Connect with us

Headline

Anggota DPRD Medan Minta Dinas Kebersihan Mesti Bersinergi dengan Masyarakat Atasi Sampah

Published

on

7 views
Anggota DPRD Medan Minta Dinas Kebersihan Mesti Bersinergi dengan Masyarakat Atasi Sampah

RADARINDO.co.id-Medan : Anggota DPRD Medan Minta Dinas Kebersihan Mesti Bersinergi dengan Masyarakat Atasi Sampah.

Anggota DPRD Medan Minta Dinas Kebersihan Mesti Bersinergi dengan Masyarakat Atasi Sampah. Anggota DPRD Medan Antonius Devolis Tumanggor minta Dinas Kebersihan dan Pertaman, pihak kecamatan hingga kepala lingkungan yang didukung partisipasi masyarakat untuk bersinergi mengatasi permasalahan sampah di Kota Medan.

Hal itu disampaikan Antonius Tumanggor,anggota dewan dari Dapil 1 meliputi Medan Baru, Medan Petisah, Medan Barat dan Medan Helvetia dalam Sosper Perda No 6 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Persampahan, Sabtu(8/5) di Jalan Karya Mesjid Gang Tapanuli, Kelurahan Sei Agul, Kecamatan Medan Barat.

Dalam sesi tanya jawab,warga mengeluhkan berbagai masalah persampahan yang belum teratasi.

Baca juga : Anggota DPRD Medan Komisi II Menilai Pencopotan Kadis Kesehatan Sudah Tepat

Antonius minta kepada Dinas Kebersihan dan Pertamanan harus cepat menanggapinya. Antonius juga berharap kepada warga masyarakat agar sadar untuk pembuangan sampah dan jangan membuang sampah disembarangan tempat dan buanglah pada tempatnya.

Turut hadir Zainuddin yang mewakili Dinas Pertamanan dan Kebersihan juga Pernah yang mewakili Camat Medan Barat.

“Jika masyarakat memiliki kesadaran yang tinggi, masalah pembuangan sampah ini akan membantu penanganan sampah.

Sementara itu, Zainuddin yang mewakili Dinas Pertamanan dan Kebersihan Kota Medan, menerangkan bahwa kebijakan Walikota Medan bahwa penanganan sampah sekarang sudah diserahkan kepada pihak jecamatan.

“Jadi apabila ada keluhan – keluhan dari masyarakat akan segera ditanggapi Dinas Kebersihan dan Pertamanan,” ujarnya.

Pernanda yang mewakili Camat Medan Barat meminta kepada warga masyarakat agar jangan sembarangan membuang sampah.

“Jadi kalau masyarakat kita sadar dan menolong permasalahan sampah, saya yakin persoalan sampah di Medan akan selesai dan sampah tidak lagi menjadi permasalahan,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Antonius juga menampung aspirasi masyarakat Lingkungan 8 yang tinggal di pinggir sungai Kelurahan Sei Agul.

Selama ini warga membuang sampahnya ke sungai karena belum memilki Tempat Pembuangan Sementara (TPS). Jadi warga minta agar dibuatkan TPS sehingga masyarakat bisa mengumpulkan sampah di TPS tersebut.

Lihat juga : Ketua MPW PP Sumut Kunjungi Kediaman H.Edimin

Menanggapi juga keluhan masyarakat itu, Antonius berjanji akan meminta pihak Dinas Pertamanan dan Kebersihan Kota Medan, begitupun pihak Camat Medan Barat untuk menyelesaikan persoalan sampah ini.

Dalam Perda No. 6 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Sampah disebutkan bahwa pemerintah daerah mempunyai tugas menjamin terselenggaranya pengelolaan persampahan yang baik dan berwawasan lingkungan.

Meski demikian, Antonius mengingatkan warga agar jangan membuang sampah sembarangan, karena berdasarkan Perda No.6, ada sanksi hukuman pidana bagi pembuang sampah di sembarang tempat.

Acara sosialisasi Perda No.6 Tahun 2015 yang dihadiri perwakilan warga dari Medan Baru,Medan Petisah,Medan Barat dan Medan Helvetia.

Di akhiri acara dirangkaikan dengan pemberian Sembako kepada peserta Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) No 6 Tahun 2015. (KRO/RD/Ptr)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *