Connect with us

Batu Bara

Bupati Batu Bara Laksanakan Pengubinan Deplot Padi Organik Desa Brohol

Published

on

18 views
Bupati Batu Bara Laksanakan Pengubinan Deplot Padi Organik Desa Brohol

RADARINDO.co. id – Batu Bara: Bersama Perwakilan Bank Indonesia dan Kelompok Tani Anugrah Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, MAP serta didampingi Camat Sei Suka Listen Samosir melaksanakan pengubinan Demplot Padi Organik di Desa Brohol, Kecamatan Sei Suka, Minggu (11/07/2021).

Pengubinan adalah istilah yang biasa digunakan oleh petugas pertanian maupun statistik untuk menghitung secara cepat dan sederhana hasil panen produk pertanian.

Baca juga : Kelompok Tani Rusak Kebun Sawit PTPN IV Terancam Pidana

Laporan Konsultan UMKM Bank Indonesia Cabang Siantar, Pihak BI Perwakilan Siantar bekerjasama dengan Kelompok Tani Desa Brohol melakukan uji coba penanaman padi dengan produk MA11.

“Produk MA11 atau Microbachter Alfafa merupakan produk untuk merombak materi organik dari limbah pertanian menjadi pupuk, pakan, mengembalikan unsur hara tanah hingga dapat menghasilkan energi bersih,” ungkap Kunang Dana Konsultan UMKM BI Perwakilan Siantar

Bupati Batu Bara Zahir terlihat turun secara langsung melakukan pengubinan. Setelah selesai melakukan pengubinan. Bupati Zahir juga melakukan secara langsung pembersihan padi dan menimbang berat padi dari hasil pengubinan. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan hasil yang tepat.

Dalam penyampaiannya Bupati Batu Bara Zahir menjelaskan, pengubinan hari ini untuk melihat hasil dari kerja tim yang mengelola pupuk kandang yang di permentasi untuk menghasilkan pupuk N (Nitrogen).

P (Phosphat) nya dari air kelapa dan K (Kalium) dari sabut kelapa. Diketahui hasil dari pengubinan ini mendapatkan hasil yang meningkat.

Baca juga : Anggota DPRD Labusel Nyaris Berantam Sempat Saling Dorong, Tapi Tak Sempat Pegang Kuping

“Pemanfaatan lingkungan yang ada seperti kotoran sapi. Merupakan pola olah tanah yang sangat baik. Tetapi dengan penerapan pola olah tanah seperti ini harus melakukan pembalikan tanah sedalam 35 – 40 Cm,” ungkap Zahir

“Hal inilah yang menjadi pekerjaan rumah bagi kita untuk mengelola tanah sawah yang kebanyakan sudah jenuh di Batu Bara,” ujar Bupati Batu Bara Zahir

Selain kegiatan pengubinan, Bupati Batu Bara juga meninjau kandang lembu komunal, yang digunakan untuk pengolahan pupuk kandang. (KRO/RD/DHASAM)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *