Connect with us

Headline

Pemko Tebing Tinggi Raih Predikat Baik Dalam Rapat Koordinasi dan Supervisi KPK Di Medan

Published

on

50 views
Pemko Tebing Tinggi Raih Predikat Baik Dalam Rapat Koordinasi dan Supervisi KPK Di Medan

RADARINDO.co.id – Tebing Tinggi : Sejumlah pejabat Pemko Tebing Tinggi mendampingi Walikota Ir H Umar Hasibuan MM, diantaranya, Kadis Kesehatan dr. Nanang Fitra Aulia, Kadis Capil M.Fahri, Kepala BKD Saiful Fahri, Kepala BPKPAD Jefri Sembiring, Kadis Pendidikan Idham Khalid, Kadis DPMPST Surya Darma dan Kadis Kominfo menghadiri Rapat Koordinasi Pencegahan Korupsi Dalam Pelayanan Publik yang diadakan di Aula Tengku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara Jl. Jend. Sudirman No. 41 Medan, Jumat (19/2/2021).

Baca Juga : Polda Sumut Ungkap Kasus Perdagangan Bayi di Medan, Dijual Rp 28 Juta

Kepala Ombudsman RI perwakilan Sumatera Utara Abyadi Siregar dalam sambutannya mengatakan agar setiap pemerintah Kabupaten/Kota dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik yang Prima, Cepat, Profesional dan Berkeadilan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara memenuhi standar pelayanan publik sesuai dengan pasal 21 UU No. 25 Tahun 2009. Pemerintah kabupaten/Kota beserta OPD harus dapat meningkatkan ruang lingkup pelayanan publik yang terdiri dari ruang lingkup pelayanan administrasi, pelayanan barang dan pelayanan jasa.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menekankan pentingnya pelayanan publik yang prima bagi semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut dan Pemerintah Kabupaten/Kota. Pelayanan publik yang prima merupakan bentuk hadirnya pemerintah di tengah-tengah masyarakat.

Sementara itu, Direktur koordinasi dan supervisi (Korsup) I KPK RI Didik Agung Widjanarko mengatakan untuk mencapai layanan publik yang prima, pelayan publik harus sadar dan selalu diawasi. Dengan begitu pejabat pelayan publik tidak mendekati hal-hal yang berbau korupsi.

Selain itu, beliau juga mengingatkan dampaknya ketika seorang pejabat terjerat kasus korupsi. Selama tahun 2020 KPK telah menindak 19 eselon I,Ii dan III, 21 Anggota DPR dan DPRD, 4 Kepala Kementerian/Lembaga, 31 Swasta, 3 Politikus, 12 BUMN, dan 10 Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah.

Baca Juga : Komunitas di Medan Aksi Bersih Sungai, Terkumpul 1 Ton Sampah

Berdasarkan presentasi Direktur Korsup KPK RI bahwa hasil penilaian oleh KPK, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Monitoring Control for Prevention (MCP) Tahun 2020 bahwa Pemerintah Kota Tebing Tinggi mendapatkan nilai 100 poin untuk PTSP dengan predikat sangat baik dan nilai 90,83 poin untuk MCP dengan predikat baik.

“Dengan rapat koordinasi ini sinergitas antara KPK, Ombudsman dan Pemerintah Kabupaten/Kota se sumut dapat semakin baik dalam pelayanan publik dan pencegahan tindakan korupsi”, tutup Agung Widjanarko.

Turut hadir pada acara ini Kasatgas Korsup KPK RI Wilayah I Maruli Tua Manurung, Wakil Ketua DPRD Sumut Harun Mustafa, Sekdaprov Sumut R Sabrina, Walikota Tebingtinggi Ir.H. Umar Zunaidi Hasibuan MM, Walikota Pematangsiantar Hefriansyah Noor, Bupati Kabupaten Karo Terkelin Brahmana, Bupati Deliserdang Ashari Tambunan, dan Bupati Langkat Syah Affandin, serta OPD terkait. Sedangkan kepala daerah lainnya hadir secara virtual. (KRO/RD/TT/IY)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Pegawai dan Warga Binaan Rutan Kelas IIB Tarutung Tes Urine Narkoba di Hari Pertama Tahun 2021

Published

on

RADARINDO.co.id – Taput : Pegawai dan Warga Binaan Rutan Kelas IIB Tarutung Tes Urine Narkoba di Hari Pertama Tahun 2021

Rutan Kelas IIB Tarutung untuk pertamakalinya di Tahun 2021 kembali menggelar pemeriksaan tes urine narkoba bagi seluruh pegawai dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Kamis (25/02/2021).

Kegiatan tersebut bertujuan mencegah peredaran narkotika di lingkungan Rutan kelas IIB Tarutung. Pelaksanan Tes Urine dilaksanakan oleh seluruh pegawai Rutan dengan jumlah 34 orang dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) 15 orang, serta 1 orang Dokter RSU Tarutung sebagai pemeriksa.

Baca juga : Kasus Nakes Pria Mandikan Jasad Wanita Covid Dihentikan

Dalam arahannya kepada pegawai dan para WBP, Kepala Rutan Leonard Silalahi mengatakan, “Saya percaya, dari seluruh pegawai kita, kesemuanya bersih dari penyalahgunaan narkoba. Jadi, jangan takut kalau dilakukan pemeriksaan tes urine narkoba”, terang Leonar Silalahi.

Pegawai dan Warga Binaan Rutan Kelas IIB Tarutung Tes Urine Narkoba di Hari Pertama Tahun 2021

Pegawai dan Warga Binaan Rutan Kelas IIB Tarutung Tes Urine Narkoba di Hari Pertama Tahun 2021

“Berdasarkan hasil tes urine, tidak ada pegawai maupun WBP yang hasil tesnya positif. Ia juga menegaskan bahwa tes urine sudah dilaksanakan rutin setiap tahun di Rutan Tarutung untuk mencegah peredaran narkotika di dalam Rutan.

Baca juga : Yayasan Rumah Tahfizh Anwar saadah Adakan Program Hafizh Qur’an 

Sebelum dilakukannya Tes Urine, seluruh pegawai melanjukan Apel Pagi Pegawai. Pada apel kali ini dilakukan juga pemeriksaan atribut pakaian dinas kepada seluruh pegawai Rutan Tarutung.

Hal ini dilakukan dalam rangka penegakan disiplin pegawai dalam bekerja serta menggunakan atribut dan pakaian dinas harian mematuhi aturan yang berlaku sesuai dengan amanah Menteri Hukum dan HAM RI, tutur Kepala Rutan kelas IIB. (KRO/RD/Reno. H)

Continue Reading

Headline

Tanpa Dukungan Pemerintah, PP PTMSI Utus Atlet Tenis Meja Ikuti Ajang Kejuaraan Dunia 

Published

on

Tanpa Dukungan Pemerintah, PP PTMSI Utus Atlet Tenis Meja Ikuti Ajang Kejuaraan Dunia

RADARINDO.co.id-Jakarta : Tanpa dukungan pemerintah, PP PTMSI utus atlit tenis meja ikuti ajang kejuaraan dunia. Sebelumnya, Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PP PTMSI), Komjen Pol (Purn) Drs Oegroseno SH melepas keberangkatan 2 atlet Putra dan 1 atlet Putri untuk mengikuti ajang kejuaraan tenis meja tingkat dunia yang digelar di Doha, Qatar.

Keberangkatan atlet tenis meja berprestasi yang dipimpin oleh Manager Tim PP PTMSI, Ersan Sutanto oleh mantan Wakapolri Oegroseno ini, yang mewakili Indonesia ini dalam rangka mengikuti kejuaraan Word Table Tennis (WTT) 2021 Doha.

“Atlet tenis meja kita yang paling berprestasi ini juga akan mengikuti Traning Camp di Doha, dan akan mengikuti ajang kualifikasi Olimpiade, yang akan digelar 28 Februari hingga 21 Maret 2021 mendatang,” ujar Oegroseno, Kamis (25/2/2021).

Baca juga : Terungkap, Stafsus Edhy Prabowo Beberkan Penyerahan Suap 

Atlet yang dikirim mewakili Indonesia dalam ajang kejuaran dunia tenis meja itu adalah Rafanael Nikola Niman, Deepash Anil Baghwani, Syahrizal Nauval Akbar Mamonto dan Siti Aminah. Deepash Anil Baghwani terbang langsung dari India menuju Doha.

“Untuk atlet tenis meja Rafanael Nikola Niman, Syahrizal Nauval Akbar Mamonto dan Siti Aminah, sudah kita berangkatkan dari Bandara Internasional Soekarno – Hatta (Soetta) di Tangerang, Banten,” jelas Oegroseno.

Menurut mantan Kapolda Sumut ini, para atlet tenis meja berprestasi ini, nantinya akan mengikuti kualifikasi Olimpiade di Doha.

Kompetisi tenis meja dunia ini akan mempertandingkan nomor tunggal putra, tunggal putri dan ganda campuran.

“Dalam ajang kualifikasi Olimpiade di Doha ini, PP PTMSI mempunyai target agar dapat lolos dan mendapatkan tiket untuk mengikuti Olimpiade 2021 di Tokyo, Japan. Kita optimistis, atlet – atlet kita ini dapat lolos dalam ajang tersebut,” kata Oegroseno.

Baca juga : Geger, Penemuan Bayi Perempuan Dalam Kantong Plastik 

Menurut mantan Kabaharkam dan Kalemdik Polri ini, seluruh atlet yang diutus tersebut, sudah menjalani pelatihan keras jauh hari sebelum dipilih mewakili Indonesia.

Untuk atlet Rafanael Nikola Niman, Syahrizal Nauval Akbar Mamonto dan Siti Aminah, sudah mengikuti pelatikan di PTM Sukun Kudus.

Untuk atlet Deepash Anil Baghwani melaksanakan training camp di India. Seluruh atlet yang didampingi manager, akan tiba di Bandara Al Hamad Internasional di Doha, Qatar.

Dari sebelum diberangkatkan, seluruh atlet utusan ini juga melalui swab tes PCR sebagai prosedur yang diterapkan dalam penerbangan, termasuk standar Pemerintah Qatar, imbuhnya.

Baca juga : Yayasan Rumah Tahfizh Anwar Saadah Adakan program Hafizh Qur’an 

Oegroseno mengungkapkan, dari sejak pemusatan pelatihan di PTM Sukun Kudus, training camp di India, dan untuk mengikuti kualifikasi di Doha, termasuk biaya transportasi darat maupun penerbangan untuk seluruh atlet maupun manager, anggarannya dikeluarkan oleh PP PTMSI.

“PP PTMSI mengeluarkan anggaran secara swadaya sekitar Rp750 juta. Seluruh dana yang dikeluarkan ini termasuk biaya tes swab PCR. Kita tanggung semua biaya operasional seluruh atlet untuk mengikuti ajang kejuaraan dunia, termasuk pemberian uang saku para atlet demi mengharumkan bangsa Indonesia,” sebutnya.

Sejumlah masyarakat memberi apresiasi dan dukungan kepada pengurus PP PTMSI yang telah memberangkatkan 2 atlet putra dan 1 atlet putri dalam kejuaraan tenis meja tingkat dunia di Doha, Qatar. (KRO/RD/AS)

Continue Reading

Headline

Kecamatan Pangururan Menyelenggarakan Musrembang

Published

on

Kecamatan Pangururan Menyelenggarakan Musembang

RADARINDO.co.id-Samosir : Kecamatan Pangururan, Kabupten Samosir menyelenggarakan musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Kecamatan Pangururan di Aula Hotel Grend Dainang, Senin (22/02).

