Connect with us

Belawan

Ditpolair Poldasu Diduga Tak Ketahui Isu Diamankannya 1 Unit Kapal Bermuatan 600 Ballpress Monza Oleh Polair Langkat

Published

on

80 views
Ditpolair Poldasu Diduga Tak Ketahui Isu Diamankannya 1 Unit Kapal Bermuatan 600 Ballpress Monza Oleh Polair Langkat

RADARINDO.co.id-Belawan : Ditpolair Poldasu Diduga Tak Ketahui Isu Diamankannya 1 Unit Kapal Bermuatan 600 Ballpress Monza Oleh Polair Langkat. Terkait dengan beredarnya issyu pengamanan 1 unit kapal boat bawa monza (ball press) oleh Polair Polres Langkat, diduga pihak Ditpolair Polda Sumut tidak mengetahui hal tersebut.

“Belum ada kabar tuh. Apa nama kapal Patroli yang nangkap?. Biasanya kalau ada Polair yang menangkap, itu ada laporan di WA Grup. Tapi ini belum ada. Biasanya kalau ada penangkapan, itu laporannya tetap kemari (Ditpolair-red)”, ujar salah seorang personil Ditpolair Polda Sumut, Kamis (3-6-2021) siang di mako Jalan TM Pahlawan Belawan.

Sementara itu, Direktur Direktorat Polisi Perairan Udara (Ditpolairud) Polda Sumut, Kombes Pol Dadan, SH MH belum berhasil untuk dikonfirmasi soal penangkapan ini.

Baca juga : Ratusan Nelayan Tradisional Belawan Sweeping Kapal Salahi Aturan

Seperti issyu yang beredar bahwa pihak Satuan Polisi Perairan (Sat Polair) Polres Langkat dikabarkan melakukan pengamanan terhadap 1 unit kapal kayu (boat) tanpa anak buah kapal (ABK) dari perairan Selat Malaka tepatnya di Kwala Serang Jaya, Kecamatan Pematang Jaya, Kabupaten Langkat, Sumut pada Rabu (02/06/2021).

Kapal ditemukan Rabu sore sekitar pukul 16.30 wib, dalam keadaan kandas (terdampar) di perairan dangkal tanpa ABK dengan muatan sekitar 600 Ball Press, dengan identitas kapal KM. SELVIA, GT. 33 No. 4074/PPb.

Informasi yang diterima wartawan sebelumnya Pol Airud Polres Langkat sekitar pukul 12.30 wib, mendapat kabar dari masyarakat nelayan, ada sebuah kapal kayu berukuran besar terdampar di perairan Serang Jaya.

Menindaklanjuti laporan ini, Komandan KP II 2026 Bripka Jo Gurusinga yang sedang melaksanakan patroli rutin di perairan Pangkalan Susu Selat Malaka, langsung menuju lokasi.

Saat tiba di lokasi sekitar pukul 16.30 wib, ditemukan KM.SELVIA ,GT.33 no.4074/PPb, tanpa ABK, diduga bermuatan sekitar 600 Ball Press, selanjutnya dilakukan Ad Hock menuju dermaga Sat Pol Air Res Langkat di Pajak Ikan Lama, Jalan Babalan, Kecamatan Babalan, Kabupaten Langkat.

Lihat juga : Oknum Maritim Berbendera Malaysia Gertak Nelayan Tradisional Belawan

Hingga berita ini dibuat, belum ada keterangan resmi yang berhasil diterima dari Pol Airud Polres Langkat, sementara Kasat Pol Airud Polres Langkat Iptu Heru Ediyanto,SH, ketika coba dikonfirmasi wartawan di Pos Polairud Jalan Babalan, tidak berada di tempat.

Salah seorang petugas Pol Airud Polres Langkat kepada wartawan di lokasi kapal mengatakan, “Ini sudah ditangani Polres Langkat, konfirmasi aja Kapolres atau Kasat Pol Air”, ujarnya.

Dari pantauan wartawan di lapangan, saat ini kapal  KM.SELVIA ,GT.33 no.4074/PPb, diamankan di dermaga pelabuhan PT Pertamina RU II Pangkalan Brandan Area Dumai. (KRO/RD/DN/Ganden)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *