Connect with us

BUMN

PT WIKA (Persero) Tbk. Serahkan CSR di Kabupaten Samosir Dalam Rangka Peringatan Ulang Tahun Ke-61

Published

on

82 views
PT WIKA (Persero) Tbk. Serahkan CSR di Kabupaten Samosir Dalam Rangka Peringatan Ulang Tahun Ke-61

RADARINDO.co.id – Samosir : PT Wika (persero) Tbk. serahkan (Corpiate Sosial Responsibility) CSR di Kabupaten Samosir dalam rangka peringatan ulang tahun ke-61 di Aula Kantor Bupati Samosir, Kamis (25/2/2021) dengan tema “Wika Indonesia.”

Kegiatan ini dalam bentuk pembagian sembako, beautifikasi fasilitas umum, dan pembuatan kran air yang dilaksanakan secara simbolis di Pangururan, Kabupaten Samosir.

Dalam laporan, Kepala Seksi Keuangan PT WIKA ( persero) Tbk. Ryan Deksa Antony menyampaikan bahwa PT WIKA (Persero) Tbk telah melaksanakan kegiatan WIKA Mengajar bekerja sama dengan SMP Negeri 2 Pangururan melalui pembelajaran Dalam Jaringan (Daring), membangun beautifikasi fasilitas umum dengan 25 tong sampah di sejumlah titik di Kabupaten Samosir dan 2 wastafel untuk dipasang di tempat-tempat pariwisata melalui kordinasi dengan Dinas Lingkungan Samosir.

Baca juga : Pimpinan PT KEI Diperiksa Polresta DS Terkait Penggunaan Kawasan Hutan Tanpa Hak 

Terkait pemberian 100 sembako kepada penerima, sambung Ryan, PT WIKA (persero) Tbk, di seluruh Indonesia menyerahkan bantuan 6.100 proyek dengan jumlah 100 paket sembako.

Manajer PT WIKA (Persero) Tbk. Risuan Yan Tanzill menyampaikan terimakasi atas hubungan yang baik dengan Pemkab Samosir dan seluruh masyarakat di sekitar area kerja PT WIKA Kami dari seluruh jajaran pimpinan PT WIKA (Persero) tbk.

Plh Bupati Samosir Jabiat Sagala menyampaikan terimakasih atas CSR PT WIKA (Persero) Tbk. atas bantuan yang diterima Pemkab Samosir di tengah-tengah pandemi Covid-19 untuk mendukung Pemkab Samosir dan masyarakat yang membutuhkan uluran tangan.

Baca juga : Gunung Semeru Semburkan Awan Panas Pertanda Apa?

Secara simbolis, lima perwakilan masyarakat penerima bantuan paket sembako yaitu Sardianson Damanik, Tio Feronika Simbolon, Pangihutan Sihite, Rohendi Simbolon, dan Risky Aditia Nainggolan.

Selanjudnya, Dinas Sosial akan membagikan paket Sembako kepada penerima berdasarkan data yang ada pada Dinas Sosial Kabupaten Samosir.

Di akhir acara diadakan penyerahan secara simbolis CSR yang diterima oleh pihak Oemkab Samosir dan masyarakat penerima sembako yang telah dihunjuk. Pada akhir acara diadakan perjamuan kasih dari PT WIKA (Persero) Tbk.

Kiranya CSR ini bermanfaat bagi Pemkab Samosir dan masyarakat penerima yang telah ditetapkan. (KRO/RD/ P Simbolon)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BUMN

Gubsu Diminta Klarifikasi Status Lokasi Perumahan Karyawan dan Lahan Eks HGU PTPN II

Published

on

Gubsu Diminta Klarifikasi Status Lokasi Perumahan Karyawan dan Lahan Eks HGU PTPN II

RADARINDO.co.id-Medan : Gubsu Diminta Klarifikasi Status Lokasi Perumahan Karyawan dan Lahan Eks HGU PTPN II. Pemberitaan di salah satu Media Online terbitan, Selasa 30 Maret 2021 dengan judul “Citra Land Kota Deli Megapolitan Segera Hadir”.

Statemen tersebut mengundang reakasi dan tanggapan dari sejumlah mantan karyawan PTPN II, termasuk LBH Medan yang merupakan kuasa hukum dari Masidi dkk belum lama ini.

Sesuai dijelaskan dalam keterangan persnya di Club House Citraland Gama City, Selasa 30 Maret 2021 “status tanah Citra Land Helvetia Kota Deli Megapolitan HGU yang sudah menjadi HGB”.

“Hak Guna Bangunan (HGB) ini dimaksudkan untuk pembangunan Citra Land Kota Deli Megapolitan terdiri dari 42 Unit ruko, 195 Rumah dan Kavlingan dan untuk itu telah dilakukan Groundberaking yang turut dihadiri oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Bupati Deli Serdang.

Sementara itu, Ketua Devisi Sumber Daya Alam Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan, Muhammad Alinapiah Matondang SH, M.Hum, dalam keterangan rilisnya, Senin (12/4/2021) juga mengungkapkan bahwa berdasarkan ketentuan Pasal 37 huruf a. Undang-Undang No. 5 Tahun 1960 Tentang Peraturan Dasar Pokok Pokok Agraria yang menentukan “Hak Guna Bangunan (HGB) terjadi, mengenai tanah yang dikuasai langsung oleh Negara: karena penetapan Pemerintah”.

Artinya HGB dapat diberikan terhadap tanah yang tidak dipunyai dengan sesuatu hak atas tanah.

Baca juga : PTPN IV Unit PKS Bah Jambi Ikuti Lomba Berbalas Pantun BUMN

Gubsu Diminta Klarifikasi Status Lokasi Perumahan Karyawan dan Lahan Eks HGU PTPN II

Gubsu Diminta Klarifikasi Status Lokasi Perumahan Karyawan dan Lahan Eks HGU PTPN II

Pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) diruang rapat Komisi I DPRD Deli Serdang yang dilaksanakan pada hari Kamis 18 Maret 2021 lalu, pihak PTPN II menjelaskan lokasi perumahan karyawan PTPN II yang dihuni oleh Masidi dkk pensiunan karyawan PTPN II yang diklaim lahan objek pembangunan Kota Deli Megapolitan merupakan termasuk dalam HGU No. 111 milik PTPN II berlaku hingga tahun 2028.

Selain itu sebut Ali, apabila merujuk ketentuan Pasal 28 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 Tentang Peraturan Dasar Pokok Pokok Agraria, maka HGU dapat diberikan guna usaha dibidang Perikanan, Pertanian, Perkebunan dan Peternakan.

Lihat juga : KPPS Jember Gelar Pelantikan dan Bimtek Tahap Pertama

Dengan demikian, bila benar tanah perumahan karyawan yang dihuni oleh pensiunan Masidi, dkk termasuk HGU No.111 milik PTPN II, berdasarkan hukum yang benar, BPN tidak dapat memproses peralihan HGU aktif milik PTPN II No.111 yang berlaku hingga tahun 2028 ke HGB yang hingga saat ini masih dipertanyakan siapa Pemohonnya, terlebih masih terdapat sengketa diatasnya dengan para pensiunan.

“Merujuk peta interaktif pada website Kementerian ATR/BPN RI https://bhumi.atrbpn.go.id/, diketahui Kebun Helvetia milik PTPN II merupakan Bidang Terdaftar sebagai HGU dengan Nomor Induk Bidang 01661 memiliki luas sebesar 7826300.89 M2.

“Namun terpisah dari lahan HGU PTPN II ini, lahan perumahan karyawan yang dihuni oleh Masidi, dkk pensiunan karyawan PTPN II merupakan bidang tanah yang belum terdaftar dengan status Bidang Tanah Kosong tanpa NIB seluas 68809.85 M2 sehingga dapat dipastikan lokasi lahan perumahan karyawan yang dihuni oleh Masidi, dkk tidak termasuk HGU No.111 milik PTPN II,” beber Ali lagi.

Ali juga mengungkapkan bahwa dugaan kebohongan sebagaimana yang telah diuraikan diatas berpotensi mengakibatkan kerugian bagi Masidi, dkk yang tengah berjuang memperoleh hak atas tanah eks HGU PTPN II serta berpotensi merugikan masyarakat luas nantinya sebagai Konsumen dengan ketidakjelasan status lahan yang dijadikan objek pembangunan Kota Deli Megapolitan di Helvetia ini.

