Connect with us

Headline

Ketum DPN FKPPN Soroti Proyek PTPN III Mangkrak di KEK Sei Mangkei

Published

on

54 views
Ketum DPN FKPPN Soroti Proyek PTPN III Mangkrak di KEK Sei Mangkei

RADARINDO.co.id-Medan : Ketum DPN FKPPN Soroti Proyek PTPN III Mangkrak di KEK Sei Mangkei. Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Forum Komunikasi Purnakarya Perkebunan Nusantara (DPN FKPPN) Drs HN Serta Ginting bersama jajaran pengurus meminta kepada Pemerintah berkaitan kondisi terkini Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei (KEK SM) PTPN3 yang berlokasi di Kabupaten Simalungun Sumatera Utara.

“Kami menyambut baik kedatangan dan pernyataan Menteri Investasi saat berkunjung ke Sumatera Utara, beliau mengatakan KEK Sei
Mangkei Sepi Peminat”, ujar mantan anggota DPR RI.

Baca juga : FKPPN Kecewa Pemberian THR Purnakarya Oleh Holding PTPN III Pilih Kasih

Perlu diketahui bahwa DPN FKPPN telah sejak lama menyoroti kondisi angkraknya KEK Sei Mangkei ini.

Bahkan beberapa bulan yang lalu sekira tanggal 21 Januari 2021 DPN FKPPN telah melayangkan surat kepada Komisi II DPR RI dan juga ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI untuk turun ke lapangan dan melakukan Audit terhadap Pengelola KEK Sei Mangkei.

“Kami sudah lama menyoroti mangkraknya KEK Sei Mangkei dan juga sudah minta Komisi II dan BPK RI turun kelapangan juga melakukan Audit”, tegas Ketua Umum FKPPN sesuai siaran pers yang diterima RADARINDO.co.id.

Terkait kunjungan Menteri Ivestasi dan BKPM RI pada Jum`at (30/4) maka DPN FKPPN mendesak Pemerintah dalam hal ini kementerian terkait untuk mengambil sikap tegas terkait Mangkraknya Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei yang dimulai sejak tahun 2012.

Karena DPN FKPPN menilai besarnya kerugian Negara yang timbul akibat gagalnya investasi besar tersebut.

“Oleh karena itu DPN FKPPN mendesak KEK Sei Mangkei dipercepat, atau dibatalkan dan Audit. Kalau mau dilanjutkan silahkan dipercepat, kalau seperti ini terus lebih baik batalkan HGB nya kembalikan ke HGU agar pengelolaan Buah Kelapa Sawit dan produksi Karet diatas lahan tersebutyang selama ini dipanen jelas hasilnya kemana”, ujarnya dengan nada tegas.

Seperti diketahui dari total lebih kurang 2002 ha lahan yang dihapusbukukan sejak tahun 2012 sebagaimana keterangan Pak Menteri Investasi bahwa baru sekitar 10% artinya sekitar 200 Ha saja sisanya masih berupa tanaman berproduksi.

Lihat juga : Ketua MPW PP Sumut Kunjungi Kediaman H.Edimin

Diakhir statementnya Ketua Umum DPN FKPPN menyampaikan bahwa “sikap kami ini semata mata kecintaan kami kepada keberlangsungan PTPN tercinta”.

Hingga berita ini dilansir, Direktur Utama Holding PTPN III Mochamad Abdul Ghani belum bersedia menjawab konfirmasi yang disampaikan RADARINDO.co.id Rabu (05/05/2021).

Konfirmasi yang sama disampaikan ke Menteri BUMN Erick Tohir, meski berkali kali dikirim via WA ke android orang nomor satu di BUMN itu, sayangnya belum bisa tersambung. (KRO/RD/Sam)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *