Connect with us

Headline

Jepang Diguncang Gempa, Ratusan Luka

Published

on

22 views

RADARINDO.co.id – Jepang : Gempa bumi berkekuatan 7,3 magnitudo mengguncang prefektur Fukushima, Jepang pada, Sabtu (13/2/2021) pukul 23:08 waktu setempat. Pusat gempa berada di kedalaman 60 kilometer lepas pantai Fukushima.

Gempa memicu tanah longsor dan membuat 100 orang luka-luka. Bencana ini juga membuat operasional kereta api terhenti, dan aliran listrik terputus ke ribuan warga.

Melansir Associated Press (AP), Minggu (14/2/2021) Selain melanda Fukushima, gempa kali ini juga mengguncang melanda daerah rawan gempa prefektur Miyagi.

Hampir 10 tahun lalu kawasan itu juga diguncang gempa kuat yang memicu tsunami, dan menghancurkan tiga reaktor Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima Daiichi.

Tokyo Electric Power Co (Tepco) yang mengoperasikan PLTN Fukushima Daiichi mengatakan, air pendingin bahan bakar di dekat reaktor tumpah karena guncangan, tetapi tidak ada kebocoran radiasi atau kerusakan lainnya. Tv nasional Jepang NHK melaporkan, sekitar 100 orang luka-luka.

Sebagian besar terluka karena terkilir saat jatuh di tangga dan tergores pecahan kaca. Sejauh ini tidak ada laporan korban luka berat atau meninggal dunia. Juga tidak ada laporan tentang kerusakan parah, tetapi berita lokal menayangkan foto-foto tanah longsor di jalan raya.

Gempa Jepang ini tidak menyebabkan tsunami, dan listrik sudah menyala kembali pada Minggu pagi (14/2/2021). Meski begitu, beberapa layanan kereta peluru masih dihentikan.

Yasutoshi Nishimura menteri yang membidangi kebijakan ekonomi dan fiskal, menyampaikan simpati kepada para korban. “Pemerintah akan terus melakukan yang terbaik untuk merespons,” katanya dikutip dari AP.

Beberapa rumah melaporkan mengalami kesulitan mendapat pasokan air. Japan Times mewartakan, pusat gempa berada di kedalaman 60 kilometer lepas pantai Prefektur Fukushima, pada pukul 23.08 waktu setempat.
Surat kabar New York Times melaporkan, pusat gempa berada dekat lokasi gempa dan tsunami dahsyat hampir 10 tahun lalu yang meruntuhkan 3 reaktor nuklir.

Bencana alam itu dikenal dengan nama Gempa Tohoku dan menewaskan 18.000 orang. Badan meteorologi Jepang mengatakan, gempa kali ini adalah lanjutan dari gempa 2011. (KRO/RD/wsp)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Musrembang Resmi Dibuka Oleh Plh Bupati Samosir dan Diwakili Kepala Bappeda Rudi SM Siahaan

Published

on

Musrembang dibuka Secara Resmi Oleh Plh Bupati Samosir yang Diwakili Kepala Bappeda Rudi SM Siahaan

RADARINDO.co.id – Samosir : Musrembang dibuka Secara Resmi Oleh Plh Bupati Samosir yang Diwakili Kepala Bappeda Rudi SM Siahaan

Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Badan Perencanan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) tingkat Kecamatan Sitio-tio, Kab.Samosir, bertempat di Aulah Kantor Camat Sitio-tio, Desa Sabulan, Kecamatam Sitio tio, Senin (01/03/2021).

Dalam kegiatan dihadiri Wakil Ketua DPRD Samosir Pantas Marroha Sinaga, unsur Muspika, pimpinan OPD, Camat Sitio-tio, Kepala Desa, Ketua BPD se Kecamatan Sitiotio, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama,LSM dan Insan Pers.

Camat Sitiotio Rohabinsar Sitanggang menjelaskan, penyelenggaraan Musrembang Kecamatan Sitiotio merupakan hasil rembuk desa untuk usulan pembangunan di tahun 2022, yang terdiri dari 8 Desa Buntu Mauli, Desa Persaoran, Desa Janji Raja, Desa Sabulan, Desa Janji Maria, Desa Holbung, Desa Tamba Dolok dan Desa Cinta Maju.

Camat Sitiotio mengaharapkan agar Pemerintah Kabupaten Samosir menempatkan PNS di kantor Kesamatan Sitiotio untuk mengisi beberapa jabatan yang masih kosong sebagai optimalisasi pelayanan kepada masyarakat.

Baca juga : Lantik Para Kapolda Baru, Kapolri Ingatkan PPKM

Wakil Ketua DPRD Samosir Pantas Maroha Sinaga yang juga berasal Musrembang ini dapat menjadi acuan intuk pembangunan Kecamatan Sitiotio yang mempunuai tujuan yang superprioritas dan kedepannya mampu bersinergi dengan SKPD lainnya untuk pembangunan di Kecatan Sitiotio.
DPRD Samosir akan mendukung usulan-usulan masyarakat yang sangat prioritas untuk pembangunan di Kecamatan Sitiotio.

Plh Bupati Samosir dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Bappeda menyampaikan bahwa Musrembang kecamatan merupakan sarana untuk menjaring sapirasi mayarakat di tingkat kecamatan dalam perencanaan pembangunam Kabupaten Samosi di Tahun 2022, Kabupaten Samosir di Tahun 2022, dan bentuk komitmen bersama diatara para pemangku kepentingan dalm pencapaian Pembangunan yang berkualitas efektif, efesien, trasnparan dan akuntabel.

Denagan berpedoman pada arah pembangunan dalam Rencana Pembangunan Jangka Pamjang Daerah Kabupaten Samosir tahun 2005-2025 maka TKPD kabupaten Samosir Tahun 2022 mengambil tema “Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia dan Percepatan Pemulihan Perekonomian Masyarakat”, oleh karena itu penyusunan RKPD Tahun 2020 harus lebih cermat dan terintegeratif serta mampu menjawab permasalahan isu-isu sumber daya manusia dan permasalahan perekomomian yang saat ini ada di Kabupaten Samosir.

Berdasarkan permasalahan-permasalahan umum yang dihadapi di Kabupaten Samosir atau yang biasa disebut isu strategis maka ditetapkan 6 (enam) prioritas pembangunan Samosir dalam rancangan awal RKPD Tahun 2022 sebagai berikut, (1) peningkatan kualitas pendidikan,kesehatan dan penurunan angka kemiskinan, (2) Pencegahan, penanganan dan penanggulangan wabah penyakit dan bencana,(3) pelaksanaan repormasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik, (4) pemulihan ekonomi kerakyatan melalui kearifan lokal dan inovasi daerah, (5) pengelolaan industri pariwisata yang bekelanjutan dan (6) peningkatan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana piblik untuk mendukung perekonomian masyarakat di kawasan KSPN Danau Toba.

Baca juga : Gunung Semeru Semburkan Awan Panas Pertanda Apa? 

Kepala Bappeda Kabupaten Samosir Rudi Siahaan dalam paparannya menyampaikan bahwa usulan-usulan pembanhunan di Kabupaten Samosir sangat banyak, tetapi karena keterbatasan anggaran maka dilakukan musrembang untuk menemtukan skala prioritas dalam mewujudkan pembangunan di Kabupaten Samosir.

Dalam sesi diskusi peserta musrembang memberikan usulan-usulan dan memperjelas program dan kegiatan yang diusulkan dari musywarah desa untuk menjadi prioritas pelaksanaan di Kabupaten Samosir. Ada 24 daftar usulan Desa se-Kecamatan Sitiotio yang sumber dananya dari APBD/APBD Provinsi yang selanjudnya akan dinawa dalam Musrembang RKPD Kabupaten Samosir Tahun 2022.

Acara diakhiri dengan penandatanganan berita acara kesepakatan hasil musrembang kecamatan yang dilakukan oleh perwakilan delapan kepala desa se-Kecamatan Sitiotio, hasil kesepakatan tersebut ditandatangani Camat Sitiotio Rohabinsar Sitanggang dan diserahkan kepada Kepala Bappeda Ridi S. M Siahaan sebagai bahan pemnahasan di tingkat Kabupaten. (KRO/RD/P Simbolon)

Continue Reading

Headline

Diduga Kasus Suap, Dua Pejabat DJP Dicekal Keluar Negeri

Published

on

Diduga Kasus Suap, Dua Pejabat DJP Dicekal Keluar Negeri

RADARINDO.co.id – Jakarta : Diduga Kasus Suap, Dua Pejabat DJP Dicekal Keluar Negeri

Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mencegah dua pejabat Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bepergian ke luar negeri. Keduanya dicegah atas dugaan kasus korupsi atau suap.

