Connect with us

Headline

Komunitas IPI Lahir Untuk Memberdayakan Komoditas Unggulan

Published

on

109 views
Komunitas IPI Lahir Untuk Memberdayakan Komoditas Unggulan

RADARINDO.co.id – Medan : Komunitas Independent Planters Indonesia (IPI) lahir untuk memberdayakan komoditas unggulan. Organisasi ataupun komunitas ini merupakan sebuah ikatan oleh suatu kesamaan Hobi, Kemanusiaan dan Sosial, perdagangan, seni budaya dan lain sebagainya.

Dari sekian banyak komunitas, banyak diantara kita yang belum mengenal apa itu Independent Planters Indonesia (IPI) sebuah organisasi besutan Edy Kuncen sebagai penggagas ide pertama.

Baca Juga : TNI Pratu Martinus Sinurat Tewas Diduga Ditembak Oknum Polisi Berpangkat Bripka, Ini Permintaan Keluarga Korban

Ide awal hanya sebatas Group Media Sosial WhatsApp dengan nama Paguyuban Planters. Mengapa membawa nama Planters?

Yang tergabung dalam komunitas IPI adalah para staff, Manager, General Manager dan Direktur perusahaan yang beroperasi di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bermula dari sekedar ngopi-ngopi dan kumpul bersama hingga akhirnya bertekad untuk lebih berkomitmen dalam skala luas dalam kegiatannya dan mempunyai badan hukum.

Setelah semua siap dan mantap maka IPI secara resmi di deklarasikan pada 6 Agustus 2020 di Hotel Bahalap, Palangkaraya – Kalimantan Tengah.

IPI memulai kegiatannya dengan membeli lahan seluas 20 hektare dengan membudidayakan tanaman Sereh, Jahe Merah, Jahe Entik, Kayu Gaharu, Nilam, Pisang, Durian serta berbagai bibit buah-buahan.

Modal pertama di dapat dari patungan anggota IPI serta sumbangan dari berbagai perusahaan Kelapa Sawit dan Karet.

Selain membudidayakan berbagai jenis tanaman hortikultura, IPI juga menampung pembelian dari para petani berupa minyak Nilam dan Jahe Merah yang selanjutnya IPI akan mengirim ke Pulau Jawa untuk di proses lanjutan menjadi berbagai macam produk.

Tak sampai setahun berdirinya IPI, yang bermula dari sebuah gagasan berlanjut ke action dari apa yang ditanam, perlahan tapi pasti menunjukkan hasil yang sangat signifikan.

Baca Juga : Perum Bulog Divre Pematang Siantar Jamin Ketersediaan Pangan

Dari hasil keuntungan tersebut IPI menyisihkan dananya untuk membantu kaum dhuafa dan membantu korban musibah kebakaran.IPI hadir untuk memberikan sumbangsih mengangkat perekonomian warga sekitar, petani dan pekerja. Mengingat IPI sendiri di isi oleh para praktisi perkebunan, tentunya manajemen perkebunan dapat diterapkan dengan sebaik-baiknya, kompetensi dan kualifikasi anggota IPI yang handal serta jaringan pemasaran yang luas.

Keberadaan IPI juga diharapkan mampu menjaga stabilitas harga. Sebuah kontribusi yang patut di contoh untuk kita semuanya, bahu membahu membangun bangsa mengejar ketertinggalan.

Mengingat buah-buahan produk lokal kalah bersaing dengan buah impor dari Thailand yang selanjutnya tidak hanya dikonsumsi di dalam negeri tapi kita mampu mengekspor.

Sukses selalu untuk Independent Planters Indonesia !!! Semoga… (KRO/RD/BS)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *