Bupati Aceh Utara Resmikan Museum Islam Samudera Pasai

35 views

RADARINDO.co.id – LHOKSUKON : Bupati Aceh Utara, H Muhammad Thaib, meresmikan Museum Islam Samudera Pasai di Gampong (Desa) Beringen, Kecamatan Samudera, Selasa (9/7).

Prosesi peresmian museum tempat penyimpanan benda-benda bersejarah itu dilakukan dengan pengguntingan pita oleh bupati didampingi Wakil Bupati Fauzi Yusuf, Sekretaris Daerah Abdul Aziz, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Saifullah dan unsur Forkopimda.

Bupati sangat mengapreasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Uta­ra yang telah mampu mendirikan Mu­seum Islam Samudera Pasai meskipun saat ini sarana dan prasarana terbatas.

Ia yakin keberadaan museum ini akan menambah daya tarik bagi masyarakat lokal, juga masyarakat luar untuk berkunjung ke kawasan situs Kerajaan Samudera Pasai di Aceh Utara.


Thaib mengajak masyarakat untuk menjaga dan merawat semua objek peninggalan sejarah yang ada di Aceh Utara. Juga untuk menjaga museum ini agar dapat dimanfaatkan sebagai sarana edukasi dan pembelajaran bagi anak-anak.

Untuk menggenjot minat kunjungan ke lokasi Museum Islam Samudera Pasai ini, Pemerintah Kabupaten Aceh Utara akan membenahi prasarana jalan masuk, jalan yang belum beraspal akan diberi aspal, juga akan dilakukan pele­baran pada titik-titik tertentu, sehingga memudahkan akses trans­portasi bagi pengunjung.

Usai menyampaikan arahannya, Bupati melakukan pengguntingan pita dan menandatangani prasasti sebagai tanda mulai beroperasinya museum tersebut. Selanjutnya Bupati, Wabup dan sejumlah pejabat lainnya turut meninjau barang-barang koleksi museum.

Saat ini, sedikitnya terdapat 340 jenis barang koleksi Museum Islam Samudera Pasai, terdiri atas barang perhiasan, peralatan rumah tangga, peralatan pertanian, senjata tradisional, alat musik etnik, perlengkapan pesta, serta buku-buku dan kitab karangan ulama abad pertengahan. (KRO/RD/ans)