Pencekalan itu disampaikan Kepala Bagian Humas Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Ditjen Imigrasi Kemenkum HAM) Arya Pradhana Anggakara, menyampaikan, “Pencegahan dilakukan sejak 8 Februari 2021. Atas permintaan KPK,” terangnya, Kamis (4/3/2021).

Baca juga : Hanya Rp11 Miliar, DPRD Prihatin Penyertaan Modal PDAM Tirtanadi 

Ada dua orang yang dicekal. Namun, identitas dua orang itu belum disebutkan secara detail. Yang pasti, mereka adalah aparatur sipil negara (ASN) yang bertugas di Ditjen Pajak Kemenkeu. Arya hanya bersedia menyebut inisial dua orang itu. Yakni, APA dan DR.

Selain dua ASN tersebut, Ditjen Imigrasi Kemenkumham mencegah empat orang lainnya bepergian ke luar negeri atas permintaan KPK. “Empat orang lainnya adalah RAR, AIM, VL, dan AS,” imbuhnya. Dengan demikian, total ada enam orang yang dicekal. Masa pencegahan itu berlaku sampai 5 Agustus tahun ini.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati telah mengumumkan membebastugaskan pegawai DJP yang terlibat dugaan suap. Setelah pengumuman itu, nama Direktur Ekstensifikasi dan Penilaian DJP Angin Prayitno Aji hilang dari situs resmi DJP.

Dikutip dari laman elhkpn.kpk.go.id, Angin terakhir melaporkan harta kekayaan pada Februari 2020 untuk tahun pelaporan 2019. Pria 59 tahun itu diketahui memiliki harta sebanyak Rp 18,62 miliar. Terdiri atas tanah dan bangunan, alat transportasi dan mesin, serta harta bergerak lainnya.

Perinciannya, tiga bidang tanah dan bangunan yang tersebar di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan senilai Rp 14,9 miliar. Selain itu, dia tercatat memiliki tiga mobil. Yakni, Volkswagen Golf, Honda Freed, dan Chevrolet Captiva Jeep. Kemudian, harta bergerak lainnya senilai Rp 1,09 miliar.

Angin juga diketahui memiliki kas dan setara kas sejumlah Rp 2,2 miliar dan harta lainnya sejumlah Rp 23,3 juta. Dia diketahui merupakan pejabat karier di DJP.

Sebelum menjabat direktur ekstensifikasi dan penilaian, Angin pernah menduduki sejumlah jabatan strategis di DJP. Di antaranya, kepala Kanwil DJP Jawa Barat II pada 2014 dan kepala Kantor Wilayah DJP Jakarta Pusat pada 2016. Kemudian berlanjut menjabat direktur pemeriksaan dan penagihan DJP sejak Mei 2016.

Dia diketahui merupakan lulusan sarjana ekonomi jurusan perusahaan dari Universitas Krisnadwipayana, Jakarta, pada 1988. Angin juga memiliki gelar master of arts in economic dari Concordia University, Kanada, pada 1996. Pada 2006, dia menyelesaikan program S-3 manajemen bisnis di Universitas Padjadjaran, Bandung.

Namun, hingga kemarin, KPK belum bersedia menyebutkan apakah inisial APA yang dicekal adalah Angin. Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menyatakan penyidikan sedang berjalan. KPK akan mengumumkan para tersangka saat mereka ditetapkan sebagai tahanan oleh penyidik.

Menurut Alex, sapaan akrab Alexander Marwata, pihaknya bukan tidak ingin menyampaikan kasus tersebut secara lebih gamblang. Dia beralasan menunggu penyidik melaksanakan tugas.

“Pada waktunya KPK pasti mengumumkan kasus tersebut kepada masyarakat. Saat ini, pimpinan KPK tidak ingin mengganggu kerja-kerja yang tengah dilaksanakan penyidik. “Supaya teman-teman penyidik tidak terganggu dengan kegiatan pemeriksaan dan pencarian barang bukti,” terang dia.

Baca juga : Gunung Semeru Semburkan Awan Panas Pertanda Apa? 

Pria berlatar belakang hakim ad hoc itu pun mengingatkan kembali seluruh wajib pajak. Alex meminta mereka tidak berbuat curang. Apalagi sampai melakukan suap. Sebab, penegak hukum, termasuk KPK, sudah pasti akan bergerak menindak mereka.

Dia mengimbau semua wajib pajak patuh, “Jangan sampai, kata Alex, wajib pajak melakukan suap karena ingin membayar pajak lebih rendah daripada kewajiban. ”Bayarlah pajak sesuai ketentuan,” tegasnya. (KRO/RD/ProKaltim)

Continue Reading

Ekonomi

Hanya Rp11 Miliar, DPRD Prihatin Penyertaan Modal PDAM Tirtanadi

Published

on

Hanya Rp11 Miliar, DPRD Prihatin Penyertaan Modal PDAM Tirtanadi

RADARINDO.co.id – Medan : Hanya Rp11 Miliar, DPRD Prihatin Penyertaan Modal PDAM Tirtanadi

Ketua Komisi C DPRD Sumut Benny Sihotang prihatin dengan kucuran penyertaan modal yang diberikan Pemprovsu kepada PDAM tahun 2021 hanya Rp 11 miliar. Sulit bagi perusahaan untuk melakukan ekspansi usaha di bidang penyediaan air bersih.

Benny mengatakan,“Sulit membayangkan bagaimana mau ekspansi usaha dengan modal Rp 11 milar, apalagi untuk membangun jaringan air,” ucapnya. Dilansir Waspada, Selasa (2/32021).

Baca juga : Wali Kota Medan Temui Fasilitas Tidak Berfungsi Saat Sidak ke RS Pringadi 

Politisi Gerindra ini merespon rendahnya penyertaan modal Pemprovsu tahun 2021 kepada BUMD itu, dan terkait hasil resesnya di seluruh kecamatan di Dapil Medan B, yang mengeluhkan sulitnya memperoleh air bersih.

Menurut Benny, sebagian besar warga di Medan Petisah, yang jadi lokasi resesnya berulangkali menyampaikan ingin memasang saluran penyambungan air baru, namun terpaksa ditolak harus membuka jaringan baru.

“Jaringan yang dimiliki PDAM sudah berusia puluhan tahun dan bekas peninggalan Belanda untuk membuat jaringan baru dibutuhkan investasi yang sangat besar,” ujar Benny.

Hal ini pun sudah disampaikan Benny dalam rapat dengar pendapat bersama PDAM dipimpin langsung Dirut Kabir Bedi dan jajarannya.

Kendati demikian, Benny berharap PDAM tetap memprioritaskan penggunaan anggaran agar sesuai dengan penyertaan modal yang diberikan Pemprovsu.
Meningkat

Di tahun 2022 mendatang, Benny memprediksi pengguna air bersih diperkirakan meningkat, karena PDAM tidak hanya melayani masyarakat Kota Medan, tetapi juga di sejumlah kabupaten/kota.

Walau dana ini belum memadai untuk perusahaan sebesar PDAM, anggaran tersebut setidaknya dapat memenuhi keinginan masyarakat untuk memasang jaringan pipa baru.

Baca juga : Gunung Semeru Semburkan Awan Panas Pertanda Apa? 

Pada APBD 2021, Pemprovsu mengucurkan total penyertaan modal sebesar Rp 207 miliar yang disalurkan kepada PDAM Tirtanadi Rp 11 M, PT Bank Sumut Rp 100 miliar, PT Perkebunan Rp 80 miliar, PT Dhirga Suya Rp 10 miliar, dan PT AIJ Rp 6 miliar.

Adapun untuk PT Perkebunan sebesar Rp 80 miliar, dana tersebut diharapkan beberapa tahun ke depan dapat menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD). “Terhadap adanya pembiaran pengelolaan kebun seperti di Tanjung Kasau, dan lain-lain, kita berharap penegak hukum mengusut manejemen yang lama,” katanya. (KRO/RD/wsp)

Continue Reading

headline