Awas, Ini Penyakit yang Ditimbulkan Paparan Asbes

9

RADARINDO.co.id : Banyak penyakit yang ditimbulkan akibat beberapa hal, tak terkecuali material bangunan. Asbes merupakan salah satu material bangunan rumah yang bisa memicu sejumlah masalah kesehatan. Bahkan Dinas Kesehatan DKI Jakarta secara resmi melarang asbes digunakan untuk pembangunan rumah.

Baca juga : Ketahui, Ini Makanan “Perusak” Otak dan Bikin Daya Ingat Menurun

Merujuk berbagai sumber, asbes memang lebih murah dan ringan jika dibandingkan dengan genteng tanah bata yang sebenarnya jauh lebih tahan lama. Tapi jika merujuk pada Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 1999 Tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun, asbes justru masuk kategori bahan beracun. Melansir cnnindonesia, berikut beberapa penyakit yang ditimbulkan akibat paparan asbes.

Kanker paru

Paparan asbes ditambah kebiasaan merokok bisa memicu sel kanker di paru-paru. Kanker paru-paru sendiri merupakan tumor ganas yang muncul dan menyerang paru-paru.

Baca juga : Minum Rebusan Daun Ini Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi

Plak pleura

Asbes ternyata bisa memicu bercak yang kemudian menebal di bagian pleura atau jaringan yang melapisi rongga dada dan menutupi permukaan paru-paru.

Mesothelioma

Penyakit ini sebenarnya merupakan salah satu jenis kanker langka yang memang muncul karena paparan asbes. Tapi, kemunculan mesothelioma tidaklah instan, perlu paparan selama 20 hingga 40 tahun asbes yang akan memunculkan penyakit ini.

Asbestosis

Asbestosis adalah penyakit paru-paru kronis dan progresif yang muncul karena paparan serat asbes yang terperangkap di paru-paru. Ketika ini terjadi, paru-paru menjadi kaku dan berhenti berfungsi dengan baik. (KRO/RD/CNN)