Connect with us

Ekonomi

Pemegang Saham Setuju, Bank Sumut Target Triwulan II-2022 Sudah IPO

Published

on

18 views
Pemegang Saham Setuju, Bank Sumut Target Triwulan II-2022 Sudah IPO

RADARINDO.co.id – Medan : Pemegang Saham Setuju, Bank Sumut Target Triwulan II-2022 Sudah IPO

Dalam pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) PT Bank Sumut, pemegang saham memberikan persetujuan untuk memulai proses pelaksanaan Initial Public Offering (IPO) PT Bank Sumut.

Datuk Syaiful Azhar diangkat menjadi Komisaris Utama (Komut) Bank Sumut dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa (LB) yang dipimpin oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah. Dilansir dari Waspada, Senin (15/3/2021).

Baca juga : Komisi IV DPR Tolak Impor Beras 1 Juta Ton

“Jabatan Komisaris Utama (Komut) yang selama ini kosong sudah disetujui oleh pemegang saham, Komut baru diisi oleh Datuk Syaiful Azhar,” kata Wagubsu usai RUPS LB yang dihadiri para bupati/wali kota se-Sumut selaku pemegang saham.

Dengan pengangkatan Komut yang baru, Wagubsu mengharapkan peningkatan kinerja direksi menjadi lebih baik. Menurutnya, dewan komisaris adalah perpanjangan tangan pemegang saham yang berfungsi memonitor kegiatan PT Bank Sumut. Hasil monitoring dewan komisaris bisa dijadikan laporan kepada pemegang saham.

Pada kesempatan tersebut, juga diadakan RUPS Tahunan PT Bank Sumut Tahun Buku 2020. Wagubsu menyampaikan pemegang saham menyetujui laporan tahunan yang disampaikan PT Bank Sumut. Disebutkan, deviden PT Bank Sumut kepada Penghasilan Asli Daerah (PAD) Sumut pada tahun 2020 sebesar Rp308 miliar.

Komut Bank Sumut, Datuk Syaiful Azhar, menyebutkan akan menjalankan tugas seperti yang diamanatkan. Menurutnya, tugas komisaris senantiasa mengawasi dan memonitor pelaksanaan tugas direksi, sehingga dapat meningkatkan peran Bank Sumut menghasilkan laba besar serta berkontribusi pada PAD.

Direktur Utama PT Bank Sumut, Muchammad Budi Utomo, mengatakan RUPS tersebut membahas rencana penawaran umum perdana atau Initial Public Offering (IPO) PT Bank Sumut. Hal tersebut guna memperkuat modal PT Bank Sumut. Budi menargetkan PT Bank Sumut akan melantai di bursa saham pada tahun 2022.

Baca juga : Ketua PAC PP Kota Pinang Dicopot Karena Langgar AD

Pada tahun 2020 lalu, Budi mengatakan sebenarnya RUPS sudah mengizinkan IPO PT Bank Sumut. Namun hal tersebut belum memungkinkan lantaran kondisi pandemi Covid-19. Maka saat ini pihaknya menjadwalkan ulang kembali kick off IPO PT Bank Sumut.

Kini, PT Bank Sumut sedang menyiapkan beberapa persiapan termasuk konsultan dan sebagainya. Sehingga, kata Budi, akan membutuhkan waktu sembilan hingga 12 bulan karena IPO tidak bisa dihindari mengingat kebutuhan modal ke depan sangat diperlukan bagi bank untuk survive. (KRO/RD/wsp)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *