BI Sumut Luncurkan QR Code Satu untuk Semua Pembayaran

56 views

RADARINDO.co.id – MEDAN : Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara (BI Sumut) me­luncurkan Quick Response Indonesian Standart (QRIS) yang mengusung semangat Unggul (Universal, Gampang, Untung dan Langsung) untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik atau mobile banking menggunakan pemindaian QR Code di Medan, Senin (19/8).

QRIS Unggul tersebut sudah dilaunching secara resmi pada Sabtu (17/8) oleh Kepala Kantor Per­wakilan BI Sumut, Wiwiek Sisto Widayat.

Direktur BI Sumut, Andiwiana S, me­nuturkan bahwa BI Pusat telah meresmikan QRIS Unggul di hari yang sama yakni pada Sabtu (17/8) oleh Gubernur BI, Perry Warjiyo.

Imple­men­tasi QRIS secara nasional efektif berlaku mulai 1 Januari 2020 guna mem­berikan masa persiapan bagi Pe­nyelenggara Jasa Sistem Pembaya­ran (PJSP).


“Peluncuran ini bertujuan untuk mendorong efisiensi transaksi, mempercepat inklusi keuangan, memajukan UMKM yang pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi untuk Indonesia Maju. Semangat ini sejalan dengan tema HUT ke-74 Ke­mer­dekaan RI yaitu SDM Unggul Indonesia Maju,” tandasnya.

Disebutkannya, QRIS disusun oleh BI dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) dengan meng­guna­kan standar internasional EMV Company. Guna mendukung interkoneksi instrumen sistem pembayaran yang lebih luas dan mengakomodasi kebu­tuhan spesifik negara sehingga memu­dahkan interoperabilitas antar penye­lenggara, antar instrumen, termasuk antar negara.

Asisten Direktur Sistem Pem­ba­yaran BI Sumut, Achmad Darimy mengatakan, untuk tahap awal QRIS fokus pada penerapan QR Code Payment model Merchant Presented Model (MPM), dimana penjual (merchant) yang akan menampilkan QR Code pembayaran untuk dipindai oleh pem­beli ketika melakukan transaksi pem­bayaran. (KRO/RD/ans)