Bupati Samosir Hadiri Launching Kampung Ulos Nusantara Tahunan di Yogyakarta

108 views

RADARINDO.co.id – Samosir : Bupati/Wakil Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom dan Martua Sitanggang menghadiri acara peluncuran Kampung Nusantara Tahunan (Yogyakarta) Mitra Kampung Toba, bersama Bupati se-Kawasan Danau Toba.

Baca Juga : KORAN RADAR Edisi 547 – Pemkab DS Salurkan Dana Desa “Fiktif”

Acara dibuka secara langsung oleh Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti, di Kampung Tahunan, Kecap Umbulharjo, Yogyakarta, Rabu 18 Mei 2022.

Acara ini merupakan tindak lanjut atas kunjungan Walikota Yogyakarta ke Kabupaten di Kawasan Danau Toba pada bulan Maret lalu, dengan tujuan untuk membangun kemitraan antara Pemkot Yogyakarta de Kabupaten di Kawasan Danau Toba dalam hal peningkatan pariwisata dan UMKM.


Bupati Samosir di sela-sela acara peresmian tersebut menjelaskan bahwa program kerja sama tersebut diyakini mampu memberikan dampak yang positif bagi pengembangan pariwisata di Kawasan Danau Toba dan Samosir secara khusus.

“Kita bisa belajar banyak dari Yogyakarta yang mampu mengembangkan pariwisata melalui ekonomi kreatif, dan kita harus akui bahwa pariwisata dan ekonomi kreatif merupakan aspek yang saling berkaitan dan menguatkan” jelas Bupati Samosir.

Aspek pelayanan ini merupakan kunci bagaimana para wisatawan dapat betah dan menghabiskan waktu lebih lama berlibur di daerah kita.

“Kita bisa melihat sendiri bagaimana seluruh pelaku wisata di Yogyakarta melayani para wisatawan dengan ramah dan antusias.

Sementara itu, Walikota Yogyakarta Haryadi y menjelaskan bahwa program kemitraan ini akan menemukan kerja sama yang lebih baik lagi antara kedua kampung se-Kawasan Danau Toba dan Yogyakarta dalam peningkatan pariwisata, budaya, UMKM dan lainnya.

Kemitraan antara Kampung Wisata Tahunan dengan Kampung Toba merupakan hasil kolaborasi antara Pemerintah Kita Yogyakarta dengan tiga Kabupaten di sekitar Danau Toba yaitu, Kabupaten Samosir, Kabut Toba, dan Kabupaten Tapanuli Utara.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko, menjelaskan Di Kota Yogyakarta, total terdapat 17 kampung wisata dan 13 embrio kampung wisata yang akan ditumbuhkan pada tahun ini.

Keberadaan kampung wisata di Kota Yogyakarta mampu menambah alternatif destinasi wisata diantara banyak destinasi populer yang sudah dikenal para wisatawan.

Baca Juga : Pemko Padang Sidempuan Peringati Harkitnas ke 114

Dia juga menjelaskan, bahwa kemitraan antara Kampung Tahunan Yogyakarta dan Kampung Toba dapat membuka peluang untuk kemajuan kedua kampung di bidang pariwisata, budaya, dan UMKM.

Setelah acara launching dan penandatanganan Prasasti Kampung Tahunan Mitra t Toba, Bupati Samosir juga menjadi salah satu pembicara pada acara Sarasehan Kepemudaan dengan tema “Kebangsaan, Pendidikan dan Kepemudaan “Semarak Danau Toba, yang diikuti bersama perwakilan mahasiswa asal Sumatera Utara di Ruang Rapat Walikota Yogyakarta.

(KRO/RD/P.Simbolon)