Bupati Samosir Salurkan Bansos

15

RADARINDO.co.id – Samosir : Untuk meningkatkan kesejahteraan penyandang disabilitas, anak terlantar dan lanjut usia terlantar, Pemerintah Kabupaten Samosir memberikan bantuan sosial yang bertujuan membantu pemenuhan sebagian kebutuhan dasar hidup. Bantuan diserahkan secara langsung oleh Bupati Samosir Vandiko T. Gultom kepada penerima manfaat di Kantor Cabang BNI Pangururan, Jum’at (28/6/2024).

Baca juga : Bobby Nasution Sampaikan Pesan Penting Pada DPW Tani Merdeka Indonesia

Untuk Tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Samosir memberikan Bantuan sosial kepada 575 orang lanjut usia terlantar, penyandang disabilitas dan anak terlantar berupa uang tunai sebesar Rp. 1.200.000, selama setahun dengan sistem pencairan per semester sebesar Rp 600.000, melalui mekanisme pencairan non tunai transfer ke rekening masing-masing penerima manfaat.

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom menyampaikan bahwa pemberian bansos sudah direncanakan setiap tahunnya untuk mengurangi beban serta memberi semangat bahwa pemerintah hadir ditengah masyarakat terutama lanjut usia, anak terlantar dan penyandang disabilitas.

Bupati Samosir berharap, yang belum terdaftar sebagai penerima dapat mendaftarkan diri pada Dinsos PMD dan bantuan tersebut bisa didapatkan walaupun sudah mendapat bantuan dari pusat.

Baca juga : Bupati Tapsel Kunjungi SMPN 3 Garonggang Angkola Selatan

“Kalau masih ada saudara kita yang belum terdaftar mohon disampaikan agar didaftar untuk menerima bantuan dari Pemkab Samosir. Kalaupun sudah mendapat program pusat tetapi masih bisa mendapatkan bantuan ini, karena ini merupakan program khusus Pemkab Samosir,” tambahnya.

Sementara, Kadis Sosial PMD F. Agus Karo Karo menjelaskan, bantuan diserahkan kepada penerima manfaat diluar panti sosial. Bantuan disalurkan setiap tahunnya, Pemkab Samosir sangat memberi perhatian minimal intervensi dalam pemenuhan kebutuhan dasar.

Kepala BNI Cabang Balige Talenta Butar Butar mengapresiasi langkah yang ditempuh Pemkab Samosir memberikan perhatian kepada para penyandang disabilitas, anak terlantar dan lanjut usia. (KRO/RD/P Simbolon)