Connect with us

Headline

Bupati Buka Forum Konsultasi Publik Ranwal RPJMD Kabupaten Nias Tahun 2021-2026

Published

on

14 views
Bupati Buka Forum Konsultasi Publik Ranwal RPJMD Kabupaten Nias Tahun 2021-2026

RADARINDO.co.id-Nias : Bupati Nias Yaatulo Gulo SE, SH, MSi membuka secara resmi pelaksanaan Forum Konsultasi Publik penyusunan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (Ranwal RPJMD) Kabupaten Nias Tahun 2021-2026, bertempat di Ruang serbaguna Lantai III Kantor Bupati Nias Kamis, (08/07/2021).

Dalam Arahannya Bupati Nias menyampaikan, Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 86 Tahun 2017.

Baca juga : Bupati Kampar Lantik Idrus Ma’arif Jadi Kades Antar Waktu Didesa Kualu Nenas

Salah satu tahapan yang dilaksanakan setelah Kepala dan Wakil Kepala Daerah dilantik adalah penyusunan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan pada tahapan tersebut perlu dilaksanakan Forum Konsultasi Publik untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat.

Sehingga diperoleh masukan dan saran untuk penyempurnaan dokumen Rancangan Awal RPJMD yang telah disusun.

Dokumen Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Nias Tahun 2021-2026 ini juga telah menjabarkan Visi “Kabupaten Nias Maju”, Misi “Trisakti Nias Maju” serta Program Kepala Daerah yang memuat tujuan, sasaran, strategi.

Arah kebijakan yang disertai dengan kerangka pendanaan bersifat indikatif untuk lima tahun ke depan dengan berpedoman pada RPJMN Tahun 2020-2024 dan RPJPD Kabupaten Nias Tahun 2005-2025.

Secara umum Visi Kabupaten Nias Maju didefenisikan sebagai suatu kondisi kehidupan masyarakat Kabupaten Nias mengalami perkembangan – pertumbuhan ke arah yang lebih baik dibandingkan dengan kondisi yang ada saat ini.

“Dalam berbagai aspek dan dimensi kehidupan dengan memanfaatkan potensi wilayah baik secara fisik, ekonomi, sosial budaya serta dukungan faktor eksternal di tingkat regional dan nasional”, terang Yaatulo.

Dalam menghadapi Tahun Pembangunan 2021-2026 yang akan datang beberapa isu strategis pembangunan yang mendesak yang menjadi fokus kita bersama antara lain:

1. Bidang Infrastruktur.
2. Bidang Pendidikan.
3. Bidang Kesehatan.
4. Bidang Ekonomi (Pertanian, Peternakan, Perikanan UKM dan Pariwisata).
5. Bidang Pemerintahan dan Aparatur

Mengakhiri sambutannya Yaatulo berharap, agar semua Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Nias dapat menyusun dan menetapkan target yang terukur dan tepat sasaran dalam mewujudkan visi dan misi yang telah ditetapkan.

Sebelumnya kepala Bappeda Kabupaten Nias Edwin Danilo Hulu, ST, MT dalam laporannya menyampaikan sebagai dasar pelaksanaan kegiatan ini yaitu

Undang- undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi RancanganPeraturan Daerah tentang RPJPD dan RPJMD.

Baca juga: Bupati Batu Bara Laksanakan Pengubinan Deplot Padi Organik Desa Brohol

Serta Tata Cara Perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD, Peraturan Daerah Kabupaten Nias Nomor 2 Tahun 2016 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Tahun 2005-2025.

Sementara Tujuan dari Forum Konsultasi Publik ini antara lain adalah melakukan penjaringan aspirasi dan harapan para pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan di Kabupaten Nias pada tahun 2021-2026, serta merumuskan saran dan masukan terhadap Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Nias Tahun 2021-2026 yang nantinya akan menjadi pedoman dalam penyusunan Rancangan Awal Rencana Strategis (Renstra)Perangkat Daerah Tahun 2021-2026. (KRO/RD/TH)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *