Buah Ini Ampuh Obati Gagal Ginjal, Hipertensi dan Kolesterol

85 views

RADARINDO.co.id – Jakarta : Gangguan kesehatan ginjal, hipertensi dan kolesterol, biasa terjadi lantaran gaya hidup yang tak sehat, seperti tidak menjaga pola makan.

Perlu diketahui, hampir seluruh makanan mengandung nutrisi untuk tubuh. Namun beberapa jenis buah memiliki kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral yang tinggi sehingga baik untuk penderita penyakit tertentu.

Baca juga : Tanda Kolesterol Tinggi Dapat Dilihat Dari Mata

Dilansir dari CNBC Indonesia, berikut buah yang memiliki kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral cukup tinggi.


  1. Pisang

Pisang mengandung banyak potasium dan mineral yang berperan penting dalam mengatasi hipertensi. Satu buah pisang berukuran sedang mengandung sekitar 422 miligram potasium.

Kalium mengurangi efek natrium dan mengurangi ketegangan di dinding pembuluh darah. Orang dewasa harus mengonsumsi 4.700 miligram (mg) potasium setiap hari.

  1. Kiwi

Menurut hasil sebuah penelitian, satu porsi kiwi setiap hari dapat mengurangi tekanan darah. Para peneliti membandingkan efek apel dan kiwi pada orang dengan tekanan darah agak tinggi.
Mereka menemukan bahwa makan tiga kiwi sehari selama 8 minggu secara signifikan mampu menurunkan tekanan darah, dibandingkan dengan makan satu apel sehari untuk periode yang sama. Zat bioaktif dalam buah kiwi disebut dapat menyebabkan menurunkan darah tinggi.

Kiwi juga kaya vitamin C, yang secara signifikan dapat meningkatkan tekanan darah pada orang yang mengonsumsi sekitar 500 mg vitamin setiap hari selama sekitar 8 minggu.

  1. Semangka

Semangka mengandung asam amino yang disebut citrulline, yang dapat membantu mengatur tekanan darah tinggi. Citrulline membantu tubuh memproduksi oksida nitrat, gas yang melemaskan pembuluh darah dan mendorong fleksibilitas di arteri. Efek ini dapat membantu aliran darah, yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Dalam sebuah penelitian, orang dewasa dengan obesitas dan prehipertensi atau hipertensi ringan yang mengonsumsi ekstrak semangka menunjukkan penurunan tekanan darah di pergelangan kaki dan arteri brakialis. Arteri brakialis adalah arteri utama di lengan atas.

  1. Stroberi

Buah stroberi mengandung senyawa antioksidan antosianin yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Penelitian yang mengamati 34.000 penderita hipertensi membuktikan, pengidap yang rutin mengonsumsi asupan tinggi antosianin seperti stroberi terbukti kadar tekanan darahnya lebih rendah delapan persen ketimbang orang yang jarang makan asupan mengandung antosianin.

Pengidap hipertensi bisa menikmati stroberi sebagai camilan di sela-sela jam makan utama, atau menjadikannya hidangan pencuci mulut yang sehat.

  1. Anggur merah

Tidak hanya lezat, anggur merah juga merupakan makanan yang baik untuk penderita gagal ginjal. Buah ini tinggi vitamin C dan mengandung antioksidan bernama flavonoid yang berguna mengurangi peradangan.

Sebuah riset yang diterbitkan dalam Roczniki Panstwowego Zakladu Higieny (2014) mencatat kandungan flavonoid bisa mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas pada organ-organ penting seperti ginjal, jantung, hati, dan sebagainya.

Baca juga : Eksekusi Lahan Kementerian Kominfo di Tanjung Mulia Hilir Diwarnai Isak Tangis

Selain itu, jurnal Medicina (2016) menemukan bahwa anggur merah mengandung resveratrol yang tinggi, sejenis flavonoid yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan melindungi dari diabetes serta penurunan daya berpikir.

  1. Apel

Apel merupakan buah yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita gagal ginjal, hipertensi dan kolesterol. Sebab buah ini memiliki kandungan kalium yang rendah, selain itu apel juga mampu untuk menurunkan kadar koleterol serta glukosa dalam darah. Setelah mencuci apel sampai bersih, makanlah buah tersebut beserta kulitnya.

  1. Blueberry

Blueberry adalah salah satu jenis beri-berian dengan sumber antioksidan terbaik. Seperti diketahui, penyakit-penyakit tersebut mampu meningkatkan risiko penyakit ginjal. Bukan itu saja, blueberry juga rendah natrium, fosfor, dan kalium, zat-zat yang perlu diwaspadai untuk orang dengan penyakit ginjal. (KRO/RD/CNBC)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini