Antisipasi Karhutla, Babinsa Sosopan Aktif Komsos Kepada Petani dan Warga 

17 views
Antisipasi Karhutla, Babinsa Sosopan Aktif Komsos Kepada Petani dan Warga 
Antisipasi Karhutla, Babinsa Sosopan Aktif Komsos Kepada Petani dan Warga 

RADARINDO.co.id-Paluta : Antisipasi Karhutla, Babinsa Sosopan Aktif Komsos Kepada Petani dan Warga. Keterlibatan Bintara Pembina Desa (Babinsa) dimasyarakat sangat kuat dalam membantu masyarakat diwilayah binaan mereka masing masing.

Hal itu dapat dilihat, sesuai dengan instruksi Komandan Kodim 0212/TS Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing SIP melalui Danramil 07/Sosopan Kapten Inf Sy. Hasibuan, kepada jajarannya untuk mengedepankan upaya pencegahan dalam mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang mengancam saat musim Panas yang berkepanjangan. Dengan cara, yakni, melakukan pendekatan, sosialisasi, dan patroli Karhutla.

Salah satunya, seperti yang dilaksanakan Babinsa Koramil 07/Sosopan, Serda Tommi Jepisa Melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) berupa sosialisasi pencegahan karhutla kepada warga binaannya, di Desa Simangambat Dolok, kecamatan Batang Onang, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Jumat (9/04/2021).

Baca juga : DPD Partai NasDem Kabupaten Tanggamus Gelar Rakordasus


Danramil Sosopan Kapten Inf Sy. Hasibuan melalui Serda Tommi Jepisa mengatakan musim panas saat ini, bahaya karhutla terus mengintai. Potensi akan terjadi kebakaran sangatlah besar, terutama kebun atau lahan yang tidak dirawat oleh pemiliknya, dan lahan yang tidak produktif. Untuk itu, dengan kegiatan sosialisasi, sebagai upaya untuk mencegah terjadinya kebakaran dilapangan yang dinilai efektif mencegah kebakaran hutan.

“ini sebagai bentuk antisipasi, sekaligus imbauan kepada warga agar tidak melakukan pembakaran hutan secara liar,” katanya.

Menurut dia, mencegah tidak sampai terjadi karhutla tentu hal yang paling diharapkan, ketimbang menanggulangi lahan yang terlanjur terbakar.

Untuk itulah, Serda Tommi menekankan pentingnya pendekatan dengan mengedukasi kepada masyarakat, baik mendatangi langsung di perkebunan maupun ditempat masyarakat berkumpul, agar menyadari tindakan membuka lahan dengan cara membakar tidak dibenarkan dan ada sanksi hukum bagi pelakunya.

“Kami berharap dengan sosialisasi yang kita lakukan dapat meningkatkan kesadaran bagi masyarakat agar tidak membakar pada saat membuka lahan. Dan, segera melaporkan kepada intansi terkait apabila melihat dan menemukan lahan yang terbakar,” imbuh serda Tommi.

Lihat juga : Belasan Ruko di Kota Pinang Hangus Di Lalap Sijago Merah 

Sementara, Kepala Desa (kades) Simangambat Dolok Armansyah Simamora, ucapkan terima kasih kepada pihak TNI. Dalam hal ini, Babinsa dari Koramil Sosopan secara terus menerus melakukan kegiatan sosialisasi sehingga warga kami mendapat pengetahuan tentang karhutla.

“Dengan sosialisasi oleh babinsa, kami masyarakat lebih mengerti tentang bahaya karhutla. Juga, kepada Serda Tommi Jepisa kami ucapkan terimakasih, yang selama ini telah banyak berbuat untuk desa kami,” ungkapnya. (KRO/RD/AMR)