Agrowisata Durian Jadi Peluang Bisnis Menggiurkan

8 views

RADARINDO.co.id – Jakarta :
Buah sejuta rasa atau durian ini tidak ditinggalkan peminatnya. Selain kaya rasa dan vitamin, buah bulat berduri ini terus dikembangbiakan melalui agrobisnis wisata.
Mengingat bisnis durian merupakan salah satu peluang bisnis paling menggiurkan saat ini. Durian jadi salah satu buah paling disukai di Indonesia. Sayangnya, belum banyak budidaya durian di Indonesia saat ini. Kebanyakan durian di Indonesia masih tumbuh liar di hutan atau pekarangan rumah.
Indonesia saat ini masih harus mengimpor beberapa varietas durian yang telah dibudidayakan secara komersial dari Malaysia. Namun Indonesia juga jadi produsen durian tertinggi kedua di dunia di bawah Thailand dengan produksi berkisar 500-700 ribu ton per tahun. Berdasarkan data Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) tahun 2002-2013, konsumsi durian di Indonesia adalah 1,8 kilogram per kapita per tahun. Dibutuhkan sekitar 50.000 hektar kebun baru di Indonesia untuk bisa mencukupi permintaan pasar dengan rancangan tingkat konsumsi 5 kg per kapita nantinya.
Hal ini sesuai dilansir kompas.co. belum lama ini. Thailand dan Malaysia sudah lebih dulu melakukan budidaya durian dibanding Indonesia. Saat ini, durian musang king dari Malaysia sedang merajai pasar durian. Harga musang king yang terkenal mahal, bisa mencapai Rp400 ribu per kilogram, masih ada saja orang yang menyukai dan membeli durian tersebut.
Sementara itu Reza Tirtawinata, ahli durian dari Yayasan Durian Nusantara ketika ditemui Kompas.com, Rabu (29/01/2020). Kebun Durian Dalam budidaya durian, dibutuhkan waktu pemeliharaan yang tidak sebentar. Dalam pertumbuhan pohon durian dari mulai bibit, diperlukan waktu minimal lima tahun untuk bisa menghasilkan buah. Sehingga jika seseorang memutuskan untuk menanam atau memulai kebun durian dari awal, dibutuhkan waktu pengembangan sekitar 15-20 tahun untuk bisa menghasilkan cukup banyak buah.
Contoh satu perkebunan durian dengan luas satu hektar. Dalam area satu hektar tersebut, bisa ditanami sekitar 100 pohon durian. Dalam satu pohon durian tersebut, minimal bisa menghasilkan sekitar 200 kilogram buah pada umur 10 tahun.
Sementara itu, Sumatera Utara merupakan daerah yang banyak ditumbuhi pohon durian, namun agrowisata kebun durian belum banyak ditemui. Meski bisnis ini menjadi bisnis menggiurkan.
(KRO/RD/KMP)