Connect with us

Headline

Pemko Psp Sosialisasikan Kepatuhan Terhadap Standar Pelayanan

Published

on

14 views
Pemko Psp Sosialisasikan Kepatuhan Terhadap Standar Pelayanan

RADARINDO.co.id-Psp : Pemko Psp Sosialisasikan Kepatuhan Terhadap Standar Pelayanan.

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution SH, membuka Sosialisasi Kepatuhan Terhadap Standar Pelayanan di lingkungan Pemerintah Kota Padangsidimpuan Rabu (07/04/2021) di
Emerald Hall Hotel Mega Permata Padangsidimpuan.

Acara dihadiri Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara Abyadi Siregar S. Sos, Sekretaris Daerah (Sekda) H. Letnan Dalimunthe SKM, MKes, Asisten Administrasi Umum Hamdan Sukri, seluruh Pimpinan Organisasi Prangkat Daerah (OPD) dan Kepala Puskesmas se Kota Padangsidimpuan.

Baca juga : Mayat Lelaki Ditemukan di Pinggir Jalan Desa Bandar Khalifah

Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Padangsidimpuan, Komarudin menjelaskan, dilaksanakannya kegiatan itu, bertujuan agar para peserta dapat mengerti, memahami, mengaplikasikan, serta meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat sehingga terwujud sistem penyelenggaraan publik yang real bagi masyarakat serta terpenuhinya penyelenggaraan pelayanan publik sesuai dengan Undang-Undang nomor 25 tahun 2009.

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution SH dalam sambutannya menyampaikan, tanggung jawab dan pekerjaan sebagai bagian dari organisasi perangkat daerah harus memiliki standar-standar yang telah ditetapkan secara Nasional maupun diterapkan sesuai dengan Peraturan Daerah.

Standar pelayanan publik merupakan tolak ukur yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan, sebagai kewajiban dan janji kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur, ucap Walikota.

Standar kerja dan pelayanan harus terus di update dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, terutama standar pelayanan minimal.

Kendati demikian, standar-standar kerja ini perlu dilakukan update & upgrade sesuai dengan pembaruan terkini yang terjadi di Negara kita dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Kota Padangsidimpuan.

Salah satu yang menjadi garis bawah dan “thick note“ ataupun catatan tebal kita saat ini adalah mengenai standar pelayan minimal.

Lihat juga : Belasan Ruko di Kota Pinang Hangus Di Lalap Sijago Merah

Walikota juga mengingatkan bahwa dalam menyusun standar pelayanan minimal daerah atau SPM telah dituangkan dalam peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2018 mengenai standar pelayanan minimal.

Dalam peraturan Pemerintah tersebut dijelaskan bahwa pelayanan dasar merupakan pelayan publik untuk memenuhi kebutuhan dasar warga negara.

Jadi yang bertanggungjawab dalam penyusunan SPM di daerah adalah Pemerintah Daerah itu sendiri, baik itu Eksekutif dan Legislatif, akan tetapi sebagai Pimpinan Daerah tentu memiliki yang tidak hanya tanggungjawab moral tetapi menjadi kepala dalam rangkaian proses penyusunan SPM ini nantinya,” ucap Walikota. (KRO/RD/VRT-Thoms)  

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *