Belotti Antar Italia Taklukkan Armenia

114 views

RADARINDO.co.id – JAKARTA : Andrea Belotti mengemas dwigol saat mengantarkan tim nasional Italia me­ngan­tongi tiga poin dari Armenia dengan me­ngalahkan tuan rumah 3-1 dalam lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2020 di Stadion Republican, Yerevan, Jum’at (6/9) WIB.

Awalnya, Belotti mengha­puskan keung­gulan Armenia yang sempat dimiliki lewat gol Aleksandr Karapetyan, sebe­lum Lo­renzo Pellegrini mem­bawa Italia berbalik unggul dan penyerang Torino itu, akhirnya memastikan kemenangan 3-1, demikian catatan laman resmi UEFA.

Hasil itu sekaligus meman­tapkan posisi tim besutan Ro­berto Mancini di puncak klase­men Grup J dengan catatan sem­pur­na 15 poin dari lima pertandingan yang sudah dija­lani, sementara Armenia (6) tertahan di urutan ketiga.

Tampil dihadapan pendu­kungnya sen­diri, Armenia me­ngambil inisiatif serangan set­elah sepak mula dilakukan dan 11 menit laga berjalan publik tuan rumah bersorak menyusul gol Karapetyan.


Berawal dari serangan ba­lik, Tigran Barsgeghyan men­yodorkan umpan yang disambut tendangan penuh percaya diri Karapetyan untuk menakluk­kan kiper Gianluigi Donna­rumma.

Italia hampir menyamakan kedudukan pada menit ke-23, namun kiper Aram Hay­rapet­yan masih bisa menepis tem­bakan Federico Bernardeschi. Sayangnya, lima menit ke­mu­dian ia tak bisa berbuat apa-apa ketika umpan silang Emer­son ber­hasil disontek mudah oleh Belotti un­tuk mengoyak gawangnya.

Pada menit ke-40, Belotti berhasil menyarangkan bola ke gawang Armenia lagi, namun golnya dianulir karena ia ber­a­da dalam posisi offside saat Jorginho me­lepaskan umpan.

Memasuki babak kedua de­ngan 10 pe­main tak membuat Armenia gugup, me­reka malah mengancam gawang Italia pa­­da menit ke-60 lewat sambaran bek Va­razdat Haroyan yang masih tipis di atas mistar ga­wang.

Ketimpangan jumlah pe­main akhirnya berhasil diman­faatkan Italia untuk mem­balik­kan keadaan pada menit ke-77 saat bola umpan silang Leonardo Bonucci berhasil di­sun­dul Pellegrini untuk disa­rang­kan ke area tiang jauh.

Belum usai selebrasi para suporter Ita­lia, timnya kembali menambah keung­gulan saat Belotti mengamankan umpan Stefano Sensi, meng­ecoh pen­jagaan bek Armenia dan men­yelesaikannya dengan tenda­kan mendatar yang sem­pat me­ngenai tiang, namun me­mantul di punggung Hay­ra­petyan. (KRO/RD/ans)