Begini Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil

16

RADARINDO.co.id : Semangka adalah buah kaya air yang memiliki sejumlah manfaat selama kehamilan. Manfaat buah semangka untuk ibu hamil salah satunya bisa mengatasi mual dan muntah. Selain itu, semangka juga bisa mencegah dehidrasi karena kandungan semangka 91% adalah air.

Baca juga : Ini Cara Alami Atasi Asam Lambung dan Mual

Dirangkum dari kontan, semangka kaya akan air dan menyediakan karbohidrat, tembaga, dan asam pantotenat dalam jumlah sedang, serta vitamin A dan C. Selain itu, semangka juga kaya lutein dan likopen, dua antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan dan penyakit.

Kandungan antioksidan dalam semangka dapat meningkatkan kesehatan mata, otak, dan jantung, serta berpotensi menawarkan perlindungan terhadap jenis kanker tertentu. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa antioksidan spesifik ini juga dapat membantu menurunkan risiko kelahiran prematur dan komplikasi kehamilan lainnya.

Baca juga : Minum Kopi Dapat Cegah Diabetes?

Beberapa manfaat semangka untuk ibu hamil Dirangkum dari laman Healthline, berikut adalah beberapa manfaat semangka untuk ibu hamil diantaranya dapat mengurangi risiko preeklamsia. Preeklamsia adalah komplikasi kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi, pembengkakan pada beberapa bagian tubuh, dan adanya protein dalam urin.

Hal ini dapat memicu kondisi serius dan penyebab utama kelahiran prematur. Berdasarkan temuan bahwa suplemen yang mengandung likopen dapat mengurangi risiko preeklamsia. Selain itu, semangka kaya akan likopen, senyawa hidrokarbon karotenoid merah yang ditemukan pada tomat dan buah-buahan lainnya. Sebuah studi menemukan bahwa likopen yang ditemukan dalam buah semangka dapat membantu menurunkan risiko preeklamsia hingga 50%. (KRO/RD/KTN)