Beredar Isu Lahan Eks Kantor Kebun Helvetia PTPN II Akan Dibangun Mall

358
Beredar Isu Lahan Eks Kantor Kebun Helvetia PTPN II Akan Dibangun Mall
Beredar Isu Lahan Eks Kantor Kebun Helvetia PTPN II Akan Dibangun Mall

RADARINDO.co.id-Deli Serdang :Beredar Isu Lahan Eks Kantor Kebun Helvetia PTPN II Akan Dibangun Mall

Beredar isu lahan kantor eks kebun Helvetia PTPN II akan dibangun Mall. Hal ini terlihat, saat dilakukan aktivitas pembersihan lahan di bekas (eks) kantor ADM Kebun Helvetia PTPN 2 (Persero) Rabu (3/3/2021).

Konon menurut keterangan warga setempat, pembersihan lahan eks kantor ADM yang berada di Desa Helvetia Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang itu, mulai dilakukan sekitar awal Februari 2021.

Dimana tampak alat berat buldozer Type D6 aktif bergerak meratakan tanah. Menurut sumber yang merupakan mantan bagian dari keluarga besar karyawan PTPN 2, bahwa di atas lahan tersebut sebelumnya terdapat beberapa unit bangunan milik PTPN 2, diantaranya seperti, kantor Menejer (ADM) Kebun Helvetia, kantor Papam, Balai Karyawan, Sekolah TK dan Rumah Dinas serta gudang pengepakan tembakau.

Dengan luas lahan sekitar 7 Ha. Dimana nyaris seluruh bangunan tersebut saat ini kondisinya sudah rata dengan tanah.

Saat RADARINDO.co.id mendekat bermaksud untuk masuk ke areal lahan yang ditutup dengan pagar seng untuk melakukan peliputan, mendapat larangan keras dari seorang penjaga pintu yang mengenakan seragam TNI AD.

Penjaga pintu diduga seorang tentara itu mengatakan untuk keperluan konfirmasi agar ke Kantor Direksi (Kandir) di Tanjung Morawa.

“Mau ngapain,” ujarnya bernada sedikit kurang bersahabat, dengan posisi persis di pintu pagar. Setelah dijelaskan RADARINDO.co.id ia pun dengan mimik wajah masih tetap kurang bersahabat mengatakan, “Ke Kandir aja”, ujarnya singkat.

Baca juga : Mayat Remaja di Temukan Mengambang di Pinggir Pulau Nusa BarongĀ 

Ketika mencoba minta izin untuk masuk guna mengambil gambar, dengan keras pria berkulit sedikit gelap itu pun melarang, “Gak boleh”, ujarnya ketus.

Dari balik pintu pagar terbuat dari plat besi dan bertuliskan PTPN 2 itu, terlihat banyak dipancangkan spanduk bertuliskan “Penyelamatan Pemulihan Pengoptimalisasian Asset” PTPN 2 (Persero).

Beredar Isu Lahan Eks Kantor Kebun Helvetia PTPN II Akan Dibangun Mall
Beredar Isu Lahan Eks Kantor Kebun Helvetia PTPN II Akan Dibangun Mall

Terkait dengan aktifitas Pembersihan Lahan eks kantor ADM Kebun Helvetia tersebut, sumber mengatakan bahwa di atas lahan itu akan dibangun Mall (pusat perbelanjaan).

“Kabar yang saya dengar disitu mau dibangun Mall pak”, ujar seorang wanita warga sekitar.

Senada dengan warga tersebut, seorang staf wanita di kantor Kecamatan Labuhan Deli juga mengatakan hal yang sama, “Kalau gak salah saya dengar disitu mau dibangun swalayan pusat perbelanjaan bang”, ujar staf wanita yang enggan disebutkan namanya tersebut.

Selanjutnya ia mengatakan bahwa pernah ada wacana di lahan eks kantor ADM tersebut akan dibangun kantor Kecamatan Labuhan Deli dan kantor UPT.

“Dulu pernah ada rencana kantor Kecamatan ini mau dipindah kesitu. Dan dibangun kantor UPT tapi gak jadi”, ujarnya.

Di tempat terpisah, salah seorang wartawan senior dan seorang mantan karyawan PTPN 2 senada mengatakan bahwa lahan eks kantor ADM tersebut sudah dijual kepada pihak swasta, “Oh kalau gak salah udah dijual itu. Kabarnya mau bangun apartement”, ujar wartawan senior, Saiful, saat bincang-bincang dengan RADARINDO.co.id di kantor Kepala Desa Helvetia.

Baca juga : Koran Radar Group

Sehubungan dengan adanya isu bahwa lahan eks kantor ADM Kebun Helvetia telah dijual kepada pihak swasta dan akan dibangun Mall, Jajaran Direksi PTPN 2 (Persero) belum berhasil dikonfirmasi.

Sementara itu, Camat Labuhan Deli Marzuki Hasibuan juga belum dapat dikonfirmasi. Sementara Kasi Trantib Kecamatan, Ferry mengatakan pihaknya belum pernah menerbitkan Surat Rekomendasi (Surat Keterangan) atas hal itu.

“Kalau untuk pembangunan mereka gak ada buat permohonan ke kita. Kita gak tahu mereka mau bangun apa”, ujar Kasi Trantib Ferry.

Dikatakan Kasi Trantib yang mudah bergaul itu lagi bahwa setiap adanya pembangunan di wilayah kerja Kecamatan Labuhan Deli, wajib membuat Surat Permohonan kepada mereka untuk diteruskan ke Kantor Pelayanan Satu Pintu Kabupaten Deli Serdang agar terbit Surat Izin Mendirikan Bangunan. (KRO/RD/Ganden)