Bersama Pemprovsu Bupati Batu Bara Buka Pemagangan dan Pelatihan Kerja

155
Bersama Pemprovsu Bupati Batu Bara Buka Pemagangan dan Pelatihan Kerja
Bersama Pemprovsu Bupati Batu Bara Buka Pemagangan dan Pelatihan Kerja

RADARINDO.co.id – Batu Bara: Bertempat di Ballroom Singapore Land City Hotel kecamatan Sei Balai, Bupati Batu Bara, Ir H Zahir, MAP membuka secara langsung kegiatan pemagangan dalam negeri Program Pendidikan Dan Pelatihan Vokasi Provinsi Sumatera Utara, Jum’at (09/07/2021).

Pelatihan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pengalaman dan produktifitas serta mampu bersaing seiring dengan tumbuhnya Kawasan Industri yang akan datang.

Baca juga : Bupati Samosir dan Forkopinda Lakukan Monitoring Bersama Penanganan Covid-19

Pelatihan dilakukan selama 5 bulan. Peserta akan mengikuti pelatihan selama 5 bulan, mendapatkan fasilitas dan uang saku sebesar Rp1 jt perbulan, Asuransi selama magang dan sertifikat magang.

Kadis Naker Provinsi Sumatera Utara Baharuddin Siagian SH, MSi dalam arahannya menyampaikan apresiasi kepada Bupati Batu Bara yang ikut membantu mensukseskan acara ini.

Bagi adik – adik peserta magang akan dilatih untuk memiliki keterampilan skill, pengembangan diri dalam pekerjaan yang nantinya bisa berguna untuk bekal bekerja dalam negeri maupun luar negeri, ucapnya Bahar.

 

Jumlah keseluruhan peserta pemagangan dan pelatihan berjumlah 300 orang yang dilaksanakan dua tahap. Untuk tahap pertama di Medan 100 peserta, Asahan 10 peserta, Batu bara 10 peserta, dan sisanya akan dilatih pada tahap berikutnya.

“Bagi adik – adik peserta magang, diharapkan agar lebih bisa produktif, efektif dalam bekerja, sehingga tingkat pengangguran di Provinsi Sumut akan berkurang”, ujarnya.

Pemerintah Provsu tetap berperan aktif untuk membangun SDM, dengan ditandai tahun 2022 akan membangun kawasan diklat terpadu di Sibolangit, ucap Baharudin.

Sedangkan Bupati Batu Bara dalam sambutannya mengucapkan Terima Kasih kepada Kadisnaker Provsu, yang juga putra asli Batu Bara.

Pelaksanaan kegiatan ini sangat bermanfaat, terlebih ditengah – tengah masa sulit pandemi Covid 19. Dan pelatihan ini tetap mematuhi protokol kesehatan. ungkap Bupati Zahir

Sebagai info, Kabupaten Batu Bara adalah daerah dengan peringkat ke 2 yang memliki pelabuhan terbesar. Kedepannya juga akan menjadi kawasan Industri Nasional.

“Kepada peserta magang, adik – adik merupakan anak – anak yang paling beruntung dari anak – anak muda diluar sana karena terpilih mendapat kesempatan mengikuti magang dan pelatihan kerja ini,” ujarnya.

Baca juga : Bupati Samosir Gerebek Lokasi Judi Mesin Tembak Ikan

“Bulan depan juga Pemkab Batu Bara akan mengadakan pelatihan bagi anak – anak muda Batu Bara, seperti pelatihan bengkel sepeda motor, salon, menjahit dan masih banyak lagi. Ini kita lakukan jg demi mengurangi angka pengangguran di Sumut,” ungkap Zahir.

Pada saat ini kita berada pada revolusi 4.0 dan akan meningkat 5.0. Maka dari itu keterampilan juga harus ditingkatkan. Saya berharap untuk mempersiapkan diri kedepannya. Karena Kabupaten Batu Bara akan dibangun pusat industri terbesar tentunya ini berkat dukungan Bapak Edi Rahmayadi Gubernur Sumut.

Turut hadir di acara tersebut Camat Sei Balai, Kadisnaker Provsu, Kabid Naker Provsu dan Kadis Naker Batu Bara.(KRO/RD/DHASAM)