Camat Pangururan Dalam laporannya Bresman Simbolon, SPd menyampaikan bahwa Kecamatan Pangururan terdiri dari 25 Desa dan 3 Kelurahan dengan segala usulanyang sudah dibahas dalam musrembang desa/kelurahan untuk diserahkan kepada Kabupaten.

Anggota DPRD Kabupaten Samosir Komisi I Polten Simbolon dalam sambutanya menyampaikan bahwa musrembang ini merupakan diskusi bersama dalam menentukan skala prioritas pembangunan yang telah diusulkan untuk di tuangkan dalam RKPD tahun 2022.

Baca juga : Seorang Wanita Punya Suami 5 Orang Jatah Ranjang Gantian Tapi Tetap Kebagian

Anggota DPRD Samosir sudah melakukan rapat reses di dua kecamatan,dari rapat reses tersebut nanti akan dibahas pada rapat paripurna agar dapat segera di realisasikan secapatnya.

Diakhir sambutanya Anggota DPRD menyampaikan bahwa dalam musyawarah ini diharapkan agar batul-betul menyampaikan segala usul usulan yang lebih prioritas mengingat dimasa pandemi covid-19 banyak anggaran yang terserap untuk penanganan covid-19.

Plh. Bupati Samosir yang diwakili oleh Asisten II Saul Situmorang dalam sambutannya menympaikan segala usulan yang telah disampaikan akan dituangkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022.

Namun secara umum usulan tersebut tidak seluruhnya akan terlaksana mengingat dengan keterbatasan anggaran Kabupaten Samosir.

Pemerintah daerah akan memilih skala super prioritas dari setiap usulan dengan tepat sasaran untuk meningkatkan kesejaterahan masyarakat.

Dengan keterbatasan anggaran yang ada, Pemeritah Kabupaten Samosir akan terus melakukan pendekatan dan komunikasi dengan pemerintah pusat untuk mengambil dana pembangunan dari pusat.

Rapat musyawarah ini merupakan wadah segala usulan dengan skala prioritas dimana usulan tersebut dapat memenuhi kebutuhan masyarakat,oleh karena itu diperlukan peran bersama dalam membangun samosir sejahtera di masa pandemi Covid-19.

Baca juga : Sabu Senilai 4 Milyar Berhasil Diamankan Sat Narkoba Polresta DS 

Kepala Bappeda Kabupaten Samosir Rudi Siahaan dalam paparannya menyampaikan ada enam skala prioritas menurut isu strategis antara lain Peningkatan kualitas Pendidikan, Kesehatan dan Penurunan Angka Kemiskinan, Pencegahan, Penanganan.

Penanggulangan Wabah Penyakit dan Bencana, Pelaksanaan Reformasi, Birokrat dan Tata kelola Pemerintah Berbasis Elektronik, Pemulihan Ekomomi Kerakyatan melalui Kearipan lokal dan Inopasi Daerah, Pengelolaan Industri Pariwisata yang bekelanjutan, Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Sarana dan Prasarana Publik untuk mendukung Perekonomian Masyarakata serta KSPN Danau Toba.

Selanjudnya disampaikan bahwa segala usulan rencana pembangunan sudah di masukan ke aplikasi SIPD dan setiap perangkat daerah dalam memyusun anggaran tahun 2022 akan menyesuaikan dengan usulan musrembang.

Baca juga : Yayasan Rumah Tahfizh Anwar Saadah Adakan Program Tahfizh Qur’an 

Acara dilanjudkan dengan penandatanganan berita acara hasil keseoakatan musrembang Kecamatan Pangururan yang kemudian diserahkan kepada Bupati Samosir melalui Kepala Bappeda.

Turut hadir Pimpinan OPD, Uspida Kevamatan Pangururan, Kepala Desa sa-Kecamatan Pangururan, BPD se-Kecamatan Pangururan, tokoh masyarakat. (KRO/RD/P.Simbolon)

Continue Reading

headline