Begini Cara Hilangkan Panu Secara Alami dan Cepat

77

RADARINDO.co.id : Panu adalah salah satu penyakit kulit berupa bercak berwarna putih yang muncul di permukaan kulit. Seseorang yang menderita penyakit ini tentu saja mempengaruhi kepercayaan diri.

Dilansir dari cnnindonesia, Menurut dokter kulit Yoram Harth, panu merupakan sejenis infeksi jamur yang muncul di kulit. Panu atau tinea versicolor adalah kelainan kulit yang umumnya disebabkan oleh jamur Malassezia furfur.

Baca juga : Keluarkan Sperma Setiap Hari Ada Efek Sampingnya Lho, Baca Ini


Jamur tersebut mengubah pigmentasi normal kulit sehingga menghasilkan bercak berwarna putih. Meski tidak berbahaya dan tidak menular, tetapi hal ini dapat membuat orang yang mengalaminya merasa tidak percaya diri.

Panu dapat diobati secara mandiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami dan sederhana. Tidak ada salahnya mencoba pengobatan ini, karena selain caranya mudah, perawatan ini termasuk aman.

Air dan sabun

Anda bisa membersihkan area kulit yang terkena panu dengan sabun dan air sebanyak dua kali sehari. Lakukan cara ini sebelum menerapkan pengobatan, tujuannya untuk mengontrol penyebaran infeksi. Meski tidak dapat menghilangkan infeksi jamur sepenuhnya, namun hal ini dapat membantu menjaga penyebaran dan menurunkan intensitas infeksi.

Minyak kelapa

Minyak kelapa mempunyai kemampuan untuk melawan jamur. Cara menggunakannya cukup dengan mengoleskan minyak kelapa ke permukaan kulit yang terkena panu. Anda dapat menggunakannya sebanyak tiga kali sehari untuk mengatasi infeksi jamur yang menyerang.

Madu dan minyak zaitun

Madu juga dapat menjadi pengobatan alami untuk masalah panu. Anda dapat membuat salep dengan campuran madu dan minyak zaitun. Setelah mencampurkan keduanya secara merata, oleskan salep tersebut pada permukaan kulit yang terkena panu selama 30 menit, lalu cuci dengan air bersih.

Baca juga : Ngeri, Ini Beberapa Penyakit Menular Seksual

Lidah buaya

Lidah buaya dapat menghambat pertumbuhan jamur penyebab panu secara efektif. Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya pada kulit yang terkena panu secara rutin. Selain dapat menyembuhkan, lidah buaya juga memiliki efek menenangkan pada kulit.

Kunyit

Panu terkadang menimbulkan rasa gatal, untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan kunyit. Pasalnya, kunyit dapat mengurangi rasa gatal dan juga pigmentasi. Caranya, dengan mengoleskan bubuk pasta yang telah ditambah air hingga menyerupai pasta, lalu oleskan pada kulit yang terkena panu. (KRO/RD/CNN)