Connect with us

Ekonomi

Hanya Rp11 Miliar, DPRD Prihatin Penyertaan Modal PDAM Tirtanadi

Published

on

25 views
Hanya Rp11 Miliar, DPRD Prihatin Penyertaan Modal PDAM Tirtanadi

RADARINDO.co.id – Medan : Hanya Rp11 Miliar, DPRD Prihatin Penyertaan Modal PDAM Tirtanadi

Ketua Komisi C DPRD Sumut Benny Sihotang prihatin dengan kucuran penyertaan modal yang diberikan Pemprovsu kepada PDAM tahun 2021 hanya Rp 11 miliar. Sulit bagi perusahaan untuk melakukan ekspansi usaha di bidang penyediaan air bersih.

Benny mengatakan,“Sulit membayangkan bagaimana mau ekspansi usaha dengan modal Rp 11 milar, apalagi untuk membangun jaringan air,” ucapnya. Dilansir Waspada, Selasa (2/32021).

Baca juga : Wali Kota Medan Temui Fasilitas Tidak Berfungsi Saat Sidak ke RS Pringadi 

Politisi Gerindra ini merespon rendahnya penyertaan modal Pemprovsu tahun 2021 kepada BUMD itu, dan terkait hasil resesnya di seluruh kecamatan di Dapil Medan B, yang mengeluhkan sulitnya memperoleh air bersih.

Menurut Benny, sebagian besar warga di Medan Petisah, yang jadi lokasi resesnya berulangkali menyampaikan ingin memasang saluran penyambungan air baru, namun terpaksa ditolak harus membuka jaringan baru.

“Jaringan yang dimiliki PDAM sudah berusia puluhan tahun dan bekas peninggalan Belanda untuk membuat jaringan baru dibutuhkan investasi yang sangat besar,” ujar Benny.

Hal ini pun sudah disampaikan Benny dalam rapat dengar pendapat bersama PDAM dipimpin langsung Dirut Kabir Bedi dan jajarannya.

Kendati demikian, Benny berharap PDAM tetap memprioritaskan penggunaan anggaran agar sesuai dengan penyertaan modal yang diberikan Pemprovsu.
Meningkat

Di tahun 2022 mendatang, Benny memprediksi pengguna air bersih diperkirakan meningkat, karena PDAM tidak hanya melayani masyarakat Kota Medan, tetapi juga di sejumlah kabupaten/kota.

Walau dana ini belum memadai untuk perusahaan sebesar PDAM, anggaran tersebut setidaknya dapat memenuhi keinginan masyarakat untuk memasang jaringan pipa baru.

Baca juga : Gunung Semeru Semburkan Awan Panas Pertanda Apa? 

Pada APBD 2021, Pemprovsu mengucurkan total penyertaan modal sebesar Rp 207 miliar yang disalurkan kepada PDAM Tirtanadi Rp 11 M, PT Bank Sumut Rp 100 miliar, PT Perkebunan Rp 80 miliar, PT Dhirga Suya Rp 10 miliar, dan PT AIJ Rp 6 miliar.

Adapun untuk PT Perkebunan sebesar Rp 80 miliar, dana tersebut diharapkan beberapa tahun ke depan dapat menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD). “Terhadap adanya pembiaran pengelolaan kebun seperti di Tanjung Kasau, dan lain-lain, kita berharap penegak hukum mengusut manejemen yang lama,” katanya. (KRO/RD/wsp)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ekonomi

Bupati Kampar Hadiri Launching Pemetaan Desa Berbasis Partisipatif Melalui Kukerta UNRI

Published

on

Bupati Kampar Hadiri Launching Pemetaan Desa Berbasis Partisipatif Melalui Kukerta UNRI

RADARINDO co.id-Pekanbaru : Bupati Kampar Hadiri Launching Pemetaan Desa Berbasis Partisipatif Melalui Kukerta UNRI. Bupati Kampar Hadiri Launching Pemetaan Desa Berbasis Parsipatif Melalui Kukerta UNRI

Bupati Kampar. H. Catur Sugeng Susanto. SH menghadiri acara Launching Pemetaan Desa Berbasis Partisipatif melalui Kukerta UNRI, diharapkan dengan telah di launchingnya program ini dapat membantu pemerintah dalam mewujudkan kebijakan Satu Peta sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor : 9 tahun 2012.

Baca juga : Gubsu Diminta Klarifikasi Status Lokasi Perumahan Karyawan dan Lahan Eks HGU PTPN II
Bupati Kampar Hadiri Launching Pemetaan Desa Berbasis Partisipatif Melalui Kukerta UNRI

Bupati Kampar Hadiri Launching Pemetaan Desa Berbasis Partisipatif Melalui Kukerta UNRIBegitu dikatakan Bupati Kampar saat memberikan sambutan pada Launching Pemetaan Desa Berbasis Partisipatif Melalui Kukerta UNRI yang dilaksanakan di Gedung LPPM UNRI, Senin (12/04/2021) yang juga dihadiri oleh Rektor UNRI, Prof. Dr. Ir. H. Aras Mulyadi, M.Sc.

Lihat juga : KPPS Jember Gelar Pelantikan dan Bimtek Tahap Pertama

Bupati juga mengatakan selain berpedoman pada perpres, Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar juga telah mengeluarkan Peraturan Bupati Nomor : 47 berkenaan dengan hal tersebut, Pemda Kampar akan melakukan sosialisasi tentang Peraturan Bupati tersebut, baik statistik maupun geospasial guna dijadikan sebagai pedoman untuk mendukung perencanaan , pelaksanaan pengendalian dan evaluasi pembangunan, guna mendorong keterbukaan dan transparansi data.

Dengan adanya dukungan dari berbagai pihak , salah satunya melalui kukerta UNRI tersebut, diharapkan, pemerintah Kabupaten Kampar, diharapkan dapat segera mengimplementasikan program Satu Data di seluruh wilayah Kabupaten Kampar. Ucap Catur. (KRO/Diskom/SM)

Continue Reading

Ekonomi

Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Pem. Siantar Gelar Rakerda Bangga Kencana

Published

on

Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Pem Siantar Gelar Rakerda Bangsa Kencana

RADARINDO.co.id-P. Siantar : Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Pem Siantar Gelar Rakerda Bangga Kencana.

Dinas Pengendalian Penduduk dan KB kota siantar gelar Rakerda Bangsa Kencana, dalam rangka mendukung dan mensukseskan Program Pemerintah Kota Pematang Siantar, Rabu (31/03/2021).

Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Bangsa Kencana digelar maret di aula pertemuan Siantar Hotel jln WR Supratman Kota Pematang Siantar, Rabu (31/03/2021) sekira pukul 08.00 wib.

Acara diikuti oleh berbagai peserta baik unsur staf, pegawai dan UPT serta dan kader Dinas PP dan KB Kota Pematang Siantar, seluruh lurah dan unsur camat.

Baca juga : PT ASDP Fokus Lakukan Inovasi dan Peningkatan Pelayanan

Hadir nara sumber dari Kakanwil BKKBN propinsi Sumatera Utara, Drs Saidal Kastri M.Pd dan Kepala Badan PP dan KB propinsi sumatera Utara yang diwakili Koni Ismael Siregar, yang mana beliau pernah menjadi Wakil Walikota Pematang Siantar 2010-2015 berpasangan dengan Alm Hulman Sitorus.SE memimpin Kota Pematang Siantar.

Kegiatan Rakerda Bangsa Kencana tersebut yang tetap mengikuti dan mematuhi Protokol Kesehatan Covid 19.

Acara dengan Thena : Pengendalian Penduduk dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang inovatif. Sub Thema Melalui Rakerda ini kita Tingkatkan Masyarakat yang profuktif dan Handal.

Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Pem Siantar Gelar Rakerda Bangsa Kencana

Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Pem Siantar Gelar Rakerda Bangsa Kencana

Dalam bimbingan dan arahan serta pemaparan program Pemerintah perihal Pengedalaian Penduduk dan Keluarga Berencana (KB) Kakanwil BKKBN Propinsi Sumatera Utara, menekankan dan menghimbau keseriusan kerja keras dan fokus dalam menjalankan Program Pemerintah dan harus konsisten berkesinambungan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

“Pada intinya terletak pada Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia {SDM). Bila kuliatas masyarakat baik dan terarah pada akhirnya akan menciptakan masyarakat yang produktif handal inovatif serta Mandiri”, ujarnya.

Lebihlanjut dikatakan, untuk peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) ini perlu kerjasana dan team work yang bersinergi terutama kepada pihak camat dari Kecamatan dan Lurah dari Kelurahan baik RT dan RW.

Lihat juga : Oknum Maritim Berbendera Malaysia Gertak Nelayan Tradisional Belawan

“Sebab merekalah ujung tombak yang lansung bersentuhan dengan masyarakat bagaimana cara peningkatan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal, bermutu dan inovatif hendak nya perlu memperhatikan faktor wilayah sosial ekonomi dan budaya tiap daerah”, katanya lagi.

Untuk itu, tegasnya lagi, tetap memiliki plat form program yang fokus terkordinasi dan satu visi dan misi baik lurah, PP dan KB serta pihak kecamatan.

Misalnya dengan program nyata pembentukan Kampung Tangguh KB, yang sudah efektif berjalan hampir diseluruh Kelurahan.

Itu harus fokus dan berkesinambungan. Dalam Rakerda Bangsa Kencana tersebut. Pada kesempatan itu, pihak panitia memberikan sesi tanya jawab antara peserta dan Nara Sumber.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Pemtang Siantar Drg Rumondang Sinaga MARS menuturkan kegiatan Rakerda Bangsa Kencana bertujuan untuk melaksanakan program Pemerintah untuk mengendalikan pertumbuhan Penduduk dengan Program Keluarga Berencana dengan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang inovatif handal dan mandiri.

“Bila kualitas pengetahuan dan pendidikannya meningkat pada akhirnya akan menghasilkan madyarakat yang produktif dan handal. Sehingga program pengendalian penduduku dan Keluarga Berencana, sesuai dengan program Pemerintah dapat tercapai di Kota Pematang Siantar,” ujar Kepala Dinas.

Sejumlah pihak menyambut gaik digelarnya Rakerda Bangsa Kencana. Diharapkan dapat memberi motivasi kepada masyarakat. (KRO/RD/BR)

Continue Reading

Ekonomi

Bersama Pemko Tebing Tinggi, Tim PT PMT Sepakat Maksimalkan Peluang Ekonomi

Published

on

Bersama Pemko Tebing Tinggi, Tim PT PMT Sepakat Maksimalkan Peluang Ekonomi

RADARINDO.co.id – Tebing Tinggi : Bersama Pemko Tebing Tinggi, Tim PT PMT Sepakat Maksimalkan Peluang Ekonomi.

Bersama Pemko Tebing Tinggi, Tim PT PMT Sepakat Maksimalkan Peluang Ekonomi. Didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Gul Bakhri Siregar S.I.P., M.Si , Walikota Tebing Tinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM menghadiri pertemuan dengan tim bisnis PT. Prima Multi Terminal (PMT) selaku pengelola Pelabuhan di Kuala Tanjung, Selasa (30/3/2021), bertempat di ruang Aula Gedung Balai Kota.

Dalam sambutannya Walikota mengucapkan terimakasih atas kunjungan dari PT. Pelindo 1 dengan anak perusahaan PT. Prima Multi Terminal atau Kuala Tanjung Multipurpose Terminal (KTMT) dan PT. Prima Logistik Indonesia bersama dengan Bea Cukai Pelabuhan Kuala Tanjung yang datang ke Tebing Tinggi dan memberi informasi tentang fasilitas dari pelabuhan Kuala Tanjung Multipurpose Terminal (KTMT) yang ada di Kuala Tanjung.

Baca juga : Ketua Umum SP PLN Sesalkan Pernyataan Dua Oknum Perseroan Terkesan Keberpihakan

“Bagi kita, pengusaha di Tebing Tinggi ini harus kita lakukan secara bersama, lokasi sangat dekat dengan kota Tebing Tinggi tentunya kita harus memanfaatkan ini dan kita berharap bahwa penyediaan fasilitas itu bsa menjadi bahagian unggulan dari pada Kuala Tanjung dan tentunya bisa menggaet dari pada pengusaha – pengusaha kita untuk mengeskport atau mengimport lewat Pelabuhan Kuala Tanjung ini, meminta pengusaha harus kita lakukan secara bersama” urai Walikota.

“Karena dekat, pasti yakin kita lebih murah, lebih mudah, lebih cepat, inilah menjadi bagian yang kita koordinasikan dan kita sinergitaskan PT. Prima Multi Terminal ” sambungnya.

Dirinya berharap akan turut memback up dan menindaklanjuti dengan adanya MOU antara asosiasi pengusaha di Tebing Tinggi dan sudah didengarkan ada semacam testimoni, ada benefit yang cukup luar biasa dibanding dengan harus melalui Pelabuhan Belawan.

” Ini perlu kita gelorakan menjadi suatu koordinasi yang mantap agar perusahaan kita yang ada di Tebing Tinggi, jauh bisa eksis dan lebih berkembang lagi ” tutup Walikota.

Direktur Utama PT. Prima Multi Terminal Rudi Susanto mengungkapkan tipikal pelabuhan Kuala Tanjung sangat berbeda dengan yang ada di Pelabuhan Belawan.

“Pelabuhan Kuala Tanjung bisa melakukan kegiatan dengan kapal – kapal besar. Ketika kapal – kapal besar bisa sandar, secara ongkos bisa lebih murah. Jadi kedepan, bahwa Pelabuhan Kuala Tanjung Terminal Multipurpose di desain untuk pelabuhan yang masa depan, jadi ke depan itu barang – barang yang akan diangkut pelabuhan Kuala Tanjung bisa lebih banyak, sehingga akan mengurangi biaya logistik” ungkapnya.

Dijelaskan bahwa kemudahan diberikan PT. Prima Multi Terminal dibanding pelabuhan sekitar, dengan menggunakan sistem semi otomatis, dalam artian tidak banyak orang berinteraksi dan secara sistem mengurangi interaksi orang, bisa semakin cepat memutus mata rantai koordinasi.

“Kemudahan ini yang kami berikan. Harapan kami bisa tertarik para pemilik barang untuk melakukan kegiatan di Pelabuhan Kuala Tanjung” harapnya.

Lihat juga : Belasan Ruko di Kota Pinang Hangus Di Lalap Sijago Merah

Kepala Bea Cukai Pelabuhan Kuala Tanjung Yudi D. Nauly juga turut mendukung dan mengapresiasi Pemko Tebing Tinggi, perhatian yang diberikan luar biasa, ” kami komitmen mendukung para pengusaha karena mereka adalah penggerak ekonomi yang sejati, kami cuma fasilitator. Oleh karena itu, untuk prosedur ekspor import kami siap mendampingi sampai mereka bisa eksport import secara mandiri, sehingga mereka bisa belajar dari awal, dari nol sampai mereka bisa eksport import sendiri” terang Yudi.

Turut menghadiri Kepala Daop 1 Sumut Kereta Api Indonesia (KAI) Daniel Johanes Hutabarat, Ketua Asosisasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Tebing Tinggi Syafriudy Satriyo serta pengusaha se-Kota Tebing Tinggi dan tamu undangan lainnya. (KRO/RD/IY)

Continue Reading

headline