Bupati Samosir Tanam Kentang di KPT Hariara Pintu

39

RADARINDO.co.id-Samosir : Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, ST, bersama Ketua Komisi II DPRD Samosir Parluhutan Samosir, Kelompok Tani dan Tim Martin Manurung Center Kabupaten Samosir melakukan penanaman Kentang di Kawasan Pertanian Terpadu (KPT) Hariara Pintu, Kecamatan Harian, Selasa (07/11/2023).

Baca juga : Ketua Appdesi Samosir Gelar Konferensi Pers Kasus Pemerasan

Ikut dalam penanaman tersebut, Kadis Ketapang dan Pertanian Tumiur Gultom, Kadis Kominfo Immanuel TP. Sitanggang, Camat Harian Hartopo Manik, Pj. Kades Hariara Pintu Josro Tamba, dan PPL.


Plt. Kadis Ketapang dan Pertanian Dr. Tumiur Gultom, SP, MP menjelaskan adapun pengadaan bibit kentang yang dialokasikan di KPT Hariara Pintu bersumber dari APBN Ditjen Hortikultura Kementerian Pertanian RI TA 2023 sebanyak 10.000 Kg yang disalurkan kepada Poktan Saut Tani, Jadi Tani, Utama Tani dan Taruli Tani.

Camat Harian Hartopo Manik dalam sambutannya menyampaikan, bantuan ini merupakan bentuk perhatian serius dari pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan para petani. Oleh karenanya, Hartopo meminta kepada petani agar dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Baca juga : Ketua PITI Sumut: Baksos HUT ke 48 Babinkum TNI Sukses Bagikan Sembako dan Uang Tambahan Gizi

Sementara Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, ST menekankan bahwa program bantuan ini adalah hasil sinergi bersama Kementan RI dibantu aspirasi dari Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung, SE, M.A.

Kepada penerima, Vandiko meminta agar melakukan budidaya dengan sebaik-baiknya, mulai dari pertanaman, pemeliharaan sehingga bisa panen tepat waktu dan memperoleh hasil yang maksimal, tentu dengan pendampingan dari petugas penyuluh dari Dinas Ketapang dan Pertanian.

Terkait pengembangan KPT, Bupati juga meminta agar petani tidak terpancing dengan isu-isu negatif yang digoreng oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung-jawab.

“Dengan luasan sekitar 2.650 Ha, mengembangkan kawasan ini membutuhkan kesabaran. Oleh karena itu kita akan terus berupaya membangun sinergitas dengan pemerintah pusat dan provinsi untuk membangun kawasan ini,” ujar Bupati Vandiko Gultom. (KRO/RD/P Simbolon)