“Dan untuk itu diminta kepada pihak Citra Land membuka data kepada publik terkait informasi dan data terkait Hak Guna Bangunan yang mereka maksud, dan bila tidak, berpotensi adanya tuntutan dari Masidi, dkk maupun dari masyarakat luas kelak terhadap Citra Land sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan/atau Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik,” papar Ali lagi.

Ali juga menjelaskan bahwa LBH Medan selaku kuasa hukum Masidi, dkk telah berulangkali meminta perlindungan hukum kepada Gubernur Sumatera Utara, sehubungan nasib mereka sebagai Pensiunan karyawan PTPN II yang berdasarkan rekomendasi Panitia B Plus berhak mendapatkan distribusi tanah eks HGU PTPN II atas perumahan karyawan PTPN II yang telah berpuluhan tahun dihuni oleh Masidi, dkk, namun ternyata Gubernur Sumatera Utara diduga abai atas nasib Masidi, dkk selaku rakyatnya sendiri dengan hadir dalam Groundbreaking Kota Deli Megapolitan yang diselengarakan oleh pihak PTPN II.

“Untuk itu LBH Medan meminta kepada Gubernur Sumatera Utara secara jelas dan tegas mengklarifikasi benar tidaknya status lokasi lahan perumahan Karyawan yang dihuni oleh Masidi,dkk selama ini termasuk lahan eks HGU PTPN II,” tutupnya.

Terkait hal tersebut, Direktur PTPN II Tanjung Morawa, Irwan Peranginangin yang di konfirmasi via WA, Senin (12/04/2021) siang membalas, “U hal ini agar 1 pintu bs melalui humas N2 pak Sutan panjaitan. Tks”.

Sementara itu, Komisaris Utama PTPN II H Amri Siregar belum bersedia memberikan tanggapan.

Dari tempat berbeda, Ketua Umum DPP DPN FKPPN, HN Serta Ginting, menjelaskan akan tetap mendampingi perjuangan para mantan karyawan PTPN I sampai IV.

“Insya Allah saya akan tetap komit membela untuk keadilan bekas karyawan yang hak mereka tertindas,” ujarnya tegas.

Tidak hanya itu kecurangan oknum yang mencoba merongrong aset PTPN II untuk memperkaya diri secara tidak wajar akan segera kita ungkap secara jelas dan transfaran.

“Sejak di deklarasikan FKPPN tidak sedikit laporan masyarakat yang masuk kepada saya. Termasuk pengalihan aset,” ujarnya kepada wartawan. (KRO/RD/Wali/tim)

Continue Reading

BUMN

PTPN IV Unit PKS Bah Jambi Ikuti Lomba Berbalas Pantun BUMN

Published

on

PTPN IV Unit PKS Bah Jambi Ikuti Lomba Berbalas Pantun BUMN

RADARINDO.co id – Simalungun : PTPN IV Unit PKS Bah Jambi Ikuti Lomba Berbalas Pantun BUMN. Orang Indonesia tidak asing lagi dengan yang namanya pantun. UNESCO telah menetapkan Pantun sebagai warisan Budaya Dunia Takbenda pada sidang Intergovernmental Committee For The Safeguarding of the Ingaible Culture Heritage di Paris, 17 Desember 2020.

Menyambut telah dikukuhkan Pantun sebagai warisan Dunia, Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Balai Pustaka yang dikenal sebagai rumah besar satrawan Indonesia menyelenggarakan Lomba Berbalas Pantun tahun 2021.

Baca juga : Bupati Kampar Resmi Tutup Susbalan Barisan Ansor Se-Riau

PTPN IV Unit PKS Bah Jambi Ikuti Lomba Berbalas Pantun BUMN

PTPN IV Unit PKS Bah Jambi Ikuti Lomba Berbalas Pantun BUMN

Tidak ingin ketinggalan dalam penyambutan ” Pantun sebagai warisan budaya dunia PTPN4 Unit PKS Bah Jambi ikut serta dalam kegiatan perlombaan berbalas pantun tahun 2021 yang diadakan dikolam Indah PKS Bah Jambi dan di videokan. Hasil video akan dikirimkan ke PT Balai Pustaka.

Lihat juga : KPPS Jember Gelar Pelantikan dan Bimtek Tahap Pertama

Rudy Simatupang, Manajer PTPN IV Unit PKS Bah Jambi menyampaikan, kesempatan kali ini Tim Berbalas Pantun ikut menjadi peserta perlombaan dengan tema pantun motivasi atau semangat, lingkungan hidup dan pergaulan dengan kategori milenial anak perusahaan BUMN.

“Jumlah pelantun dalam grup terdiri dari dua orang laki – laki dan dua orang perempuan dengan mengenakan pakaian adat”, kata Rudi.

“Untuk materi pantun dan pembuatan video ditangani langsung oleh Dezy Fairu, Maskep PKS yang merupakan Putra Melayu Deli, dan video akan dikirimkan kesitus Berbalas Pantun Tahun 2021 Balai Pustaka selambatnya sampai 30 April 2021”, Jelas Menejer PKS Bah Jambi.

Mohon do’a dukungan dan Sharenya, ucap Rudy diakhir wawancara dengan RADARINDO.co.id GROUP KORAN RADAR.(KRO/RD/Rud)

Continue Reading

BUMN

PTPN III Serahkan Dana CSR

Published

on

PTPN III Serahkan Dana CSR

RADARINDO.co.id-Medan : PTPN III Serahkan Dana CSR

Manajemen PTPN III (Persero) melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR) secara reguler dan rutin setiap tahun menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang berada di sekitar Medan, Kabupaten Deli Serdang dan Binjai sebagai bentuk kepedulian dan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) Perusahaan di Kantor PTPN III (Persero) Jln Sei Batang Hari No. 2.

Pada kesempatan ini, PTPN III Medan menyalurkan bantuan CSR TW-I Tahun 2021 dalam bentuk donasi tunai kepada 20 objek dengan total bantuan senilai Rp544.204.809.

Baca juga : BPN dan DPRD DS Kunker Pastikan Titik Koordinat HGU atau Eks HGU PTPN II Terkesan Ecek Ecek

PTPN III diwakilkan SEVP Business Support Bapak Suhendri menyerahkan langsung secara simbolis kepada perwakilan penerima bantuan.

Suhendri mengatakan BUMN Untuk Indonesia, PTPN III hadir untuk masyarakat tentunya tidak terlepas dari kinerja perusahaan, semakin baik kinerja PTPN III maka semakin banyak bantuan yang dapat kami salurkan, melalui acara ini kami berharap doa dan dukungan yang terbaik kepada kami agar PTPN III tetap amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif dalam mengelola perusahaan dan lingkungan sekitar.

“Sebagai bentuk komitmen kami dalam penerapan Sistem Manajemen Anti Suap, serangkaian proses penyaluran harus dilakukan oleh Tim CSR PTPN III dan proses penyaluran bantuan ini tidak dibenarkan petugas/karyawan PTPN-III untuk meminta atau menerima imbalan dalam bentuk apapun dari Pengurus Objek, sehingga bantuan yang diterima tepat sasaran dan bermanfaat untuk masyarakat” tutup Suhendri.

Khodijah selaku perwakilan objek penerima bantuan mengatakan “Secara pribadi, saya sangat gembira saat mendapat kabar akan disurvei oleh Petugas PTPN III dan setelah survey selesai saya berharap dalam hati serta berdoa kepada Allah SWT semoga proposal dapat dibantu PTPN III.

Lihat juga : Gunung Semeru Semburkan Awan Panas Pertanda Apa?

“Terima kasih kepada PTPN III yang telah menyalurkan bantuan CSR kepada Pengurus dari berbagai Objek yang tersebar di 3 Kabupaten/kota Sumatera Utara. Bantuan ini tentunya sangat diharapkan oleh Pengurus dari berbagai Objek yang akan digunakan sesuai kebutuhannya. Semoga PTPN-III semakin jaya dan dapat selalu berperan aktif dalam menyalurkan bantuan secara berkesinambungan kepada sosial masyarakat” tutup Khadijah.

Penyerahan bantuan secara simbolis diakhiri dengan foto bersama dan Pengurus Objek menandatangani Berita Acara Serah Terima Bantuan serta Pakta Integritas. (KRO/RD/tim)

Continue Reading

headline