.

Seperti disebutkan Ka. Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Tamiang, Syahri, SP, Kamis (21/1).

“Adapun sejumlah kampung (desa) yang terendam banjir terjadi di Kecamatan Bandar Pusaka, Sekerak, Tamiang Hulu, Tenggulun, Kejuruan Muda, Kota Kualasimpang, Rantau, Karang Baru, Bendahara, dan Seruway. Untuk Kecamatan Manyak Payed dan Banda Mulia, belum ada informasi dan datanya,” ungkap Syahri.

Syahri menyebutkan, di Kecamatan Bandar Pusaka banjir merendam Kampung Babo, Pengidam, Pantai Cempa, Serbadan Bengklang.
Di Kecamatan Sekerak banjir menggenangi Kampung Baling Karang, Juar.

Di Kecamatan Tamiang Hulu juga terjadi banjir di Kampung Kaloy, sedangkan di Kecamatan Tenggulun terjadi banjir di Simpang Kiri, di Kecamatan Kejuruan Muda banjir menggenangi Kampung Bukit Rata dan Suka Makmur.

Selain itu, di Kecamatan Kota Kualasimpang terjadi banjir di Kampung Kota Lintang bagian bawah, untuk Kecamatan Rantau terjadi banjir di kampung Landuh, Benua Raja, Durian, Alur Manis, di Kecamatan Karang Baru terjadi banjir di Kampung Suka Jadi, Tanjung Karang, Menanggini, Dalam, Medang Ara, Air Tenang, Tanjung Seumantok, Simpang Empat, Bundar.

Syahri juga merincikan di Kecamatan Bendahara terjadi banjir di Kampung Rantau Pakam, Teluk Halban, Teluk Kepayang. Sedangkan di Kecamatan Seruway banjir melanda Kampung Padang Langgis, Muka Sei Kuruk, Tangsi Lama dan Gelung.
Menurut Syahri, jumlah warga yang terkena banjir tetapi tidak mengungsi di Aceh Tamiang sebanyak 2.495 KK atau 9.191 jiwa.Sedangkan warga yang mengungsi sebanyak 1.106 KK atau 4.003 jiwa.

Bantuan sembako untuk warga korban banjir sedang kami distribusikan bersama Dinas Sosial Kabupaten Aceh Tamiang, ujar Syahri.

Amrizal salah seorang warga Aceh Tamiang mengaku prihatin korban banjir. Untuk itu, ia menghimbau agar pemerintah maupun dermawan agar terketuk hatinya memberikan bantuan kemanusiaan sesama untuk korban banjir di Aceh Tamiang. (KRO/RD/wsp)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *