Bupati Samosir Tanam Perdana Bibit Kopi

157
Bupati Samosir Tanam Perdana Bibit Kopi
Bupati Samosir Tanam Perdana Bibit Kopi

RADARINDO.co.id – Samosir : Bupati Kabupaten Samosir diwakili Sekdakab melakukan penanaman bibit kopi perdana, Kamis (22/07/2021).

Penanaman perdana bibit kopi program dana partisipatif starbucks farmer support center mendukung Program kerja 100 hari Bupati Samosir/Wakil Bupati Samosir.

Turut hadir pada acara ini pimpinan Starbuck Famer Support Center, pimpinan PT Sumatera Specialty Coffee (SSC) Mawardi.

Baca juga : Polsekta Medan Timur dan Wartawan Salurkan Bantuan ke Panti Asuhan

Para Pimpinan Perangkat Daerah Camat Onanrunggu, Kepala Desa Sipira dan masyarakat anggota kelompok tani.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung program kerja 100 hari Bupati /Wakil Bupati Samosir dengan mengedujasi para petani kopi tentang cara bertanam kopi berbasis “good agriculture practices” (praktik-praktik pertanian yang baik) bekelanjutan.

Kepala Dinas Pertanian Samosir, Victor Sitinjak dalam laporannya menyampaikan agar kelompok tani berkomitmen untuk memelihara dan merawat kopi yang ditanam sehingga menghasilkan panen sesuai standar yang ditetapkan dan dapat dipasarkan kepada pihak Starbucks dengan harapan tetap terjalin kerja sama dengan Starbucks untuk penhembangan kerja sama lanjutan.

Bibit kopi nersertifikat siap tanam yang dibibitkan pada lahan kelompok tani siboan Tua, Desa Sipira akan diserahkan kepada tiga kelompok tani :

(1) Siboan Tua Desa Sipira, Kecamatan Onanrunggu.

(2) Purma, Desa Ronggurnihuta, Kecamatan Ronggurnihuta.

(3) Mulia Tani Desa Lintongnihuta, Kecamatan Ronggurnihuta, masing-masing menerima 23.000 batang bibit kopi.

Bupati Samosir dalam sambutannya diawali deangan meminta perhatian seluruh masyarakat Desa Sipira agar tetap menerapkan protokol kesehatan mengingat lonjakan angka konfirmaai positif yang tinggi pada bulan Juli 2021 ini.

Selanjutnya, juga memaparkan bahwa 85% dari 144.000 jumlah penduduk Kabupaten Samosir adalah petani dan pertanian merupakan basis pembangunan di samping pariwisata sebagai satu kesatuan.

Pemerintah Kabupaten Samosir menyambut baik hibah murni dari Starbucks bagi para kelompok tani di Kabupaten Samosir Sekila

Dijelaskan visi Kabupaten Samosir yaitu terwujudnya masyarakat Samosir yang sejahtera dan bermartabat secara ekonomi, kesehatan, dan pemdidikan. Dia juga mengharapkan lewat hibah murni bibit kopi ini kesejahteraan itu dapat tercapai dan menaikkan martabat masyarakat secara ekonomi.

Mengakhiri sambutannya, atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Samosir menyampaikan terimakasih kepada Starbucks Suppot Famer Center atas nantuan yang diberikan dan mengharapkan kerja sama dapat dilanjutkan pada hal-hal yang lebih luas lagi dalam hal pertanian kopi ke depannya.

Pimpinan Starbucks Surip Mawardi menyampaikan bantuan bibit kopi bersertifikat ini merupakan hibah murini dari Starbucks untuk membantu para petani kopi di Kabupaten Samosir.

“Jika para kelompok tani telah memanen kopinya mereka dapat memasarkannya keada siapa saja dan tidak harus ke Starbucks” katanya sambil menjelaskan cara praktik mengelola pertanian kopi dengan baik.

Baca juga : Pria Menghidap Penyakit Kelenjar Selama 21 Tahun Butuh Bantuan Pemerintah

Namun dimikian lanjut Surip, pihak Starbucks siap menerima hasil panen kopi para kelompok tani dengan syatay memenuhi standar yang ditetapkan pihak Starbucks.

Pada kegiatan ini, rombongn Pemerintah Kabupaten Samosir beserta seluruh peserta melakukan penanaman bibit kopi pada lahan yang disiapkan di Pea Bidang Desa Sipira, Kecamatan Onanrunggu. Setelah penanaman, diadakan dialog interaktif antara anggota kelompok tani dengan pihak terkait yang dibantu oleh Kadis Pertanian Victor Sitinjak dan hasil-hasil dialog dicatat dan didokumentasikan oleh Dinas Pertanian Samosir untuk ditindaklanjuti.(KRO/RD/P.Simbolon)