Connect with us

Aceh

Bupati Aceh Timur Peringatkan Karhutla Saat Musim Kemarau

Published

on

8 views
Bupati Aceh Timur Peringatkan Karhutla Saat Musim Kemarau

RADARINDO.co.id-Aceh Timur : Bupati Aceh Timur Peringatkan Karhutla Saat Musim Kemarau.

Memasuki musim kemarau yang diperkirakan berlangsung panjang di tahun ini, Pemerintah bersama TNI/Polri mulai siaga penuh untuk mengantisipasi berbagai potensi kebakaran lahan dan hutan (karhutla) yang berpotensi terjadi disejumlah titik.

H. Hasballah HM. Thalib atau yang dikenal Rocky usai mengikuti Rakor Pengendalian Karhutla Bersama Forkopimda Aceh secara virtual di Aula Wira Satya Polres Aceh Timur di Peudawa, Selasa (23/3) selaku Bupati Aceh Timur menghimbau agar siaga 24 jam untuk mewaspadai karhutla yang berpotensi di sejumlah titik.

Baca juga : Warga Wringin Agung Demo Pemberhentian RT/RW Secara Sepihak

Dikatakannya, dirinya tetap melakukan langkah-langkah penanganan karthutla di lapangan sesuai dengan rekomendasi Gubernur Aceh, Kapolda Aceh dan Pangdam Iskandar Muda. Bahkan dirinya telah menyiapkan enam titik pos yang akan membantu percepatan penanganan disaat sewaktu-waktu terjadi karhutla.

Ia juga mengatakan bahwa pihaknya siapkan enam titik pos dilengkapi 11 armada damkar, lima mobil tangki air, puluhan motor modivikasi yang akan menjangkau titik pedalaman yang sulit di jangkau kendaraan roda empat.

Politisi PA itu memetakan, sembilan waduk di daerahnya, seperti waduk Jambo Aye dan waduk-waduk lain, termasuk waduk Jambo Reuhat di Banda Alam. “Intinya, kami bersama unsur muspida, begitu juga dengan unsur muspika siaga penuh,” kata Rocky.

Oleh karenanya, mantan kombatan itu meminta aparatur desa terutama kepala desa untuk senantiasa mengingatkan masyarakat tidak membakar sisa replanting secara sembarangan di kebun.

Rocky juga menghimbau agar sama-sama menjaga agar tidak terjadi karhutla di Aceh, khususnya di Aceh Timur.

Disinggung masyarakat yang masih suka membakar sisa sampah pembersihan perkebunan, Bupati Aceh Timur lagi-lagi mengingatkan petani dan pekebun yang sedang membersihkan lahan perkebunan dan pertanian untuk tidak membakar sampah sembarangan, karena api bisa menjalar ke hutan.

Selanjutnya, Rocky mengatakan bahwa jika pembakaran sampah dari pembersihan ladang  dinilai tidak terlalu membahayakan, karena kita di daerah ini juga sedang menggiatkan program nasional dalam rangka mendukung ketahanan pangan, seperti padi, jagung dan kedelai (pajale).

Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro, SIK, MH, terpisah menambahkan, bencana kebakaran hutan dan lahan tentu akan menimbulkan kerugian, seperti kerusakan alam dan menimbulkan pulusi udara yang tidak sehat dan mengganggu aktivitas masyarakat serta terganggunya satwa dilindungi.

“Oleh karenanya mari kita sama-sama menjaga kelestarian hutan dan alam dengan tidak melakukan kegiatan pembakaran secara sembarangan,” ujar Eko, seraya meminta, para kapolsek di wilayahnya segera mensosialisasikan bahaya kebakaran hutan dan lahan ke masyarakat, khususnya daerah pedalaman.

Lihat juga :Gunung Semeru Semburkan Awan Panas Pertanda Apa?

Sebagaimana diketahui, Forkopimda Aceh Timur mengikuti Rakor tentang Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Se-Provinsi Aceh bersama Forkopimda Aceh.Rakor itu dipimpin langsung Gubernur Aceh Ir. H. Nova Iriansyah, MT, Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada M Phil, dan Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Achmad M. (b11)

Bupati Rocky (tengah) didampingi Kapolres AKBP Eko Widiantoro, Dandim 0104/Aceh Timur Letkol CZI Hasanoel Arifin, dan pejabat lainnya mengikuti Rakor Penanggulangan Karhutla bersama Forkopimda Aceh secara virtual di Mapolres Aceh Timur, Selasa (23/3). (KRO/RD/Wsp)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *