Banjir Di Singkil Putuskan Jalan Nasional

39 views

RADARINDO.co.id-Singkil:
Banjir akibat luapan Sungai Sulampi di Kecamatan Suro Kabupaten Aceh Singkil sempat memutus arus transportasi di Jalan Nasional Singkil-Subulussalam. Banjir yang terjadi sekitar pukul 20:00, Selasa (8/9) disebabkan tingginya curah hujan hingga menyebabkan Sungai Sulampi meluap dan merendam puluhan rumah serta ruas jalan nasional di Desa Bulu Sema, Kecamatan Suro.

Arus transportasi sempat terputus beberapa jam. Selain akibat banjir, tiang listrik di kawasan perbatasan Singkil-Subulussalam juga tumbang dan memutus arus transportasi di dua tempat berbeda, kata salah seorang warga Subulussalam Fadli Hakim yang mengaku hendak melintas.

Informasi dihimpun Waspada, ketinggian air di jalan raya hingga mencapai satu meter. Debit air terus meningkat, sementara hingga pertengahan malam air mulai berangsur surut dan transportasi mulai normal. Selain puluhan rumah panggung, termasuk rumah ibadah turut terendam.

Sementara itu di Desa Situban Makmur, Kecamatan Danau Paris, banjir akibat luapan sungai juga masih memutus akses memasuki desa itu hingga sore ini.


“Dari arah Desa Biskang di jembatan penghubung kantor desa ke barak ujung terendam banjir. Mobil maupun sepeda motor tidak bisa lewat, karena arusnya juga cukup deras,” kata Zulfikar, salah satu warga Situban saat dihubungi Waspada, Rabu (9/9) lewat handphonenya.

Terpisah, Camat Danau Paris Zulhelmi menyebutkan, banjir disebabkan Sungai Situban Makmur meluap sejak Selasa sekitar pukul 24:00.

Banjir juga memutus akses memasuki desa tersebut. Ketinggian air hingga mencapai 1 meter sampai 1,5 meter di kawasan dataran rendah. (KRO/RD/Waspada)